MODEL RIYADHAH DAN KETELADANAN DALAM PEMBINAAN AKHLAK DI SMP IT AL-KAFFAH BINJAI

Farid Maulana

Abstract


Abstrak: This research uses qualitative method. The process of collecting data using observation
techniques, interviews and document studies related to research. This research uses qualitative
analysis technique to analyze research with data exposure steps, reduction and conclusion.
This research aims to: 1) know the execution model riyadhah and exemplary in moral
guidance in SMP IT Al-Kaffah, technically can be seen starting from its planning, its implementation
and also evaluation to moral coaching. 2) to know the positive impact of moral character
building in SMP Al-Kaffah Binjai towards the moral development of students. 3) to know whether
the formation of morals through the model of riyadhah and exemplary that is implemented in
SMP Al-Kaffah Binjai has reached the expected goal.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
wawancara dan studi dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik
analisis kualitatif untuk menganalisis data penelitian dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi
data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan model
riyadhah dan keteladanan dalam pembinaan akhlak di SMP IT Al-Kaffah, secara teknis dapat dilihat
mulai dari perencanaannya, pelaksanaannya dan juga evaluasi terhadap pembinaan akhlak. 2) mengetahui
dampak positif dari pembinaan akhlak di SMP Al-Kaffah Binjai terhadap perkembangan akhlak siswa.
3) mengetahui apakah pembinaan akhlak melalui model riyadhah dan keteladanan yang dilaksanakan
di SMP Al-Kaffah Binjai sudah mencapai tujuan yang diharapkan.
Kata Kunci: Riyadhah, Keteladanan, dan Akhlak

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdullah, Amin, Falsafah Kalam: Di Era Postmodernisme, cet.III (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004)

Al-Ghazali, Abu Hamid, Ihya Ulum Al-Din (Bairut: Dar al-Fikr, 1989)

Al-Shaibany, Oemar Mohammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1979)

Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputra Press, 2002)

Al-Mubarakfury, Shafiyyur Rahman, Sirah Nabawiyah terj.Kathur Suhardi(Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2010)

Baca Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007, tentang Rencana

Pembangunan Jangka Panjang 2005-2025 (Jakarta:Sekretariat Negara, 2007)

Badan Pengembangan Pendidikan Yayasan al-Fida’, Manual Manajemen Pengembangan Sekolah SMPIT

Iqra’ (Bengkulu:Yaspen Al-Fida’, 2005)

Daulay, Haidar Putra, dan Nurgayasa Pasa, Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah; Kajian dari Zaman

Pertumbuhan Sampai Kebangkitan (Kencana :Jakarta, 2013)

Direktoral Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Depdiknas, Panduan Pengembangan SIlabus Mata Pelajaran PAI (Jakarta: Darul Falaq, 2001)

Hasan, Said Hamid, dkk, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa; Bahan pelatihan penguatan

Metodologi Pembelajaran Nilai-Nilai Budaya untuk membentuk Data Saing dan Karakter Bangsa

(Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas, 2010)

Hidayat, Komaruddin, “Defisit Moral Bernegara”, dalam Koran Sindo: Berita Utama, Jumat 6 Maret 2015

Ismail, Faisal, Paradigma Kebudayaan Islam (Yogyakarta: Titihan Ilahi Press, 1988)

Langgulung, Hasan, Asas-Asas Pendidikan Islam, cet.II (Jakarta:Pustaka Al-Husna, 1992)

Muhaimin, et.al., Paradigma Pendidikan Islam:Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah

(Bandung : Remaja Rosdakarya, 2001)

Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam (Bandung: Pustaka Setia, 2011)

Miskawaih, Ibnu, Menuju Kesempurnaan Akhlak (Bandung: Mizan, 1994)

Ma’luf, Louis, al-Munjid fi al-Lughah wa al-A’lam (Bairut : Dar al-Masyriq, 1989)

Maskawaih, Ibnu, Tahzib al-Akhlaq wa Tathhir al-A’lam. Terj (Mesir: al-Husaini, 1329)

Munawir, A.W. Kamus Al-Munawir Arab-Indonesia Terlengkap (Jakarta:Pustaka Progresif, 1997)

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung:Remaja Rosda Karya,2007)

Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam dengan pendekatan Multidisipliner (Jakarta: Rajawali Pers,2010)

Republik Indonesia, Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa (Jakarta: Kemko Kesejahteraan

AT-TAZAKKI Vol. 1 No. 1 Juli - Desember 2017

FARID MAULANA: MODEL RIYADHAH DAN KETELADANAN DALAM PEMBINAAN AKHLAK

Rakyat, 2010)

Rahmad, Fuju, dan Bambang, Merajut Benang Hidayah Allah, (Medan: Manhaji, 2015)

Sulaiman, Fathiyah Hasan, Aliran-Aliran dalam Pendidikan:Studi tentang Aliran Pendidikan Menurut Al-

Ghazali, terj. Agil Husain al-Munawar dan Hadri Hasan (Semarang:Dina Utama, 1993)

Suprijono, Agus, Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi Paikem (Yogyakarta: Pustaka Belajar,

, cet.v)

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Standar Proses Pendidikan (Jakarta:Kencana Prenada Media

Group, 2007)

Salim dan Syahrun, Metodelogi Penelitian Kualitatif (Bandung: Cita Pustaka Media, 2007)

Singaribuan, Masri dan Soffian Effendi, Metode Penelitian Survey (Yogyakarta: LP3S, 1982)

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&G (Bandung: Alfabeta, 2012)

Zainuddin, Seluk Beluk dari Pemikiran Al-Ghazali, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991)

Zuhairi, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 1995)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.