ANALISIS SOAL TOAFL IAIN CURUP

Partomuan Harahap

Abstract


Abstak: Mengingat urgennya TOAFL dalam mengukur keterampilan bahasa Arab mahasiswa di IAIN Curup, peneliti merasa perlu untuk melakukan evaluasi terhadap soal TOAFL. Agar tes ini tidak kehilangan fungsi yang seharusnya yaitu menjadi alat pengukur pemahaman mahasiswa terhadap bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan butir soal, daya pembeda butir soal, validitas butir soal, dan reliabilitas butir soal TOAFL IAIN Curup. Metode  penelitian yang digunakan adalah penelitian  deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesukaran soal TOAFL, terdapat 15 soal kategori mudah, 71 soal kategori sedang, dan 54 soal kategori sukar. Persentase tingkat kesukaran soal, soal masuk dalam kategori baik, karena lebih 50% indeks kesukarannya memenuhi standar. Untuk daya pembeda, tidak terdapat  soal kategori baik, 48 soal kategori sedang, 56 soal kategori kurang, 4 soal tidak memiliki daya pembeda, dan 32 soal yang negatif. Melihat persentase daya pembeda soal, soal pilihan ganda kategori tidak baik, karena 0% soal kategori baik. Untuk validitas  adalah 78 soal kategori valid dan 62 kategori tidak valid. Persentase validitas soal TOAFL IAIN Curup tersebut menunjukkkan lebih 50% soal kualitas valid. Sedangkan reliabilitas  menunjukkan bahwa soal TOAFL memiliki kategori reliabilitas yang tinggi yaitu 0,87.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaina. 2009. Evaluasi Pembelajaran, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI

Arikunto, Suharismi. Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asrori, Imam dkk. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat

Barmawi, Muhammad. 2011. Lulus TOAFL dengan Mudah dan Memuaskan, Yogjakarta: DIVA Press

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Djiwandono, M. Soenardi Djiwandono. 2011. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT.Bumi Aksara

Hayati, Mardia. 2009. Desain Pembelajaran, Pekanbaru: Yayasan Pustaka Riau

Margono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Matsna, Moh dan Mahyudin, Erta. 2012. Pengembangan Evaluasi dan Tes Bahasa Arab.( Tangerang Selatan: Alkitabah

Rubiyanto, Rubino dan Hartini, Sri. 2005. Evaluasi Pendidikan, Surakarta: Progeram Akta Mengajar FKIP UMS

Sudijono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2008.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Sulistyorini. 2009. Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Yogyakarta: Teras

Surahmad, Winarno. 1992. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknik, Bandung: Tarsito

Wahab, Muhbib Abdul. 2010. slide Presentasi Pembelajaran TOAFL di MAN 4 Jakarta

Wiraatmaja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v4i2.3089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: