FUNGSI STRATEGIS PERENCANAAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SMAN 10 SIJUNJUNG
Abstract
Abstract
Strategic planning is an integral part of the educational management process. This process is essential in directing all institutional activities toward a systematic, measurable, and goal-oriented approach. This study aims to examine the strategic value of planning in enhancing the effectiveness of educational administration at SMAN 10 Sijunjung. It explores the planning process, its implementation, and its influence on the effectiveness of educational programs within the school.
This research employs a qualitative approach using a descriptive method. Data were collected through individual interviews with the principal, vice principals, teachers, and administrative staff, complemented by direct observations and a review of relevant written documents. The findings reveal that the strategic planning function at SMAN 10 Sijunjung includes forecasting educational needs, setting priorities, preparing budgets, and conducting evaluations. A participatory and comprehensive planning process has proven to improve the effectiveness of educational management, as evidenced by increased resource efficiency, the achievement of educational program objectives, and the enhancement of educational service quality.
Therefore, strategic planning is more than just a technical recommendation; it serves as a key driver for effective and sustainable education. This study recommends improving the planning competencies of all participants within the school system to ensure long-term sustainability and the continuous improvement of educational quality.
Keywords: Strategic planning, effectiveness, educational management, SMAN 10 Sijunjung
Abstrak
Perencanaan strategis merupakan bagian integral dari proses manajemen pendidikan. Proses ini sangat penting dalam mengarahkan seluruh kegiatan lembaga pendidikan menuju pendekatan yang sistematis, terukur, dan berorientasi pada tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai strategis perencanaan dalam meningkatkan efektivitas administrasi pendidikan di SMAN 10 Sijunjung. Penelitian ini membahas proses perencanaan, implementasinya, dan pengaruhnya terhadap efektivitas program pendidikan di sekolah.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secar individual dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, serta staf tata usaha, disertai dengan observasi lansung dan telaah terhadap dokumen tertulis yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi perencanaan strategis di SMAN 10 Sijunjung meliputi prediksi kebutuhan pendidikan, penetapan prioritas, penyusunan anggaran, dan pelaksanaan evaluasi. Perencanaan yang partisipatif dan menyeluruh telah terbukti meningkatkan efektivitas penyelenggaraan pendidikan, terbukti dari peningkatan efisiensi sumber daya, pencapaian tujuan program pendidikan, dan peningkatan kualitas layanan pendidikan.
Oleh karena itu, perencanaan strategis lebih dari sekadar rekomendasi teknis. Perencanaan strategis juga merupakan pendorong penting bagi pendidikan yang efektif dan berkelanjutan. Penelitian ini menyarankan peningkatan kemampuan perencanaan seluruh peserta dalam sistem sekolah guna memastikan kelangsungan jangka panjang dan peningkatan kualitas pendidikan.
Kata Kunci: Perencanaan strategis, efektivitas, manajemen pendidikan, SMAN 10 Sijunjung
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Terry, G. R. (2006). Prinsip-prinsip Manajemen (Terj. Winardi). Jakarta: Bumi Aksara.
Somantri, M. (2014). Perencanaan Pendidikan. IPB Press.
Winata, C., Anisha, D., Shaputra, D. A., Lubis, L. F. P., Bintang, N. D., & Ningsih, S. R. (2022). Strategi Perencanaan Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 4523–4529
Chindia, E. W., & Wainaina, G. (2014). Forecasting Techniques, Operating Environment and Accuracy of Performance Forecasting for Large Manufacturing Firms in Kenya. International Journal of Managerial Studies and Research, 02(7), 18–100
Makridakis, S., Hyndman, R. J., & Petropoulos, F. (2020). Forecasting in social settings: The state of the art. International Journal of Forecasting, 36(1), 15– 28. https://doi.org/10.1016/j.ijforecast.2019.05.011
Mayasari, N., Arifin, M. M., Purnomo, D., Dumiyati, Suyitno, M., Hikmah, N., Arjuna, Lestari, M. Z., Rachman, R. S., Ependi, N. H., Loilatu, S. H., Rispatiningsih, D. M., Rijal, S., Sholihannisa, L. U., & Sari, F. (2022). Perencanaan Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka dan Penulis.
Kasmawati. (2019). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Idaarah, 3(1), 138–147.
Yusuf, Syamsu. (2015). Perencanaan Pendidikan: Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta
Deity Meity Sumual, S., Pontoh, S., Kaparang, M., Nomel Kumajas, V., Pendidikan, M., Pascasarjana, P., Negeri Manado, U., Kampus Unima, J., Tondano Selatan, K., Minahasa, K., & Utara, S. (2024). Implementasi Planning Programming Budgeting System Dalam Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Journal on Education, 06(04), 18576–18586.
Fiani, R. G., Putri, S., Insyiroh, Q., Taka, V., & Fanani, I. (2021). THE EFFECT OF CLASS SCHEDULING ON THE STUDENTS’ ENGLISH PERFORMANCE. Edulitics Journal, 6(2). http://e-journal.unisda.ac.id
Zahid, Y., Dosen, I., Sunan, S., & Trenggalek, G. (n.d.). EVALUASI DAN PENGENDALIAN PENINGKATAN MUTU DAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. http://www.ririsatria.net/category/manajemen-organisasi,
S M Jurnal Kepengawasan, J. K., Dan Manajerial, S., Rila Fitriana Mustika, B., & Menengah Pertama Islam Terpadu Dhiyaul Islam Seruni Mumbul, S. (n.d.). EFEKTIVITAS PERENCANAAN STRATEGIS DALAM MANAJEMEN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. https://jurnalcendekia.id/index.php/jksm/
Maria, R., & Hadiyanto, H. (2021). Urgensi Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Pengembangan dan Mutu Pendidikan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2012–2024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.742
Suharsimi Arikunto: Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2006), 32.
Zepeda, S. J. (2012). The principal as instructional leader: A handbook for supervisors. Corwin Press.
Sarah Georetty Manullang. (2025). Penguatan Manajemen Satuan Pendidikan Dalam Mewujudkan Sekolah Bermutu Dan Berdaya Saing. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan Vol. 02 No. 02 Edisi Juli-September 2025 Hal. 641-645 https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jimp/index
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v14i2.26472
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Hijri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Organizational Collaboration:
Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:
Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







2.png)


