PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH DI MTS PONDOK PESANTREN MODERN BABUSSALAM KABUPATEN LANGKAT

Zakaria Zakaria

Abstract


Abstrak: This research was conducted in Private Junior high school cottage of modern boarding
Babussalam district Langkat Regency. This type of research is quantitative research. The problem raised
in this research is the influence of Role playing method on the motivation and student learning outcomes
in Private Junior high school cottage of modern boarding Babussalam district Langkat Regency.
This study aims to determine whether the Role playing method has a positive and significant influence
with the Motivational Learning Jurisprudence in MTs. Pondok Pesantren Modern Babussalam Langkat
Regency. To know the method of Role playing has a positive and significant influence with Fikih Learning
Outcomes in MTs.Pondok Pesantren Modern Babussalam Langkat Regency, and to know whether Role
playing has a positive and significant influence with Fikih Learning Outcomes in MTs. Pondok Pesantren
Modern Babussalam Langkat Regency.
Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Pondok Pesantren Modern Babussalam
Kabupaten langkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Permasalahan yang diangkat
dalam penelitian ini adalah pengaruh MetodeRole playing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa
di Madrasah Tsanawiyah Swasta Pondok Pesantren Modern Babussalam Kabupaten langkat.
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah Metode Role playing mempunyai pengaruh yang positif
dan signifikan dengan Motivasi Belajar Fikih di MTs. Pondok Pesantren Modern Babussalam Kabupaten
Langkat. Untuk mengetahui Metode Role playing mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan
dengan Hasil Belajar Fikih di MTs.Pondok Pesantren Modern Babussalam Kabupaten Langkat, dan
Untuk mengetahui apakah Role playing mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan dengan
Hasil Belajar Fikih di MTs. Pondok Pesantren Modern Babussalam KabupatenLangkat.
Kata Kunci: Role Player, Motivasi dan Belajar

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdurrahman,Mulyono, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)

Al-Bukhari., Shahihu al-Bukhari Juz. 9 Cet -1(Cairo: Daar Thauq al-Najaah, 1422 H/2002 M)

Ali, Muhammad, Kamus Besar Bahasa Indonesia Modern (Surabaya: Balai Pustaka Aman, 2003)

Ardhana, Wayan, Metode Statistik (Surabaya: Usaha Nasional, 1982)

Djamarah, Syaiful Bahri, & Aswan Zain. Metode Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Djamarah, Syaiful Bahri, Rahasia Sukses Belajar, Cet-1, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002)

Dalyono, M, Psikologi Pendidikan (Jakarta: PT Rineka Cipta,1997)

Dananjaya, Utomo, Media Pembelajaran Aktif, Cet-3 ( Bandung: Nuansa Cendekia, 2013)

Dimyati, Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta,2006)

Haidir & Salim, Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar

Siswa Secara Transformatif), cet-1, (Medan: Perdana Publishing, 2012)

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara, 2004)

Imron, Ali, Belajar dan Pembelajaran, , Cet-1 (Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 1996)

Iska, Zikri Neni, Psikologi ( Pengantar Pemahaman Diri dan Lingkungan), (Jakarta: Kizi Brother’s, 2006)

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Cet-3 (Medan: Media Persada, 2012)

Mardianto, Psikologi Pendidikan (Medan: Perdana Publishing, 2012)

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011)

Rahman, Abdul, Psikologi Suatu Pengantar dal Perspektif Islam (Jakarta: kencana, 2009)

Sanjaya, Wina, Metode Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cet-8 (Jakarta: Kencana. 2011)

Santrock, Jhon W. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua (Jakarta: Prenada Media Group, 2007)

Sardirman, AM, Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.