PENGELOLAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIS NURUL HIDAYAH RAWA CANGKUK MEDAN

Sahril Ritonga

Abstract


Abstrak : penelitian tentang Pemgelolaan pembelajaran akidah akhlak di MIS Nurul Hidayah Rawa Cangkuk Medan merupakan penelitian lapangan. Perolehan sumber data dalam penelitian ini diambil dari dua sumber yakni sumber utama atau sumber primer yang dalam hal ini  melalui kepala sekolah dibantu dengan wakil kepala sekolah (MIS) guru agama yang mengajarkan mata pelajaran akidah akhlak serta siswa MIS Nurul Hidayah Rawa Cangkuk Medan dalam pembentukan akhlakul karimah siswa. Hail yang ditemukan bahwa di MIS Nurul Hidayah proses pembelajaran dimulai dengan perencanaan, dan dilaksanakan dengan beberapa langkah yaitu invitasi atau apersepsi, eksplorasi, mengusulkan penjelasan/solusi, dan pengambilan tindakan. Keempat pelaksanaan pembelajaran ini dilaksanakan dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan ko-kurikuler.


Full Text:

PDF

References


Athiyah Al-Abrasyi, M., Terj.Abdillah Andi, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Cet.III. Jakarta: Bulan Bintang, 1987

Ali, Saifullah, Pendidikan dan Pengajaran, Cet.II. Surabaya: Usaha Surabaya, 1983.

Athoilah,M,Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: UIN SGD, 2010.

Admodiwiro, Subagio, Manajemen Pendidikan di Indonesia,Cet.I. Jakarta: Ardya Jaya, 2000.

Arikunto, Suharsimi, Pengelolaan Kelas dan Peserta Didik,cet.III. Jakarta : Rajawali Pers, 1992.

Azmi, Fachruddin, Kepemimpinan Pendidikan Dalam Management Berbasis Sekolah. Medan: IAIN Press, 2004.

Bafadal, Ibrahim, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Cet.II. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Basyiruddin Usman, M, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Cet.I. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Bogdan, Robert and Stephen J Taylor, Introduction to Qualitative Research Methodes. New York, John Wiley and Sons, 1985.

Chabib Thoha,H.M, Kapita Selekta Pendidikan Islam,Cet.II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: Toha Putra, 1995.

Dick, Walter dan Robert A, Reiser Planing Effective Instruction. Amerika: Aliya and Bacon, 1989.

Effendy, Mochtar, Manajemen; Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam, Jakarta, Bhratara Karya Aksara, 1986.

Hamalik, Oemar, Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu, Cet.II. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Hamalik, Oemar, Belajar dan Pembelajaran,Cet.I. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Hamka, Studi Islam. Jakarta : Pustaka Panjimas, 1982.

Hamdani, Strategi Belajar-Mengajar,Cet.XI. Bandung:Pustaka Setia, 2011.

Hikmat, Manajemen Pendidikan dan Pembelajaran, Cet.II. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Manullang,M, Dasar-Dasar Manajemen,Cet.II. Jakarta: ghalia Indonesia, 1996.

Mahmud Al-Hawary Al-Asri Al-Jadid,S, Ingklizikh wal Arabiyah, Beirut, Darul Fikr Jawahir Tanthowi, 1963 dalam Unsur-Unsur Manajemen Menurut Ajaran Al-Qur’an. Jakarta, Pustaka Al-Husna, 1983.

Mufidah, Ratna, Proses Internalisasi Akhlaq Karimah Dalam Kehidupan Anak Periode Pranatal. STAIN Pamekasan: Karsa Media Keilmuan, Keislaman dan Pendidikan, 1998.

Mulyasa,E, Implementasi Kurikulum 2004, Panduan Pembelajaran KBK,Cet.III, .Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Cet.III. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Matthew B,Miles, Matthew and A.Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif, Terj. Cecep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-Press, 1992.

Masganti, Metode Penelitian Pendidikan Islam. Cet.I. Medan: IAIN Press, 2011.

Mulyasa, E, Pedoman MBM (proyek pemberdayaan kelembagaan ketata laksanaan pada madrasah dan PAI pada sekolah umum tahun 2004.

Mulyasa, E, Implementasi Kurikulum 2004;Panduan Pembelajaran KBK, .Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya, 2004.

Moeloeng, Metodologi, John W,Creswell, Educational Research, Planning, Conduction and Evaluating Quantitative dan Qualitative Research. International Edition. By Pearson Education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey 07458, 2005.

Moleong, Lexy, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Narkubo, Cholid dan Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, cet.10. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

P. Siagian, Sondang, Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta, Bumi Aksara, 1990.

Poerbakawatja, Soeganda, Ensiklopedi Pendidikan Cet.I. Jakarta: Gunung Agung,1981.

S.P, Malayu, Manajemen Sumber Daya Manusia:Dasar Kunci Keberhasilan .Jakarta: Haji Mas Agung, 1990.

Syaefuddin Saud, Udin, Pengembangan Profesi Guru, Cet.IV, Bandung; Alfabeta, 2011.

Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Cet. 8. Bandung: Alfabeta, 2010.

Syafaruddin dan Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran, Cet.1. Jakarta: Quantum Teaching, 2005.

Subroto, Suryo, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, cet.I. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.

Sagala, Syaeful, Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat,Cet.I. Jakarta: Nimas Multima, 2004.

Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Cet.5. Jakarta: Kencana, 2009.

Sufyarman, Kapita Selekta Manajemen Pendidikan,Cet.III. Bandung: cv alfabeta, 2004.

Sanjaya,Wina, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, cet.V. Jakarta: Prenada Media Group, 2011.

Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.

Tanthowi, Jawahir, Unsur-Unsur Manajemen Menurut Ajaran Al-Qur’an, .Jakarta, Pustaka Al-Husna, 1983.

Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 1998.

Usman, Husain, Manajemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,Edisi Revisi Ke-2. Bandung: Fokus Media, 2003.

W. Anderson, Lorin, The effective Teacher. Amerika : Mc Grow Hill, 1989.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v4i1.1476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: