Perbandingan Metode Naïve Bayes Classifier Dan Support Vector Machine Untuk Klasifikasi Cyber Harassment Pada Twitter

Rezi Iwardani Saputri, Siti Khomsah, Novian Adi Prasetyo

Abstract


Cyber Harassment dapat disebut juga dengan pelecehan online dapat berupa mengancam atau melecehkan melalui email, pesan instan, media sosial atau memposting informasi secara online.  Kasus ini kerap terjadi di media sosial seperti salah satunya adalah Twitter.  Untuk itu dibutuhkan  sebuah metode klasifikasi yang tepat agar mengatasi kasus  Cyber Harassment dari data Twitter. Pada penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman Python dan menggunakan dua metode yaitu Naïve Bayes Classifier dan Support Vector Machine untuk membandingkan metode yang memiliki akurasi yang baik dan mengetahui kinerja metode masing-masing. Pada metode Naïve Bayes Classifier menggunakan model Complement Naïve Bayes dan Support Vector Machine menggunakan model Support Vector Classifacation (SVC). Hasil kinerja masing – masing metode dengan pembagian data trainning dan data testing yaitu 80% : 20% menunjukkan metode Naïve Bayes Classifier dengan accuracy 86.30%, precision  84.51% dan recall 87.21%. dan Support Vector Machine dengan accuracy 89.56%, precision 83.62% dan recall 94.5%. Dengan demikian metode Support Vector Machine lebih baik dari metode Naïve Bayes Classifier dan dapat diimplementasikan untuk kasus  Cyber Harassment di Twitter.

Full Text:

PDF

References


D. H. Jayani, "10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia," 26 February 2020. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia.

Y. Kusuma, Creative Project: Pintar Twitter, Jakarta: Grasindo, 2009.

A. Hamzah, Aspek-aspek pidana di bidang komputer, Jakarta: Sinar Grafika, 1987.

S. Aisyah, "Kejahatan Dunia Maya (Cybercrime)," 29 November 2019. [Online]. Available: https://pa-sidoarjo.go.id/informasi-pengadilan/223-kejahatan-dunia-mayacybercrime.

P. R. Clearinghouse, "Online Harassment & Cyberstalking," 25 Oktober 2018. [Online]. Available: https://privacyrights.org/consumer-guides/online-harassment-cyberstalking.

R. Simangunsong, "Indonesia Hasilkan 4,1 Miliar Cuitan Twitter di Tahun 2016," Tempo.co, 6 Desember 2016. [Online]. Available:

https://tekno.tempo.co/read/825782/indonesia-hasilkan-41-miliar-cuitan-twitter-di-tahun2016. [Accessed 5 Mei 2020].

R. M. Putri, "Etika berinternet menurut UU ITE," Retno Mertoyoso, 1 September 2015. [Online]. Available: http://mertoyoso97.blogspot.com/p/blog-page_17.html. [Accessed 20 July 2020].

B. Charlotte, "Cyberstalking Sebagai Perbuatan Melawan Hukum dan Pengaturannya Dalam Hukum Pidana Indonesia," Universitas Katolik Parahyangan, 2018.

M. Arista, "Kerentanan Perempuan di Dunia Maya?," 1 Maret 2019. [Online]. Available:

http://hakasasi.id/article/detail/125?name=Kekerasan+Seksual+Online%3A+Bukti+Keren tanan+Perempuan+di+Dunia+Maya%3F.

M. W. Berry and J. Kogan, Text Mining Aplication and Theory, United Kingdom: WILEY, 2010.

U. D. Arni , "Apa Itu Text Mining ?," Garuda Cyber, 25 Oktober 2018. [Online]. Available: https://garudacyber.co.id/artikel/1254-apa-itu-text-mining. [Accessed 20 July 2020].

N. Indrawati, "NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP) BAHASA INDONESIA SEBAGAI PREPROCESSING PADA TEXT," Docplayer Info, 2010. [Online].

Available: https://docplayer.info/32707775-Natural-language-processing-nlp-bahasaindonesia-sebagai-preprocessing-pada-text-mining.html.

D. Sierra, "Algoritma TF — IDF," Medium, 13 February 2019. [Online]. Available: https://medium.com/@dltsierra/algoritma-tf-idf-633e17d10a80. [Accessed 2020 July 25].

R. T. Wahyuni, D. Prastiyanto and E. Supraptono, "Penerapan Algoritma Cosine Similarity dan Pembobotan TF-IDF pada Sistem Klasifikasi Dokumen Skripsi," Jurnal Teknik Elektro, vol. 9, pp. 8-23, 2017.

T. M. Sandes, "Klasifikasi Tweet Pelecehan Online Pada Twitter dengan Menggunakan Metode Naive Bayes," Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2018.

A. S. A. Al-Katheri and M. M. Siraj, "Classification of Sexual Harassment on Facebook," International Journal of Innovative Computing , pp. 15-19, 2018.

A. Mustopa, Hermanto and A. Y. Kuntoro, "Algoritma Klasifikasi Naive Bayes dan Support Vector Machine dalam Layanan Komplain Mahasiwa," Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, pp. 211-220, 2020.

J. W. G. Putra, Pengenalan Konsep Pembelajaran Mesin dan Deep Learning, Tokyo: Wiragotama, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/algoritma.v8i1.16601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

    

 

 

Creative Commons License

Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.