PENANAMAN PENDIDIKAN AGAMA DI RUMAH (STUDI TERHADAP SISWA-SISWA MTS AL WASHLIYAH PEMATANG JOHAR)

Rahmadi Ali, Dalmi Iskandar

Abstract


Abstrak: Penelitian ini mengambil judul Pengaruh Pendidikan Agama dalam Keluarga terhadap Prilaku Siswa Kelas VIII MTS Al Washliyah Pematang Johar Kab. Deli Serdang TP. 2017/2018. Dalam hal ini pendidikan agama dalam keluarga sebagai variabel independen, sedangkan prilaku siswa sebagai variabel dependen. Pendidikan agama dalam keluarga tidak hanya pada masalah akidah dan ibadah, namun juga pada masalah mu’amalah yang berhubungan dengan orang lain. Dalam keluarga seorang anak di didik untuk selalu berbuat amar ma’ruf dan nahi mungkar agar bisa hidup bermasyarakat dengan baik sesuai aturan-aturan atau norma yang berlaku di dalam masyarakat itu sendiri ataupun menurut aturan agama. Pendidikan agama dalam keluarga juga berfungsi untuk memberi bimbingan kepada anggota keluarga untuk menuju yang terbaik. Di dalam penanaman perilaku anak, orang tua harus betul-betul mampu memilih suatu metode yang tepat, serta dapat berpengaruh positif pada tingkat perkembangan anak. Sebuah keluarga yang tidak menanamkan pendidika agama akan berdampak negatif terhadap perkembangan prilaku anak. Hal inilah yang memicu peneliti untuk meneliti hal tersebut. Penelitian ini mengambil lokasi di MTS Al Washliyah Pematang Johar Kab. Deli Serdang Tahun Pelajaran 2017/2018.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Edisi Revisi (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian. (Jakarta: Rineka Cipta, 1990)

Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Edisi Revisi ( Jakarta: Bumi Aksara, 2005)

Daulay, Haidar Putra, Kapita Salekta Pendidikan Islam Indonesia (Medan: Perdana Publising, 2012)

Gunarsa, D. Singgih, Psikologi Anak Bermasalah. (Jakarta: PT. BK.Gunung Mulia Kwintang,1987

Hamalik, Oemar, Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu (Jakarta: Bumi Aksara, 2001)

Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan (Jakarta: Pustaka Al Husna Baru, 2004)

Nasution, Harun, Islam; Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, Edisi Revisi(Jakarta, UI Press, 2001)

Qadir, Muhammad Abdul, Metodologi Pengajaran Agama Islam (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)

Sadli, Saprinah, Persepsi Sosial Mengenai Perilaku Menyimpang. Jakarta: Bulan Bintang, 1977

Subroto, Suryo, Manajemen Pendidikan Islam Di Sekolah (Jakarta:Rineka Cipta, 2010)

Tafsir, Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam ( Bandung: Remaja Rosdakarya 2001)

Ulwan, Abdullah Nashih, Kaidah-kaidah dasar (Pendidikan anak menurut Islam) (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992)

UU RI NO: 2 tahun 2003 tentang, Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta, Media Duta, 2003)

WJS. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta: BPN, 2004)

Zuhairini, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Malang: UIN, 2004)

Yunus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia (Jakarta: Pranada, 2005)

________, Sejarah Pendidikan Islam ( Jakarta, Bumi Aksara. 2001)




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v4i2.1795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: