UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB DOSEN NON PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA)

Noza Aflisia, Renti Yasmar

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan bentuk evaluasi terhadap upaya dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab dosen non Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Tujuan dari penelitian ini adalah melihat seberapa efektif kegiatan bimbingan belajar bahasa Arab ini dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab dosen, melalui uraian bentuk pelaksanaan kegiatan bimbingan belajar bahasa Arab, dan solusi yang ditawarkan. Dengan mengumpulkan data dari pihak yang teribat yaitu tutor dan dosen sebagai peserta bimbingan belajar bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab dosen IAIN Curup adalah dengan mengadakan bimbingan belajar bahasa Arab. Diantara solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan pelaksanaan bimbingan belajar bahasa Arab untuk dosen ini adalah waktu yang cukup dan kontinuitas untuk pelaksanaan kegiatan bimbingan belajar bahasa Arab, pelatihan dan workshop untuk tutor bahasa Arab, menciptakan lingkungan untuk berbahasa Arab, dan adanya evaluasi kegiatan bimbingan belajar bahasa arab dari pimpinan.

Full Text:

PDF

References


Abd Wahab Rosyidi dan Mamlatul Ni'mah. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

Baharuddin, U. (2017). Rekonstruksi Pengembangan Pendidikan Bahasa Arab. Sidoarjo: CV Lisan Arabi.

Bisri Mustofa dan Abdul Hamid. (2011). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

Bulkisah. (2012). Pembelajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia. Didaktika.

Fitriani, L. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Maharah Qira’ah Berbasis Karakter di Perguruan Tinggi. An-Nabighoh.

Hasan. (2017). Keterampilan Mengajar Bahasa Arab Materi Istima’ Menggunakan Media Lagu. Al-Qalam.

Kuraedah, S. (2015). Aplikasi Maharah Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta'dib.

Mustofa, S. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN-Maliki Press.

Nuur, K. (2017). Peningkatan Penguasaan Mufradat Mahasiswa Melalui Media Berbasis Teks Cerita. Diwan, 136.

Wahidah, N. (2016). Bermain Peran Sebagai Dubber: Implementasi Inovatif Pendekatan Aural Oral dalam Pembeajaran Keterampilan Kalam. Konferensi Nasional Bahasa Arab II, Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v4i2.3281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: