Komunikasi Antarpribadi Pustakawan dalam Melayani Pemustaka pada Open Library Telkom University

Mutia Nur Rizani

Abstract


Melakukan komunikasi kepada pengguna perpustakaan atau bisa disebut pemustaka merupakan sebuah keterampilan yang perlu dikuasai dan dipahami oleh seorang pustakawan. Open Library Telkom University merupakan perpustakaan milik Telkom University yang merupakan universitas swasta terbaik di Indonesia, pustakawan di Open Library juga sudah beberapa kali memenangkan lomba pustakawan berprestasi. Terkait dengan pelayanan perpustakaan, komunikasi memiliki peran penting sebagai sarana antara pemustaka dengan pustakawan dalam berbagi informasi dan pustakawan sebaiknya harus menguasai keterampilan dalam melakukan komunikasi antarpribadi. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan konstruktivis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, komunikasi antarpribadi pustakawan di Open Library Telkom University sudah efektif dalam penerapannya. Dari lima aspek yaitu openness, empathy, supportiveness, positiveness dan equality, aspek yang masih kurang diterapkan adalah positivenes. Hambatan komunikasi antarpribadi yang dialami adalah hambatan fisik, semantik, dan psikologis.

 

Keywords: Komunikasi Antarpribadi, Pustakawan, Open Library Telkom University.


Keywords


Komunikasi Antarpribadi, Pustakawan, Open Library Telkom University

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v5i1.6495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi) by Program Studi Ilmu Perpustakaan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/.