PROBLEMATIKA EVALUASI AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN PAI DAN ALTERNATIF SOLUSINYA
Abstract
Evaluasi afektif merupakan aspek penting dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) karena berfungsi mengukur internalisasi nilai, sikap, dan akhlak peserta didik. Namun, praktik evaluasi afektif di sekolah masih menghadapi berbagai problematika, seperti subjektivitas guru, keterbatasan instrumen yang valid dan reliabel, bias penilaian, serta minimnya waktu observasi dan dukungan struktural. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka untuk menganalisis problematika tersebut serta merumuskan alternatif solusi yang komprehensif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penyebab utama kesulitan evaluasi afektif mencakup faktor metodologis, praktis, dan kebijakan kelembagaan. Solusi yang dapat diterapkan meliputi penggunaan rubrik observasi terstruktur, peer assessment, jurnal reflektif, teknik critical incident, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, serta dukungan kebijakan sekolah yang memperkuat budaya religius dan mengurangi beban administratif. Penelitian ini menegaskan bahwa evaluasi afektif yang efektif membutuhkan pendekatan holistik dan kolaboratif agar pembelajaran PAI mampu mencapai tujuan utama, yaitu pembentukan karakter dan akhlak mulia secara berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A, Y. (2020). Pelatihan Guru dalam Penilaian Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 53–60. https://doi.org/DOI: 10.21093/di.v8i1.2531
Annisa Ulhusna, Muhiddinur Kamal, Zulfani Sesmiarni, & Arifmiboy Arifmiboy. (2023). Penerapan Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 6 Payakumbuh. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(3), 10–20. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v1i3.263
Arfani, A. A. D. (2024). Challenges in evaluating Islamic education learning in schools: Implications for educational objectives. TADIBIA ISLAMIKA: Journal Of Holistic Islamic Education, 4(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/tadibia.v4i1.2277
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
Arlinda, A. A. D. A. (2024). Challenges in evaluating Islamic education learning in schools: Implications for educational objectives. TADIBIA ISLAMIKA: Journal Of Holistic Islamic Education, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.28918/tadibia.v4i1.2277
Asfiana, Alawiyah, R., & Prasetio, S. (2024). Teacher Challenges In Affective Assessment. PIONIR : Jurnal Pendidikan, 13(2), 47–61. https://doi.org/https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/index 47
Dr. Netty Nurdiyani, M. H. (2020). Metodologi Penelitian Pendekatan Multidisipliner (M. P. Prof.Dr. Abdul Rahmat, S.Sos, I. (ed.); 1st ed.). Ideas Publishing.
E, N., Adams, & MLIS. (2015). Bloom’s taxonomy of cognitive learning objectives. Journal of the Medical Library Association, 103(July), 2016–2018. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.3163/1536-5050.103.3.010
E, R. W. dan, & Rusdiana. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia.
Engin, M. Ç., Gençdoğan, B., & Engin, A. O. (2024). A Taxonomic Approach on Learning Areas. European Journal of Education and Pedagogy, 5(3), 8–14. https://doi.org/10.24018/ejedu.2024.5.3.583
Febriyanti, A., Fidinillah, A., Niswati, A. K., & Zuhri, S. (2025). Identifikasi Kesulitan Guru PAI dalam Pelaksanaan Penilaian Afektif di SDN Kahal Kota Cilegon. 2.
Haerudin, D. A. (2025). Religious Education In Forming Students’ Character. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ei.v14i01.8132
Hapsari, T. T., Agus, M., & Sari, H. P. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Globalisasi.
Hasanah, L. (2022). Implementasi CIT dalam Evaluasi Pendidikan Agama. Jurnal Studi Islam, 18(1), 64–78. https://doi.org/DOI: 10.21043/jsi.v18i1.11712
Hazyimara, K., Nurasia, & Itsnainy, S. K. (2024). Implementation Of Affective Domain Assessment In Islamic Religious Education Learning At Sdn Rampal Celaket 2 Malang. Manazhim: Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 64–77. https://doi.org/10.36088/manazhim.v6i1.4191
Huda, M. (2022). Islamic Education Learning Management Based on Religious Moderation Values. 1.
