Hubungan Kualitas Web Kandaga Terhadap Kebutuhan Informasi Pengguna

Vina Rufaidah, Wina Erwina, Andri Yanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan kualitas web Kandaga sebagai mesin pencari perpustakaan terhadap kebutuhan informasi pengguna, khususnya mahasiswa di Universitas Padjadjaran. Pengukuran kualitas web menggunakan model WebQual 4.0 dari Barnes dan Vidgen yang terdiri dari Usability, Information Quality, dan Service Interaction. Sedangkan untuk pengukuran kualitas kebutuhan informasi menggunakan teori kebutuhan informasi menurut Guha yang terdiri dari kebutuhan informasi mutakhir, rutin, mendalam, dan sekilas. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan uji korelasional Pearson Product Moment yang bertujuan untuk menguji hubungan sebab akibat antara variabel X dan Y. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan studi literatur. Populasi pada penelitian ini sebanyak 32.900 mahasiswa dengan responden berjumlah 100 mahasiswa yang ditentukan menggunakan teknik sampel acak sederhana (simple random sampling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas web Kandaga terhadap kebutuhan informasi mutakhir, rutin, mendalam, dan sekilas memiliki hubungan yang kuat

 


Keywords


WebQual, mesin pencari perpustakaan,kebutuhan informasi, Kandaga, Universitas Padjadjaran

Full Text:

PDF

References


Ellyusman, S., & Hutami, R. F. (2017). Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Importance Performance Analysis ( IPA ). Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 5(1), 49–62.

Erwina, W., & Yanto, A. (2017). Portal Kandaga Universitas Padjadjaran Sebagai Mesin Pencari Perpustakaan-FINAL-REVISED. Universitas Padjadjaran

Fatmawati, E. (2015). Kebutuhan Informasi Dalam Teori Dan Praktek. Info Persadha. 13(1), 1–12.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor.

Kirom, B. (2015). Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Prijana, Winoto, Y., & Yanto, A. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Unpad Press.

Puspitadewi, I., Erwina, W., & Kurniasih, N. (2016). Pemanfaatan “Twitter TMCPOLDAMETRO” Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Para Pengguna Jalan Raya. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 4(1), 21–28.

Riyadi, T. (2009). Jenis-jenis Search Engine. Diambil kembali dari Web Ilmu Komputer. Sumber: http://www.ilmukomputer.org/wpcontent/uploads/2009/08/jenis_search_engine_taufan_riyadi.pdf Diakses 23 Mei 2018.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suprianto, W., & Muhsin, A. (2008). Teknologi Informasi Perpustakaan. Bandung: Kansius.

Yanto, A., & Erwina, W. (2018). Kajian Perpustakaan dan Sains Informasi Kontempore. (M. P. Prof. Dr. Heri Suwignyo, Ed.). Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v4i1.2917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

License

Creative Commons License

JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi) by Program Studi Ilmu Perpustakaan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/.

 

Harvesting: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/oai