APLIKASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MADRASAH ALIYAH KECAMATAN MEDAN SUNGGAL

Anwar Sadad

Abstract


Abstrak: This study aims to determine the knowledge and understanding of teachers on the Curriculum
Level of Education Unit, the implementation of Education Unit Level Curriculum in the learning
program, the implementation of the learning evaluation of Education Unit Level Curriculum, the constraints
faced by teachers in the implementation of Education Unit Level Curriculum, and efforts to
overcome the obstacles of curriculum implementation Level of Education Unit on learning in Madrasah
Aliyah Medan Sunggal District.This research uses qualitative research methods in order to reveal in
depth data and facts about the application. Education Unit Level Curriculum (KTSP) in Madrasah
Aliyah Medan Sunggal District. Data collection techniques used observation, interview, documentation
study. Data analysis technique used is to process and analyze research data using qualitative research
procedure, that is by explaining or explaining result of this research as it is and draw conclusion by
using deductive method.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman guru tentang Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan, pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam program pembelajaran,
pelaksanaan evaluasi pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, kendala yang dihadapi
oleh guru dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, dan upaya mengatasi kendala
pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada pembelajaran di Madrasah Aliyah Kecamatan
Medan Sunggal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam rangka mengungkapkan
secara mendalam data dan fakta tentang aplikasi.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di
Madrasah Aliyah Kecamatan Medan Sunggal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah mengolah dan menganalisa data
penelitian menggunakan prosedur penelitian kualitatif, yakni dengan menjelaskan atau memaparkan
hasil penelitian ini apa adanya serta menarik kesimpulan dengan menggunakan metode deduktif.
Kata Kunci : Aplikasi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Al-Aliyy, Al-Qur’an dan Terjemahannya (Bandung : Diponegoro, 2005)

Anderson, E. James, Public Policy Making, Cet. Pertama (New York: Holt Rinehart and Winston, 1979)

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis cet. XIII (Jakarta : Rineka Cipta, 2006)

Badan Standar Nasional Pendidikan, Penyusunan KTSP Kabupaten/Kota; Panduan Penyusunan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

(Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, 2006)

BNSP 2006, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah (Jakarta : BNSP, 2006)

Baedhowi, Kebijakan Pengembangan Kurikulum, Makalah disajikan dalam Seminar Nasional KTSP,

UNNES, Semarang, 15 Maret 2007

Daarmodjo, Setyo, Public Policy: Pengertian Pokok untuk Memahami dan Analisa Kebijakan Pemerintah,

Cet. Pertama (Surabaya: Airlangga University Press. 2000)

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta : Penerbit Rineka Cipta, 2009)

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Depag RI, Kumpulan Undang-undanng dan Peraturan Pemerintah

RI Tentang Pendidikan (Jakarta: Depag RI, 2007)

Fatah, Nanang, Landasan Pengembangan Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2006)

ANWAR SADAD: APLIKASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Halomoan, Penyusunan Dokumen KTSP (Medan : Media Persada, 2011)

Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2006)

Hari, Bayu Sapta, Guru dan Kurikulum dalam Sistem Pendidikan Nasional, Juni 2016, online : www.google.com

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum KTSP (Jakarta: Rajawali Pers, 2009)

Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan suatu Analisa Psikologi Pendidikan (Jakarta: Pustaka Al-

Husna, 2000)

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007)

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan (Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2007)

______Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007)

Mulyadi, Usman, J. Mandalika, Dasar-Dasar Kurikulum (Surabaya : SIC, 2004)

Nk, Rostiyah, Didaktik Metodik (Jakarta : Bina Aksara, 1989)

Namsa, Yunus, Metodologi Pengajaran Agama Islam (Jakarta: Pustaka Pirdaus, 2000)

Nurdin, Syafruddin, Ilmu Pendekatan Persfektif Baru Rekonstruksi Budaya Abad XXI (Bandung : Cita Pustaka, 2005)

Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis (Bandung : Remaja Rosda Karya, 2005)

Rosyadi, Khiron, Pendidikan Profetik (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004)

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2001)

Sanjaya, Wina, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (Jakarta : Kencana, 2006)

Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktik Cetakan kedua belas (Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2010)

Sadly, Dja’far, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta : Citapustaka Media, 2006)

Sanjana, Wina, Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007)

Saodih, Nana, Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi, (Bandung : Remaja Rosda Karya, 2004)

Supartini, Elis, Motivasi Kerja Guru dalam Mengembangkan Kurikulum di Sekolah, Juni 2016, online :

www.google.com

Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran (Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan (KTSP) (Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2008)

Undang-undang RI No 4 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen & Peraturan Mediknas No 11 Tahun

(Bandung: Citra Umbara, 2006)

Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Edisi Kedua (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2006)

Uno, Hamzah B, Profesi Kependidikan Problema Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia , cet. II

(Jakarta: Bumi Aksara, 2008)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.