PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Putri Ani Dalimunthe

Abstract


Dalam dunia pendidikan, ada beberapa pandangan yang berkembang berkaitan dengan peserta didik. Ada yang mendefinisikan peserta didik sebagai manusia belum dewasa, dan karenanya, ia membutuhkan pengajaran, pelatihan, dan bimbingan dari orang dewasa atau pendidik untuk mengantarkannya menuju pada kedewasaan. Ada pula yang berpendapat bahwa peserta didik adalah manusia yang memiliki fithrah atau potensi untuk mengembangkan diri. Fithrah atau potensi tersebut mencakup akal, hati, dan jiwa yang manakala diberdayakan secara baik akan menghantarkan seseorang bertauhid kepada Allah SWT. Kemudian, ada pula yang berpendapat bahwa peserta didik adalah setiap manusia yang menerima pengaruh positif dari orang dewasa atau pendidik. Dalam arti teknis, bahkan ada yang menyatakan bahwa, peserta didik adalah setiap anak yang belajar di sekolah atau lembaga-lembaga pendidikan formal.

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman,J, Tahapan Mendidik Anak, Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2008.

Al-Ghazali, Ihya ‘Ulum al-Din, Jeddah:Sanqafurah al-Haramain, 2003

Al-Rasyidin, Falsafah Pendidikan Islam, Medan: Citapustaka Media Perintis, 2008.

Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdispliner, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Bahri Djamarah,S, Psikologi Belajar, Jakarta: CV Rineka Cipta, 2002.

Budiyanto,M, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ombak, 2013.

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

M. Athiyah al-Abrasyi, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1990.

Mujid,A, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2008.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2010.

Salminawati, Filsafat Pendidikan Islam, Medan: Cita Pustaka, 2011.

Samsul Nizar dan Al Rasyidin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Sardiman, Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja GrafindoPersada, 2010.

Syafaruddin,dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v3i2.1326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: