PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN BELAJAR ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AMAL SHALEH MEDAN

Nurbiah Pohan

Abstract


Abstrak: This study aims to determine: 1) planning guidance to learn cognitive, affective and
psychomotor of students who do, 2) how coaching learn of cognitive, affective and psychomotor
students by akidah akhlak teachers, 3) the factors supporting and the resist of guiding learning
aspects cognitive, affective and psychomotor for students. Data collection techniques by observation,
interview and document research, data sources, data analysis and scrutiny validity of the data that
refers to qualitative research. The findings showed that: Implementation of guiding learning cognitive
aspects of students in MIS Amal Salih Medan implemented by: classical teaching, motivating to
students before start of learning, deliver material by means of a lecture,embrace loveand question
and answer, using teaching materials from textbooks and worksheets, assign work to students; for
affective means used is a direct rebuke and advise students who do wrong and to use an exemplary
method; whereas for psychomotor use a method of demonstration and did tutoring each study, only
adapted to the material, such as the Asmaul Husna. Guidance psychomotor aspect is also done when
they wanted to hold an event and program Duha prayer. The factors supporting are school building
(infrastructure) is complete, media learning and classroom management are sufficient. While the
inhibiting factors relating to; students’ motivation, the students’ attention to the lesson, family, economy,
completeness learning tools and teacher.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perencanaan pembimbingan belajar aspek kognitif,
afektif dan psikomotorik siswa yang dilakukan, 2) cara pembimbingan belajar aspek kognitif, afektif
dan psikomotorik siswa yang dilakukan guru akidah akhlak, 3) faktor pendukung dan penghambat
pembimbingan belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Teknik pengumpulan data
dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen, sumber data, analisa data dan pencermatan
keabsahan data yang mengacu pada penelitian kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa:
Pelaksanaan pembimbingan belajar aspek kognitif siswa di MIS Amal Shaleh Medan dilaksanakan
dengan cara: klasikal dalam mengajar, memberikan motivasi kepada siswa sebelum mulai pembelajaran,
menyampaikan materi dengan memakai metode ceramah, rangkulan kasih sayang dan tanya jawab,
memakai bahan pengajaran dari buku pelajaran dan LKS, memberikan tugas kepada siswa;
NURBIAH POHAN: PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK
3
AT-TAZAKKI: Vol. 1 No. 1 Juli - Desember 2017
untuk aspek afektif cara yang digunakan adalah langsung menegur dan menasehati siswa yang
berbuat salah dan memakai metode teladan; sedangkan untuk aspek psikomotorik memakai metode
demonstrasi dan tidak melakukan bimbingan belajar setiap belajar, hanya saja disesuaikan dengan
materi, misalnya asmaul husna. Bimbingan aspek psikomotorik juga dilakukan ketika hendak mengadakan
acara dan program salat dhuha. Faktor pendukung adalah gedung sekolah (sarana prasarana) yang
lengkap, media pembelajaran dan pengelolaan kelas yang cukup memadai. Sedangkan faktor penghambatnya
berkaitan dengan; motivasi belajar siswa, perhatian siswa terhadap pelajaran, keluarga, ekonomi,
kelengkapan alat-alat belajar dan guru.
Kata Kunci: Pembimbingan Belajar, Kognitif, Afektif dan Psikomotorik

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Bintang Indonesia, 2011.

Arifin, Anwar.Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Dalam Undang-Undang Sisdiknas

(Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003.

Decaprio, Richard.Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press, 2013.

NURBIAH POHAN: PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK

AT-TAZAKKI Vol. 1 No. 1 Juli - Desember 2017

Departemen Pendidikan Nasional.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama, 2008.

Hasan, Chalidjah. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: Al-Ikhlas, 1994.

Kadir,Abdul Dkk.Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Moleong,Lexy J.Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya, 2012.

Muhammad Irham dan Navan Ardy Wiyani.Bimbingan dan Konseling.Yokyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Nurihsan, Achmad Juntika. Bimbingan dan Konseling (Bandung:Refika Aditama, 2006.

Prayetno dan Erman Amti.Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:Rineka Cipta, 2004.

Purwanto, M.Ngalim.Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran: di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group, 2013.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Syamsu Yusuf L.N dan Nani M.Sugandhi. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo

Persada, 2011), h. 61-62.

Undang-Undang Pendidikan Tinggi, Edisi Terbaru. Bandung: Fokusindo Mandiri, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.