PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Defa, D., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. In SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED (Vol. 13, Issue 3, p. 217). State University of Medan. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v13i3.47548
Dewi, R. K., & Soejono. (2025). Supervisi Kepala Sekolah Berbasis Humanistik dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SD Negeri 01 Dororejo. In JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (Vol. 6, Issue 5, pp. 3560–3570). Yayasan Dharma Indonesia Tercinta (Dinasti). https://doi.org/10.38035/jmpis.v6i5.5465
DIMARA, B. (2023). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH. In MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan (Vol. 2, Issue 4, pp. 374–386). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. https://doi.org/10.51878/manajerial.v2i4.1862
Harmi, I. (2017). Upaya Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah dalam Menilai Kompetensi Pedagogik Menggunakan Alat Penilaian Kemampuan Guru di Sekolah Dasar Negeri 10 Tempilang dan Sekolah Dasar Negeri 11 Tempilang. In Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 4, Issue 1, pp. 1–22). IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v4i1.811
Hikmat, H. (2020). PENINGKATAN KOMITMEN TUGAS TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PERAN PENGAWAS SEKOLAH DAN KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 7 KOTA TANGERANG. In Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi (Vol. 2, Issue 2, pp. 141–149). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. https://doi.org/10.33592/perspektif.v2i2.670
Hilda, E. M., Haryati, T., & PS, S. (2025). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. In JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 8, Issue 3, pp. 3140–3146). Ainara. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7419
Istianah, I. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMAN 1 Cikarang Utara dan MAN Kabupaten Bekasi. Jurnal Administrasi Pendidikan. https://ejournal.upi.edu/index.php/japsps/article/view/19861
Mulyati, D., & Rosmaladewi, O. (2025). Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Pemanfaatan Multimedia di Sekolah Dasar. In JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (Vol. 6, Issue 4, pp. 3246–3255). Yayasan Dharma Indonesia Tercinta (Dinasti). https://doi.org/10.38035/jmpis.v6i4.5198
Munacia, N., Bahri, S., & Syahrin, A. (2024). Pengaruh Kompetensi Manajerial, Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di TK Negeri Kabupaten Bireuen. In Journal on Education (Vol. 7, Issue 2, pp. 9489–9498). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.7919
RAHAYU, R. S. R. I., & PAAIS, R. L. (2023). MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMA KEGURUAN KABUPATEN SORONG MELALUI PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH. In MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan (Vol. 3, Issue 1, pp. 106–117). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. https://doi.org/10.51878/manajerial.v3i1.2172
Ridho, M. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Proses Pembelajaran Era Pandemi Di Sekolah Dasar Islam Mohammad Hatta Lowokwaru Malang. In Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (Vol. 3, Issue 2, pp. 234–242). STAI Mahad Aly Al-Hikam Malang. https://doi.org/10.32478/leadership.v3i2.1144
Riyatiningrum, R., Egar, N., & Juliejantiningsih, Y. (2024). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Kerja dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Kompetensi Guru SMP Di Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo. In Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah (Vol. 5, Issue 1, pp. 23–33). PGRI Kota Semarang. https://doi.org/10.51874/jips.v5i1.179
SAMIUDDIN, S. (2022). UPAYA PENINGKATAN DISIPLIN KEHADIRAN GURU MELALUI KETELADANAN KEPALA SEKOLAH DI MTsN 3 BUTON TENGAH. In MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan (Vol. 2, Issue 2, pp. 238–246). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. https://doi.org/10.51878/manajerial.v2i2.1392
Samsudin, A. (2014). SUPERVISI AKADEMIK PEMBELAJARAN IPA MELALUI ICT BASED LESSON STUDY UNTUK MEMBANGUN LEARNING COMMUNITY GURU SD. In Mimbar Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 1). Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.867
Sari, D. P., Juliejantiningsih, Y., & Maryanto, M. (2024). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Komitmen Guru dan Peran Komite Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri. In Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah (Vol. 5, Issue 2, pp. 438–447). PGRI Kota Semarang. https://doi.org/10.51874/jips.v5i2.234
SETYOWATI, E. (2021). PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PENGEMBANGAN EVALUASI HASIL BELAJAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 5 SIDOREJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. In MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan (Vol. 1, Issue 2, pp. 182–188). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i2.657
Sumirat, S. (2019). PENGARUH SUPERVISI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN DI KECAMATAN CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN. In Edum Journal (Vol. 2, Issue 2, pp. 145–159). Universitas Wiralodra. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v2i2.43
Suroso, S. (2025). Pendampingan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Supervisi Akademik melalui Bimbingan Pelatihan di Era Kurikulum Merdeka. In SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business (Vol. 8, Issue 2, pp. 707–717). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pustek. https://doi.org/10.37481/sjr.v8i2.1168
Tersiana, A. (2018). Metode penelitian. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=rmL2DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA42&dq=metode+penelitian&ots=FvHxdrmMjR&sig=CARep3A5am9tEekyFHBNtAd-5NQ
Uli, R., Andayani, S., & Santoso, H. (2023). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA DI KECAMATAN KOTA AGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. In POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan (Vol. 3, Issue 1, pp. 58–69). Muhammadiyah Metro University. https://doi.org/10.24127/poace.v3i1.3419
Wibawani, E., YSH, A. Y. S., & Maryanto, M. (2024). Pengaruh Kompetensi Guru dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Kabupaten Jepara. In Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah (Vol. 5, Issue 1, pp. 278–286). PGRI Kota Semarang. https://doi.org/10.51874/jips.v5i1.226
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v14i1.26664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hijri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Organizational Collaboration:
Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:
Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







2.png)


