PERAN PENDIDIK DALAM PEMBINAAN DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH / MADRASAH

Fatkhur Rohman

Abstract


Abstrak : Tulisan ini akan menguraikan bagaimana peran pendidik dalam pembinaan disiplin siswa di sekolah/madrasah, disiplin dalam pandangan Islam, macam-macam dan unsur-unsur disiplin, bagaimana strategi dalam penegakan disiplin, fungsi dan tujuan dalam penegakan disiplin, faktor pendukung dan penghambat disiplin, serta pentingnya disiplin dalam pembelajaran siswa.  Yang pada akhirnya disiplin mampu menjadikan siswa hidup dengan keteraturan, kepatuhan, dan ketaatan. Kajian ini merupakan kajian pustaka di mana semua bahasan yang akan diurai merujuk kepada buku-buku yang relevan kemudian disimpulkan.

Full Text:

PDF

References


Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyah, “Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam”, terj. Abdullah Zaki Al-Kaaf (Bandung: Pustaka Setia, 2003)

al-Bukhari, Imam Abu Abdullah Muhammad bin Ismail, Shahih Bukhari, terj. Sunarto, et al (Semarang: Asy-Syifa’, 1993).

Allen, Jane Elizabeth dan Marilyn Cherly, Disiplin Positif, (Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2005).

Azra, Azumardi, Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi (Jakarta: Kompas, 2006).

Chulsum,Umi, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1993).

Departemen Agama, al-Qur’an dan Terjemahnya (Bandung: Gema Risalah Press, 1989).

Durkheim, Emile, Pendidikan Moral: Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiolog Pendidikan (Jakarta: Erlangga, 1990).

Gunarsa, Singgih D., Psikologi Untuk Membimbing (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1992).

Gunawan, Ari H., Administrasi Sekolah (Jakarta: Rineka Cipta, 1996).

Hurlock, Elizabeth B., Perkembangan Anak (Jakarta: Erlangga, Jilid 2, 1994).

Hurlock, Elizabeth B., Psikologi Perkembangan (Jakarta: Erlangga, 1996).

Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan cet. III (Jakarta: Pustaka Al Husna, 1995).

Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008).

Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008).

Mulyasa, E., Menjadi Kepala Sekolah Profesional (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007).

Nawawi, Hadari, Pendidikan Dalam Islam (Surabaya: Al-Ikhlas, 1993).

Rusyan, A. Tabrani, Budaya Belajar Yang Baik (Jakarta: Panca Anugrah Sakti, 2007).

Sahertian, Piet A., Dimensi Administrasi Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional, 1994).

Shochib, Moh., Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Anak Mengembangkan Disiplin Diri (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Soetopo, Hendyat dan Wasti Sumanto, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum (Jakarta: Bumi Aksara, 1993).

Sukardi, D. Ketut, Dasar-Dasar Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah (Surabaya: Usaha Nasional, 1983).

Suryabrata ,Sumardi, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008).

Sutisna, Oteng, Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional (Bandung: Angkasa, 1986).

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam (Jakarta:Ciputat Press, 2005).

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1997)

Tu’u, Tulus, Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa (Jakarta: Grasindo, 2004).

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003).

Yunus, Mahmud dan Muhammad Qasim Bakri, at Tarbiyah wa Ta’lim, Ju II (Ponorogo: Darussalam Press, 1991).




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v4i1.1467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: