IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN ASRAMA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRIWATI DI ASRAMA BAHASA ARAB HUBBUL WATHAN MEDAN

Delima Astri Pertiwi

Abstract


Abstrak: The purpose of this research is to determine the formulation of educational programs
dormitory, to find out the programs education dormitory, and find out the program education evaluation
dormitory to improving students spiritual intelligence Hubbul Arabic Wathan Medan. The
findings of this research are three, namely: (1) Formulation of Dormitory Education Program in
Improving Santriwati Spiritual Intelligence in Arabic Dormitory Hubbul Wathan Medan is to plan
positive and useful activities for santriwati, in formulating a program, Conduct deliberation. One of
them is with education programs such as learning Arabic, learning the Qur’an and tajwid, praying in
congregation on time, dhikr, reading yasin, learning discipline and responsible with obligations,
muhadharah, qasam and rihlah. (2) Implementation of Dormitory Education Program in Improving
Santriwati Spiritual Intelligence in Arabic Dormitory Hubbul Wathan Medan by arranging all schedules
of santriwati, regularly. In addition, the implementation of all activities in the dormitory closely
supervised by the chairman of the board members and guided by the ustadzah. (3) Evaluation of
Dormitory Education Program in Improving the Spiritual Intelligence of Santriwati in Arabic Dormitory
Hubbul Wathan Medan applied by dormitory can be known based on the absence of all santriwati
activities every month, through the absence will be easy to know whether santriwati discipline is
getting better or earlier and evaluation of education program Dormitories can also be known from
the final exam results santriwati every year.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perumusan program pendidikan asrama, mengetahui pelaksanaan
program pendidikan asrama, dan mengetahui evaluasi program pendidikan asrama dalam meningkatkan
kecerdasan spiritual santriwati di asrama bahasa arab Hubbul Wathan Medan.Temuan penelitian ini
ada tiga, yaitu: (1) Perumusan Program Pendidikan Asrama dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual
Santriwati di Asrama Bahasa Arab Hubbul Wathan Medan adalah dengan merencanakan kegiatankegiatan
yang bermanfaat dan bernilai positif bagi santriwati, dalam merumuskan sebuah program,
pihak pengurus asrama sebelumnya melakukan musyawarah. Salah satunya ialah dengan program
pendidikan seperti belajar berbahasa arab, belajar alquran serta tajwid, shalat berjamaah tepat waktu,
berdzikir, membaca yasin, belajar disiplin dan bertanggung jawab dengan kewajiban, muhadharah,
DELIMA ASTRI PERTIWI: IMPLEMENTASI PROGRAM ASRAMA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL
3
AT-TAZAKKI: Vol. 1 No. 1 Juli - Desember 2017
102
qasam dan rihlah. (2) Pelaksanaan Program Pendidikan Asrama dalam Meningkatkan Kecerdasan
Spiritual Santriwati di Asrama Bahasa Arab Hubbul Wathan Medan dengan cara mengatur semua
jadwal para santriwati, dengan teratur. Selain itu pelaksanaan semua kegiatan di asrama diawasi dengan
ketat oleh ketua dari anggota pengurus dan dipandu oleh para ustadzah. (3) Evaluasi Program Pendidikan
Asrama dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santriwati di Asrama Bahasa Arab Hubbul Wathan
Medan yang diterapkan asrama dapat diketahui berdasarkan absensi semua kegiatan santriwati setiap
bulannya, melalui absensi akan mudah diketahui apakah disipilin santriwati semakin hari semakin
baik ataukah sebelumnya dan evaluasi program pendidikan asrama juga dapat diketahui dari hasil
ujian akhir santriwati setiap tahunnya.
Kata Kunci: Program Pendidikan Asrama, Kecerdasan Spiritual

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

A.S, Ridwan, Pendidikan Karakter di Pesantren (Bandung Citapustaka Media Perintis, 2011)

Blanchar, K. and Paul Hersey, Management of Organization behavior: Unitilizing Human Resources

(Prentice Hall: New Jersey, 2001)

Daulay, Haidar Putra, Kapita Selekta Pendidikan Islam (Medan Perdana, 2012)

Fatah, Rohadi Abdul, Rekonstruksi Pesantren Masa depan (Jakarta Listafariska Putra, 2005)

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Jakarta Raja Grafindo Persada, 2012)

Haedari, dkk, Masa Depan Pesantren Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global

(Jakarta IRD PRES, 2004)

Hakim, Asrul, Metodologi Penelitian (Jakarta: Pustaka Ilmu, 2001)Nana Syaodih Sukadinata, Metode

Penelitian Pendidikan, Cet. Ke 2, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)

Khamdiyah, Sistem Boarding School Dalam Pendidikan Karakter Siswa Kelas VII MTs Nurul Ummah,

Kotagede Yogyakarta. Tesis

Khairiyah, Nikmatul, Manajemen Pembelajaran Boarding School di MAN 1 Kabupaten Magelang Tahun

Pelajaran 2013/2014. Magelang: 2014. Tesis

Khamdiyah, Sistem Boarding School Dalam Pendidikan Karakter Siswa Kelas VII MTs Nurul Ummah,

Kotagede Yogyakarta. Tesis

Mukhtar, Aziz, Metodologi Penelitian (Jakarta: Suara Publikasi Ilmu, 2001)

Martini, Sri, Pengaruh Program Asrama terhadap Motivasi Belajar ditinjau dari Kecerdasan Emosi, Purwodadi.

Tesis.

Sudjana, Djudju, Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014)

AT-TAZAKKI Vol. 1 No. 1 Juli - Desember 2017

DELIMA ASTRI PERTIWI: IMPLEMENTASI PROGRAM ASRAMA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL

Sujarwo, Imam, Manajemen Asrama Sekolah berbasis Pendidikan Karakter. (Studi Multi Kasusdi MA

Unggulan Amanatul Ummah Surabaya, SMA Ar-Rohmah Dau Malang dan MA Nurul Jadid

Palton Probolinggo). Disertasi

Suyoto, Manajemen Organisasi (Bandung RajawaliPers Univercity, 2002)

Syah, Darwyn, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam (Jakarta Gaung Persada, 2007)

Syafaruddin, dkk, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta Hijri Pustaka Utama, 2016)

Salim dan syahrum, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Citapustaka Media, 2016)

S, Sri Martini, Pengaruh program Asrama Terhadap Motivasi Belajar di tinjau dari Kecerasan Emosi. 2014,

Tesis

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Cet. Ke-2 (Bandung: Remaja Rosdakarya,

Siddik, Dja’far, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam (Bandung Citapustaka Media Perintis, 2011)

Tim Ganeca Sains Bandung, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (Bandung Penabur Ilmu, 2008)

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam (Bandung Remaja Rosdakarya, 2008, cet. Ke 8

Zaprulkhan, Filsafat Islam Sebuah Kajian Tematik (Jakarta Raja Grafindo, 2014)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.