Implementasi Teknologi Informasi Menggunakan Human Organization Technology (HOT) Fit Model di Perpustakaan Perguruan Tinggi

Musrifah Musrifah

Abstract


Human, organizational and technological is an important component in the implementation information technology in the Library of Higher Education when viewed in side its benefits. In terms of human Information Technology includes the use of the system and user satisfaction while combining roles and skills. The use of the system also relates to the person using it, the expectations, the attitude of receiving the system, and the training. In terms of organization implementing information technology in the Library of Higher Education can be checked from the organizational structure and environment. The organizational structure can be seen from the management, communication and support received from the organization. In terms of technology, in the implementation of information technology in the Library of Higher Education that can be seen from the side of quality systems, quality information, and service quality. For example the quality of the system is ease of use, ease of learning, response time, and comfort access. Criteria that can be used for the quality of information is information accuracy, availability, usefulness, and easy to understand. The quality of service concerned with the overall support delivered by technology service providers, including empathy and certainty.

 

Manusia, organisasi dan teknologi adalah komponen penting dalam pengimplentasian teknologi informasi di perputakaan Perguruan Tinggi bila dilihat dalam sisi manfaatnya. Dari segi manusia (human) Teknologi Informasi termasuk penggunaan sistem dan kepuasan pengguna saat menggabungkan peran dan keterampilan. Penggunaan sistem juga berhubungan dengan orang yang menggunakannya, harapan, sikap menerima sistem, dan pelatihan. Dari segi organisasi (organization) pengimplementasi teknologi informasi di Perpustakaan Perguruan Tinggi dapat diperiksa dari struktur organisasi dan lingkungan. Struktur organisasi bisa dilihat dari manajemen, komunikasi dan dukungan yang diterima dari organisasinya. Adapun dari segi teknologi (technology), dalam pengimplementasian teknologi informasi di Perpustakaan Perguruan Tinggi yaitu dapat dilihat dari sisi kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan. Misalnya kualitas sistem adalah kemudahan penggunaan, kemudahan dipelajari, waktu respon, dan kenyaman akses. Kriteria yang dapat digunakan untuk kualitas informasi adalah informasi keakuratan, ketersediaan, kegunaan, dan mudah dipahami. Adapun kualitas layanan yang bersangkutan dengan dukungan keseluruhan yang disampaikan oleh penyedia layanan teknologi, termasuk empati dan kepastian. 


Keywords


Implementation, Information technology, Human Organization Technology (HOT), Fit Model, Academic Library

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Anderson, James G dan Carbolyn E. Aydin. Overvier: Theoretical perspectives and methodologies for the evaluation of health care information systems. 1994. Diakses pada tanggal 25 April 2015. Pukul 09:20 WIB.

Anton, “Mengenal Dunia Teknologi Informasi”. Artikel Media Pustaka Pengembangan Inovasi, Promosi Dan Minat Baca. Semarang: Andi Affset Eksis Sepanjang Masa. Edisi 4/Oktober-Desember 2011.

Badudu. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1994.

Baridwan, Zaki. Hanum, Latifah. Kualitas dan Efektivitas Sistem Informasi Berbasis Komputer. Jurnal Tema, Volume 8, Nomor 2, September 2007. Diakses Pada Tanggal 20 April 2015. Pukul 13.10. WIB.

Bhattacherjee, Anol. Understanding Information System Continuance: An Expectation-Confirmation Model. 2001. Dalam MIS Quartely, vol. 25. No. 3 (sep., 2001), pp. 351-370. Di akses pada tanggal 25 April 2015. Pukul 10.00 WIB.

Bin Ladjamudin, Al-Bahra. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2013.

Darmono. Perpustakaan Sekolah Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta: PT Grasindo. 2007.

Davis, Fred D. “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan User Acceptance Of Information Technology”. 1989. Dalam Mis Quartely, September, Vol. 13 Issue 3 p. 318-340. (t.k) (t.p).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: balai pustaka. 1994.

Fatmawati, Endang. The Art of Library Ikatan Esai Bergizi Tentang Seni Mengelola Perpustakaan. Semarang: Universitas Diponegoro. 2010.

Gettasari, Christiva. Bulletin Pustakawan Media Komunikasi dan Informasi Pustakawan. Selayang Pandang Perpustakaan Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT). Edisi Ke 2 Th. 2011/Mei- Agustus 2011.

Gordon B. Davis. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1 Pengantar. (Jakarta: Ikrar Mandiriabadi. 1999). Hlm. 29.

Indarjanto, Pratiwi dan Tri Brodroastuti. Pengaruh Kemampuan, Usaha dan Dukungan Organisasi Terhadap Kinerja. 2012. Diakses Pada Tanggal 20 April 2015. Pukul 14.00. WIB.

Jogiyanto HM. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi. 2007.

Jogiyanto HM. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi. 2005.

Kadir, Abdul dan Terra Ch. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi. 2005.

Kadir, Abdul. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi. 2003.

Akhiroh, Khiril. “Persepsi Pengguna Terhadap Kualitas Pelayanan Sirkulasi Di UPT Perpustakaan Instiper Yogyakarta”. Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2008.

Lasa HS. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. 2009.

Muhammad Fakhri Husen dan Amin Wibowo. Sistem Informasi Manajemen. Sistem Informasi Manajemen. Yogkarta: UPP STIM YKPN. 2006.

Muttaqien, M. Zain. Kusmayadi, Eka. Materi Pokok Dasar-Dasar Teknologi Informasi. 1-6/PUST2255/2 sks. Cet. 7. Ed 2. Tanggerang Selatan: Uiversitas Terbuka. 2012.

Nugroho, Eko. Sistem Informasi Manajemen: Konsep Aplikasi, dan Perkembangannya. Yogyakarta: Andi. 2008.

Qalyubi, Syihabuddin.. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2007.

Rangkuti, Freddy. Measuring Costumer Satisfaction: Teknik Mengukur Dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2008.

Said S, Al Gahtani dan Malcom King. Attitudes, Satisfaction and Usage: Factors Contributing To Each In The Acceptance Of Information Technology. 1999. Dalam Behavior & Information Technology. 1999, Vol. 18, No 4, 277 297.

Soeatminah. Perpustakaan Kepustakaan Dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius. 1992.

Sri Purwono. Kasus Kepustakawanan Kita; Beberapa Hasil Penelitian. Jakarta: PDII-LIPI, 2006.

Supriyanto, Wahyu. Muhsin, Ahmad. Teknologi Informasi Perpustakaan. Strategi Perancangan Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius Anggota IKAPI. 2008.

Tjiptono, fandy. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing. 2006.

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. Srrvice, Quality & Satisfaction. Edi Ke 2. Yogyakarta: Andi. 2007

Usmara, Usi. Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta: Asmara Books. 2008.

Widyawan, Rosa. Pelayanan Refrensi Berawal Dari Senyuman. Bandung: CV Bahtera Ilmu. 2012.

http://el-kawaqi.blogspot.com/2012/12/pengertian-implementasi-menurut-para.html. Akses pada tanggal 28 Mei 2015..




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v2i2.1258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Musrifah Musrifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
  
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/ 
 
Publisher:
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara