Animasi Penyeduhan Kopi Dengan Teknik French Press Menggunakan Software 3DS Max

Wartini Wartini, Rismayanti Rismayanti

Abstract


Kopi adalah minuman segar yang terbuat dari olahan biji kopi. Kopi merupakan salah satu jenis tanaman perkebunan yang sudah lama dibudidayakan dan memiliki nilai jual yang tinggi. Kebanyakan para pecinta kopi tidak tahu bagaimana cara membuat kopi dengan menggunakan alat French Press, maka dari itu  penulis membuat animasi penyedehan kopi dengan alat French Press agar dapat menambah pengetahuan bagi seseorang yang ingin membuat kopi sendiri dirumah atau hanya ingin mengetahui cara penyeduhan kopi mengguanakan teknik French Press. Informasi mengenai penyeduhan kopi dengan teknik French Press dikemas dengan animasi 3D serta dibuat menggunakan sofware 3DS Max dan Wandershare Filmora. Software 3DS Max berfungsi untuk membuat objek, memberi texture dan pembuatan animasi, sedangkan Software Wandershare Filmora berfungsi untuk proses pengeditan dari animasi yang sudaah menjadi video serta diberi penambhan sound, dan text sehingga tampilannya menjadi lebih menarik.


Full Text:

PDF

References


Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan, vol. 58, no. 12. 2012.

M. Subandi., Budidaya Tanaman Kopi. 2011.

K. Fibrianto, M. Putri, and A. Daya, “Perbedaan Ukuran Partikel Dan Teknik Penyeduhan Kopi Terhadap Persepsi Multisensoris : Tinjauan Puataka Effect of Particle Size Variation and Brewing Method of Coffee on Multisensory Perception : Literature Review,” vol. 6, no. 1, pp. 12–16, 2018.

K. Indra and natalia zulita Leni, “Perangkat Ajar Materi Vegetatif Buatan Pada Tumbuhan Di Sma Negeri 9 Kota Bengkulu Menggunakan 3Ds Max,” vol. 7, no. 1, 2011.

R. R. Punusingon, A. S. M. Lumenta, Y. D. Y. Rindengan, T. Informatika, and U. S. Ratulangi, “Animasi Sosialisasi Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik,” J. Tek. Inform. Univ. Sam Ratulangi, vol. 12, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.12.1.2017.17796.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/algoritma.v5i1.9083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :