PEMAHAMAN KONSUMEN MUSLIM DAN RELIGIUSITASNYA: PENGARUHNYA TERHADAP LABEL HALAL AROMA PRIMA BAKERY & CAKE SHOP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelia, R., & Kadariah, S. (2023). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian pada Aroma Bakery And Cake Shop (Studi Kasus PT Arma Anugrah Abadi). Management, Accounting, Islamic Banking, and Islamic Economic Journal, 1(1), 282–299.
Agustini, N. K. D. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127–136.
Alam, D. N., & Irmawati, I. (2025). PENGARUH LABELISASI HALAL DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SARI ROTI DI SURAKARTA DIMEDIASI KEPERCAYAAN MEREK. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 13(2), 1–19.
Apriyantono, A. (2009). Potensi Ketidakhalalan Produk Pangan dan Masalah Pangan Hasil Rekayasa Genetika. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asiyah, S., & Hariri, H. (2021). Perilaku Konsumen Berdasarkan Religiusitas. Perisai: Islamic Banking and Finance Journal, 5(2), 154–163.
Fathoni, M. A., Suryani, S., & Sumilir, S. (2022). Islam, Determinant Of Consumer Awareness toward Halal Food During The COVID-19 Pandemic: Evidence from Indonesia. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi, 11(1), 67–84.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21: Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Imamuddin, M., Syahrul, S., & Dantes, R. (2020). Pengaruh Label Halal Dimoderasi Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan Oleh Mahasiswa PTKIN se-Sumatera Barat. Kabillah: Journal of Social Community, 5(1), 14–25.
Imamuddin, M. (2017). Pengaruh Label Halal dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Mahasiswa IAIN Bukittinggi TA 2016/2017. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 1(1), 34–47.
Izza, N. N., & Akbar, N. (2023). Uncovering Halal Label Food Purchase Intention Behavior in Indonesia: A Twitter Analytics and SEM-Based Investigation. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 10(6), 551–570.
Jogiyanto, H. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: IKAPI.
Kalbarini, R. Y. (2022). Label Halal dan Dampaknya terhadap Pendapatan Usaha Maha Bakery di Kota Pontianak. Halal Research Journal, 2(1), 26–35.
Kasim, A. (2023). Prinsip-Prinsip Hukum Islam dalam Kegiatan Bisnis Islam. L-’Aqdu: Journal of Islamic Economics Law, 3(1), 58–67.
Kholidah, N. (2018). Implementasi Pemahaman Konsumsi Islam pada Perilaku Konsumen Muslim (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Pekalongan). Neraca, 14(1), 1–19.
Lingga, N., & Malahayatie, M. (2024). KONSEP HALAL HARAM DALAM EKONOMI ISLAM. J-EBI Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(02), 101–116.
Lubis, S. H. A. M. (2019). Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Roti Ganda di Pematangsiantar). (Doctoral dissertasion), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Maharani, H. I. D., Supardi, S., & Pramadeka, K. (2024). Pengaruh Label Halal dan Brand Image terhadap Minat Beli Masyarakat pada Toko Bakery. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 940–956.
Mailin, M. (2022). Pemahaman Masyarakat Muslim Kota Medan terhadap Makna Halal dan Tayib. Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 9(1), 49–56.
Mardiana, E., Thamrin, H., & Nuraini, P. (2021). Analisis Religiusitas terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Kota Pekanbaru. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 512–520.
Maulana, M., Muthiadin, C., Sapa, N. B., & Galib, M. (2025). Implementasi Sistem Penjaminan Halal pada Produk Roti di Toko Roti Fiona Cakes Makassar. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 4(2), 2307–2315.
Muslichah, M., Abdullah, R., & Razak, L. A. (2020). The Effect Of Halal Foods Awareness On Purchase Decision With Religiosity As A Moderating Variable: A Study Among University Students In Brunei Darussalam. Journal of Islamic Marketing, 11(5), 1091–1104.
Nanda, K.F., & Ikawati, R. (2020). Hubungan Persepsi Label Halal MUI terhadap Minat Beli Produk Makanan pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Journal of Food and Culinary, 3(1), 1–9.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nizar, N. M., Ratnasari, R. T., & Usman, I. (2024). Analisis Dampak Religiusitas, Kesadaran Halal, Sertifikasi Halal, dan Komposisi Pangan terhadap Minat Beli Makanan Halal. Jurnal Agroindustri Halal, 10(3), 355–366.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nurhayati, T., & Hendar, H. (2020). Personal Intrinsic Religiosity and Product Knowledge On Halal Product Purchase Intention: Role Of Halal Product Awareness. Journal of Islamic Marketing, 11(3), 603–620.
Putri, M. E., Zaelani, A. Q., Fasa, M. I., & Ronaldo, R. (2024). Potensi dan Tantangan Manajemen Pemasaran Syariah dalam Industri Marketplace Halal di Indonesia. Analisis, 14(01), 73–91.
Putri, Y., Solihat, A., Rahmayani, R., Iskandar, I., & Trijumansyah, A. (2019). Strategi Meningkatkan Minat Menabung di Bank Syariah Melalui Penerapan Religiusitas. Jurnal Manajemen dan Bisnis Performa, 16(1), 77–88.
Rahma, T. I. F. (2018). Persepsi Masyarakat Kota Medan terhadap Penggunaan Financial Technology. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 184–203.
Rahmat, R. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, DAN SIKAP TERHADAP NIAT PEMBELIAN PADA PRODUK HALAL DI ELNA CAKE AND BAKERY BUKITTINGGI. (Doctoral dissertation), Universitas Andalas.
Rizka, S. K., Purnamadewi, Y. L., & Hasanah, N. (2018). Produk Roti dalam Pola Konsumsi Pangan dan Keberadaan Label Halal dalam Keputusan Konsumsi Masyarakat (Kasus: Kota Bogor). Al-Muzara’ah, 6(1), 15–27.
Samsul, S., & Ismawati, I. (2020). Tingkat Pemahaman Mahasiswa terhadap Produk-Produk Perbankan Syariah. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah, 4(1), 67–78.
Santoso, S. (2011). Mastering SPSS Versi 19. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Santoso, S. (2014). Mastering SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Satori, D., & Komariah, A. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Siregar, S. H. (2024). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Aroma Prima Bakery & Cake Shop Padangsidimpuan. (Doctoral dissertation), UIN Syekh Ali Hasan
Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Sitinjak, T.J.R., & Sugiarto, S. (2006). Lisrel. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sukesti, F., & Budiman, M. (2014). The influence halal label and personal religiousity on purchase decision on food products in Indonesia. International Journal of Business, Economics and Law, 4(1), 150–153.
Sumbalatu, J., Prasojo, W. B., & Panjaitan, A. M. (2023). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LABEL HALAL PADA RESTORAN (Studi Kasus di Restoran Simpang Raya dan Restoran Dapur Siliwangi, Kecamatan Beji Kota Depok Jawa Barat). Jurnal Pena Islam, 3(1), 25–34.
Suryabrata, S. (2010). Metodologi Penelitian.
Tanjung, H., & Abrista, D. (2018). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Gramata Publishing.
Ujang, S. (2001). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Utomo, I. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Labelisasi Halal terhadap Minat Beli Konsumen Aroma Bakery & Cake Shop (Studi Kasus Konsumen Kabupaten Serdang Bedagai). (Doctoral dissertation), Universitas Medan Area.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/hf.v12i2.26823
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:


_-_Copy3.png)