Kaiser, A., & Retelsdorf, J. (2021). Efek halo dalam penilaian: pendekatan eksperimental. Psikologi Pendidikan:, 43(2). https://doi.org/https://translate.google.com/website?sl=en&tl=id&hl=id&client=srp&u=https://doi.org/10.1080/01443410.2023.2194593
Khadijah, K., & Yusnaini, Y. (2024). Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Menyusun Instrumen Penilaian Ranah Afektifdi Madrasah Aliyah Syamsuddhuha Dewantara, Aceh Utara. PASE: Journal o f Contemporary Islamic Education, 3(1), 16–32. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php
Kurniawan, R. (2021). Pelatihan Penilaian Afektif bagi Guru PAI. Jurnal Iqra’, 15(2), 89–101. https://doi.org/DOI: 10.25217/ji.v15i2.1010
Maghfiroh, D., & Aisyah, N. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Religius. 1(2), 304–318.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analisys A Methods Sourcebook. SAGE Publication.
Mulyono, P., & Purnomo, S. (2025). The Role of Islamic Religious Education Psychology in Indonesian Education Management. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37680/scaffolding.v7i1.7195
Munawir, K., Rahim, A., & Mutmainna, F. (n.d.). Islamic Religious Education in Student Character Development. 63.
Musanna, S., & M. Dukri. (2025). Test and Non-Test Evaluation Methods in Islamic Religious Education Learning in Senior High School: A Critical Analysis Based on Literature Review to Strengthen Student-Centered Learning. DARUSSALAM: Scientific Journal of Islamic Education, 2(7). https://doi.org/https://doi.org/10.62945/darussalam.v2i1.752
Musarwan, & Warsah, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 186–199. https://doi.org/https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.35
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Noor, N., Beram, S., Khoo, F., Yuet, C., Gengatharan, K., Syafiq, M., & Rasidi, M. (2023). Bias , Halo Effect and Horn Effect : A Systematic Literature Review. 13(3), 1055–1078. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v13-i3/16733
Rafiq, M., & Wibowo, A. (2021). Penerapan Peer Assessment dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(2), 221–230. https://doi.org/DOI: 10.17977/um048v27i2p221
Rakhman, F., & Syaifudin, M. (2020). Strategi Evaluasi Afektif Berbasis Nilai Karakter. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 45–60. https://doi.org/DOI: 10.21831/j-PAI.v10i1.34706.
Subhaktiyasa, P. G. (n.d.). Evaluasi Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif : Sebuah Studi Pustaka. 5(4), 5599–5609.
Tausih, T. U. (2021). Efektifitas Pelaksanaan Penilaian Ranah Afektif Menggunakan Google Form saat Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran PAI SMKN 2 Magetan Tahun Pelajaran 2020/2021. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Untung, S. H., Mudin, M. I., Asnawi, A. R., Sindy, F., & Khasanah, L. (n.d.). Internalisasi Nilai-Nilai Islami Dalam Pendidikan Karakter Di Era Disrupsi Digital.
Wahid Ahmad Al-Qodri, Abdan Rafi’i, Tegar Mu’ammar Kadafi, Amar Khoir Afrizal Pratama Putra, Umar Hakam Alfaruq, & Nurul Latifatul Inayati. (2025). Peran Evaluasi Ranah Psikomotorik dalam Meningkatkan Keterampilan Tingkat Tinggi pada Pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Gemolong. Jurnal Miftahul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 66–79. https://doi.org/10.59841/miftahulilmi.v2i1.37
Wardan, K., Islam, U., Sultan, N., Muhammad, A., Samarinda, I., Tinggi, S., & Islam, A. (2024). Pengembangan instrumen penilaian pendidikan agama islam. 18(2), 124–134.
Wijaya, A., Andriani, R. T., Ismady, M. W., Septria Darma Suwarni, W., & Ahzim, R. (2023). The implementation of affective and psychomotor assessment in Islamic religious education learning in Junior High Schools. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 10(2), 195–206. https://doi.org/10.17509/t.v10i2.65467
Zainudin, & Ubabuddin. (2023). Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik. Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam), 3(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10
Zuhria, I. A. (2019). Evaluasi Afektif dalam Pendidikan Islam. Jurnal Al-Bidayah, 11(1), 30–45. https://doi.org/10.14421/albidayah.v11i1.220
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v14i2.27228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Hijri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Organizational Collaboration:
Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:
Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







2.png)


