PEMBELAJARAN EDUTAINMENT: TINJAUAN FILOSOFIS PENDIDIKAN ISLAM

Abdul Gani Jamora Nasution

Abstract


Praktik pembelajaran yang dimaknai sebagai konsepsi memanusiakan manusia dan mengembangkan potensi peserta didik. Namun, proses yang dilakukan ternyata tidak sedikit fakta pembelajaran dililit dengan kecemasan dan penilaian negatif. Ini tentu didasari perlakuan yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran, terkesan memasung kreativitas peserta didik. Sehingga bermunculan istilah “ada hitler dalam pembelajaran”. Persoalan demikian sangat serius, mengingat paket pendidikan idealnya memanusiakan manusia, menjadi proses penciptaan “robot-robot” yang berwajah manusia. Kesempatan ini, penulis merekomendasikan paper dalam konsepsi teoritis education entertainmen (edutaimen) yakni pendidikan yang menyenangkan. Konsepsi ini juga, diafirmasi melalui nalar filosofis pendidikan Islam. Tujuan akhirnya adalah konsepsi transfer of knowledge and values, menjadi sangat diminati para peserta didik dalam setiap pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard l, Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar, edisi ke-7, jilid 1. Terj. Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyanti Soetjipto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

DePotter, Bobbi & Mike Hernacki, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Terj. Alwiyah Abdurrahman, Bandung: Kaifa, 2003.

DePotter, Bobbi, Mark Readon, & Sarah Singer-Nourie, Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas, terj. Ary Nilandari, Bandung: Kaifa, 2008.

Djokosetio, Lily, Perkembangan Otak dan Kesulitan Belajar Pada Anak, Jakarta: UI-Press, 2010.

Dryden, Gordon & DR. Jeannette Vos, Revolusi Cara Belajar: Belajar akan Efektif kalau anda dalam keadaan Fun, Terj. World ++ Translition Service, Bandung: Kaifa, 2001.

Edelman, Gerald, Bright Air, Brilliant Fire: On The Matter Of The Mind, New York: Basic Books, 1992.

Gunawan, Andi Wira, dalam buku “Genius Learning Strategy, diambildarihhtp//www.hendryrisjawan.com, padatanggal, 30 Oktober 2013.

Hamruni, Konsep Edutainment dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: UIN-SUKA Bidang Akademik, 2008.

Jansen, Eric, Pembelajaran Berbasis Otak, Jakarta: Indeks, 2011.

Putra, Windisyah, “Pengembangan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpesonal AnakUsia Dini Berbasis Edutainment di TK Inklusi ABA Nitikan Umbulharjo Yogyakarta” dalam Quantum Jurnal Penelitian PAUD, Vol. 1 No. 1, Juni 2012.

Salminawati, Filsafat Pendidikan Islam: Membangun Konsep Pendidikan yang Islami, Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2012.

Sapa’at, Asep, Brain Based Learning. 2007. Tersedia pada http://matema-tika.upi.edu/artikel/ brain_based.htm, (diakses 30 Oktober2013).

Tilaar, H.A.R, Kaleidoskop Pendidikan Nasional, Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v3i2.1324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: