PERAN RESILIENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTsN 2 MEDAN DI MASA PANDEMI SERTA IMPLIKASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

yenni riski anjelia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran resiliensi terhadap hasil belajar siswa MTsN 2 Medan dimasa pandemi serta implikasinya dalam bimbingan dan konseling. Sebanyak 113 siswa kelas VIII MTsN 2 Medan terlibat dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah skala resiliensi dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Medan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasilnya menunjukkan : 1) berdasarkan uji deskripsi frekuensi dan presentase resiliensi 60% (68 siswa) dan hasil belajar 65% (74 siswa) berada pada kategori sedang.; 2) berdasarkan uji prasyarat bahwa data penelitian berdistribusi normal dan linear; 3) berdasarkan uji hipotesis bahwa nilai t : diketahui nilai thitung sebesar -1,707 < ttabel 1,98157 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X (resiliensi) tidak berpengaruh terhadap variabel Y (Hasil Belajar). Hal ini mengacu pada dasar pengambilan keputusan uji regresi linear sederhana dimana nilai thitung < ttabel, artinya variabel X tidak berpengaruh terhadap variabel Y.

Kata Kunci : Resiliensi, Hasil Belajar, Masa Pandemi


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andam ,Cut. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Pada Remaja di Panti Asuhan Taman Harapan Kota Langsa. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Ayuning, S. & Dani. F. (2019). Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika..

Daulay, Nurussakinah. (2021), Motivasi dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Baru, Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 18 (1).

Daulay, Nurussakinah..(2019). Psikologi Pendidikan dan Permasalahan Umum Peserta Didik. Medan : Perdana Publishing.

Harahap, Ade dkk. (2020). Gambaran Resiliensi Akademik Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling.

Purwanti., Desi. (2019). Pengaruh Resiliensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis.

Rahayu E & Miftah .(2019). Peran Resiliensi Terhadap Stress Akademik Siswa SMA. Naskah Prrosiding Temilnas XI IPPI.

Riyanta, Bambang, dkk. (2020). Pembelajaran Daring PTMA di Masa Pandemi Covid-19. Medan : Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah.

Ruswahyuningsih, M.C. (2015). Resiliensi pada Remaja Jawa. Jornal Of Psychology, 1 (2).

Suryani, Ira dkk. (2020). Pendidikan Madrasah Pada Masa Pandemi: Panduan Guru BK Melaksanakan Pelayanan Melalui Media Online. Medan : CV Pusdikra Mitra Jaya.

Susato, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Mediagroup.

Wibowo, Ucha. F. (2018). Resiliensi Akademik Mahasiswa yang Sedang Menempuh Skripsi. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Muhamma

diyah Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i2.12663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.