THE APPLICATION OF THE PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, AND TEST (PQRST) METHOD TO IMPROVE MASTERY OF DESCRIPTIVE TEXT READING SKILLS IN THE ELEVENTH GRADE OF MA MUTIARA SUNGGAL MEDAN.

Tria Wulandari, Zulheddi Zulheddi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan metode PQRST (Pratinjau, Tanya, Baca, Ringkas, Uji) dan menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan Maharah Qirā'ah (keterampilan pemahaman bacaan) siswa kelas sebelas MA Mutiara Sunggal Medan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa, dengan skor rata-rata awal 68,2 dan kesulitan dalam mengidentifikasi ide-ide utama, memahami pemahaman kontekstual, dan menganalisis struktur teks deskriptif. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes awal dan tes akhir. Temuan menunjukkan bahwa PQRST secara signifikan meningkatkan keterlibatan belajar, penguasaan pemahaman, dan keterampilan membaca analitis siswa. Tahap Pratinjau dan Tanya membantu siswa membangun fokus membaca; tahap Baca memperkuat pemahaman literal; Ringkas meningkatkan kemampuan mereka untuk menyatakan kembali gagasan; dan tahap Uji menunjukkan peningkatan prestasi, dengan skor akhir rata-rata 83,4. Tantangan seperti kemampuan membaca yang beragam dan keterbatasan pemahaman diatasi melalui dukungan intensif dari guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PQRST efektif untuk meningkatkan pemahaman bacaan bahasa Arab.

Keywords


Maharah Qira’ah, PQRST, Arabic reading instruction, descriptive texts

Full Text:

PDF

References


Ariska, A., Ghufroni, G., & Kurniawan, P. Y. (2022). Pengembangan Metode PQRST Pada Pembelajaran Drama Berbasis Naskah Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ketanggungan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(18), 11–16.

Chasanah, A. N. C. A. N., & Suryanto, A. B. (2024). Application of the PQRST Method (Preview Question Read Summarize and Test) in Learning Arabic to Improve Reading Skills Ability in Class X SMA Al-Multazam Students Mojokerto. Al-Lisān Al-‘arabi, 3(2), 59–78.

Fattah, A. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF (M. Albina, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Harfa Creative.

Hidayah, N., Suwandi, S., & Hastuti, S. (2014). Penerapan Metode Pqrst Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. BASASTRA, 2(3).

Huda, R. M. N., Anwar, N., Setiyawati, E., & Bagoevna, R. M. (2024). Improving Maharah Al Qiro’ah: Evaluating the PQ4R Method. 3nd Annual International Conference on Natural and Social Science Education (ICNSSE 2023), 47–58.

Kurnia, A. L. A. (2020). KEEFEKTIFAN METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, SELF-RECITATE, TEST) TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs AL-KHOIRIYYAH SEMARANG [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43001

Muhibbah, L. (2023). Efektivitas Metode PQRST untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 93–114.

Nabilah, A., Hartati, T., & Saefudin, A. (2019). Penerapan Metode Pqrst Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 9–21.

Nasution, S. (2012). تدريس مهارة القراءة لغير الناطقين باللغة العربية. IHYA Al-Arabiyah, 2, 157–159.

Nasution, S., & Zulheddi. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Keterampilan Membaca Dan Menulis Bahasa Arab.

Nufrizal, A., Fikri, A., Harisah, H., & Fadhlan, M. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW) TERHADAP PRESTASI MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA ARAB SISWA. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(2).

Rahmaini, R. (2020). Strategi Pembelajaran Kontekstual Masa Covid-19 Berbasis Pendekatan Saintifik Bagi Anak Usia Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2).

Sari, R. R., & Amrullah, H. (2020). Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kelas XI (A. Mubaligh, Ed.; 2nd ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v11i1.26933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh:

  

Jurnal Ihya Al-Arabiyah © 2015 by UIN Sumatera Utara is licensed under CC Attribution 4.0 International