Revolusi Islam terhadap Kondisi Sosial Masyarakat Arab

Muhammad Lukman, Awaluddin Nasution, Nurhasanah Bakhtiar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana dampak revolusi Islam terhadap kondisi sosial masyarakat Arab. Islam pada zaman Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya adalah perkembangan puncak yang tampak dari kemurnian Islam itu sendiri. Penelitian ini memfokuskan pada pengembangan pendidikan Islam di masa Rasullulah SAW dengan menggunakan pendekatan kualitatif, menerapkan metode analisis isi. Revolusi Islam membawa pengaruh besar terhadap kondisi sosial masyarakat Arab yaitu pembinaan di bidang pendidikan sosial yang dijiwai oleh ajaran Islam dan merupakan cerminan dari sinar tauhid.

Kata Kunci: Revolusi Islam, pendidikan Islam, kondisi sosial, masyarakat Arab.

Full Text:

PDF

References


Al-Abrasy, M. A. (1970). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Arief, A. (2005). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik. Bandung: Penerbit Angkasa.

Fadjar, A. (1991). Peradaban dan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Fahmi, A. H. (1979). Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Langgulung, H. (1988). Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Husna.

Nasr, S. H. (1986). Sains dan Peradaban di dalam Islam. Bandung: Penerbit Pustaka.

Nata, A. (2005). Pendidikan Islam Perspektif Hadits. Ciputat: UIN Jakarta Press.

Nizar, S. (2008). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Yunus, M. (1992). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: PT Hidakarya Agung.

Zuhairini. (2008). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/juspi.v3i1.3801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam)

 

JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam)

Program Studi Sejarah Peradaban Islam (Study Program of History of Islamic Civilization),
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Email: jurnal.juspi@uinsu.ac.id

JUSPI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License