Kepemimpinan dan Konsep Ketatanegaraan Umar Ibn Al-Khattab

M Al Qautsar Pratama

Abstract


Umar ibn al-Khattab adalah sahabat rasul yang menjadi khalifah pasca wafatnya baginda Nabi Muhammad Saw. Umar ibn al-Khattab merupakan panglima perang yang terlibat langsung dalam peristiwa perang Badar, Uhud, Kaybar.  Umar dikenal sebagai salah satu sosok Khilafah yang hebat dalam perjalanan sejarah peradaban umat islam, 10 tahun memimpin beliau berhasil memperluas wilayah kekuasaan Islam sampai ke wilayah Romawi (Syiria, Palestina, dan Mesir), serta seluruh wilayah kerajaan Persia termasuk Irak dengan pengaturan yang sitematis atas daerah-daerah yang ditaklukkannya. Kepimimpinan  Umar ibn al-Khattab membawa umat islam kearah kemajuan dari aspek agama, pendidikan. budaya, sosial-budaya dan politik. Berbagai prestasi berhasil diraih pada saat puncak kepemimpinannya. Sosok pemimpin yang berani, pekerja keras, bijaksana dan memiliki sikap lemah lembut.. Keberhasilan Umar ibn al-Khattab memimpin umat Islam pada saat itu membuktikan bahwa beliau merupakan pribadi yang handal dalam bidang  ketatanegraan. Umar ibn al-Khattab merupakan khalifah kedua setelah Abu Bakar as-Siddiq yang sukses dalam menjalankan amanat umat dalam menjalankan roda pemerintahan.

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz, Chiefdom Madinah Kerucut kekuasaan pada Zaman Awal Islam, Pustaka Alvabert, Jakarta, 2011.

Abdul Razak, Kepemimpinan Masyarakat Islam Dalam Perspektif Syi’ah, Nalar Fiqh Jurnal Kajian Ekonomi Islam dan Kemasyarakatan, Volume 4, Nomor 2, Desember 2011.

Abi Faraj Abdurrahman ibn Ali ibn Muhammad ibn Jauzi, Manaqib Amir al-Mu’minin Umar ibn al-Khattab, Darul Kutub Ilmiyyah, Beirut, tt .

Ali Abd al-Raziq, The Caliphate and the Bases of Power in Islam in Transition Muslim Perspectives (ed by John J. Donohue and John L. Esposito), Oxford University Press, Oxford, 1982.

A. Syalabi, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Pustaka Al Husna, Jakarta, 1998.

Amru Khalid, Khulafa’ur Rasul, (terj.Farur Mu’is), Jejak para Khlaifah, Aqwam, Solo, 2007.

At-Tabary, Tarikh Rasul wa al-Muluk, Darul Ma'arif, Mesir, 1879.

Dwi Hidayatul Firdaus, Analisis Kebijakan Ekonomi Umar Bin Khattab Prespektif Bisnis Syariah, At-Tahdzib Vol.1 Nomor 2 Tahun 2013.

Faris Alkhateeb, Lost Islamic History Reclaiming Muslim Civilsation From The Past, Hurst & Company, London, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/j.v2i1.1496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam)

 

JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam)

Program Studi Sejarah Peradaban Islam (Study Program of History of Islamic Civilization),
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Email: jurnal.juspi@uinsu.ac.id

JUSPI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License