NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAT AL-ISRAA’

Sofa Mudana

Abstract


Abstrak: This study aims to reveal the values of moral education in Surah Al-Isra ‘. There are two issues
in this study, they are: What are the values of Moral Education in Surah Al-Isra ‘? Then; What is the
application of the values of moral education in Surah Al-Isra ‘in life? The method of this research is using
the qualitative, by descriptioning in words and language in a special context naturally and by utilizing
various scientific methods. The findings of this research are: Qur’an is a source of science and education,
especially in moral education, a lot of norms that must be executed in this life. In Surah al-Isra ‘there are
some moral education among them: the importance value of devote the parents, the suggestion of doing
good to the relatives, the prohibition of extravagant, the prohibition of mischief and prohibition of arrogant.
Suggestion and prohibitions if violated will get sanctions, in the social and in the hereafter. In
Islamic world of education, there should be an emphasis in moral studies related to Surah al-Isra.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam
Surah Al-Isra’. Ada dua pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu: Apa saja nilai-nilai
Pendidikan Akhlak yang terkandung dalam surat Al-Isra’? dan; Bagaimana aplikasi nilai-nilai pendidikan
akhlak yang terkandung dalam surat Al-Isra’ dalam kehidupan? Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa
pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Adapun
temuan penelitian ini adalah: Alquran sebagai sumber ilmu pengetahuan dan pendidikan terutama
dalam pendidikan akhlak, banyak sekali norma-norma yang harus dijalankan dalam kehidupan ini.
Dalam surat al-Isra’ ada beberapa pendidikan akhlak di antaranya: penanaman nilai-nilai birul walidaini,
anjuran memberi hak kepada kerabat, larangan berbuat boros (mubazir), larangan bersifat kikir
(bakhil) dan larangan bersifat sombong. Anjuran dan larangan tersebut tentunya apabila dilanggar
akan mendapatkan sanksi baik sosial maupun di akhirat nanti. Dalam dunia pendidikan Islam, sudah
sepatutnya ada penekanan dalam bidang studi akhlak terkait dengan surat al-Isra’ ini.
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan, Akhlak

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Attas, Muhammad Naquib. Konsep Pendidikan dalam Islam, Terj. Haidar Bagir. Bandung: Mizan, 1994.

Aly, Hery Noer. dan Munzier, Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani, 2003.

Amin, Ahmad. Kitab Al Akhlak. Kairo: Dar Al Kutub Al Misyriyah, t.t.

Amal, Taufik Adnan. Rekonstruksi sejarah Alquran. Jakarta: Pustaka Alvabet, 2005.

Anwar, Rosihan. Akhlak Tassawuf. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Asmaran AS, Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Rajawali press, 1992.

RAMADHANI HASIBUAN: AKHLAK SISWA DI MAL UIN SUMATERA UTARA

Abdul Azhim, Ukhuwah Imaniyyah Persaudaraaan Iman. Jakarta: Qisthi, 2005.

Arifin, Achmad Yani. Berbakti Kepada Orangtua. Yogyakarta: Insan Madani, 2008.

AR., Zahruddin. dan Hasanuddin Sinaga, Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2004.

Alu Syaikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq. Lubaib Tafsir Min Ibni Katsir. Kairo: Mu’assasah, 1994.

Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyah. Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2003.

Al-Asqalani, Ibnu Hajar. Fath al-Bari Fi Syarh Shahih al-Bukhari. Cairo: Dar al-Hadis, 1999.

Baidan, Nashruddin. Metode Penafsiran Ayat-Ayat yang Beredaski Mirip di dalam Al Qur’an. Pekanbaru: Fajar Harapan, 1993.

Baraja, Umar bin Ahmad. Akhlak lil Banin: Lithullabi al-Madaris al-Islamiyah bi Indunisia. Surabaya: Muhammad bin

Ahmad, t.t.

Bin Hanbal, Ahmad. Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal. t.t.p.: Muassasah ar-Risalah, 1999.

Al-Bukhari, Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah al-Ja’fi. Al-Jami’ al-Musnad ash-Shahih

al-Mukhtashar Min Umur Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam Wasunanihi Waayamihi. t.t.p.: Dar

Thawaq an-Najah, 1422 H.

Al-Baihaqi, Abu Bakar Ahmad bin al-Husin. Sya’b al-Iman. Beirut: Dar al-Kitab al-Ilmiah, 1410 H.

Daradjat, Zakiah. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama, 1995.

____________. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi aksara, dan Dirjen Binbaga Islam, 1992.

____________. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1993.

Departemen Agama Republik Indonesia, Terjemahan Alquran. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia, t.t.

Al-Farmawi, Abd. Al-Hay. Bidayah Fiy al-Tafsir al-Maudhu’i. Kairo: Hadrat al-Gharbiyah, 1977.

____________. Metode Tafsir Mudhu’i. Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Al-Fauzan, Abdul Aziz. Fikih Sosial Tuntunan dan Etika Hidup Bermasyarakat. Jakarta: Qisthi Press, 2007.

Al-Fauzan, Abdul Aziz Ibnu Shalih. Fiqh at-Ta’amul Ma’a an-nas, terj. Iman Firdaus. Jakarta: Qisthi, 2007

Al-Faruqi, Ismail R. Al Tawhid: Its Implications for Thought and Life. Virginia: International Institute of Islamic Thouht

Herndon, 1992.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2012.

Al-Ghazali, Mutiara Ihya ’Ulumuddin. Bandung: Mizan, 1997.

Al-Ghazali, Muhammad. Berdialog dengan Alquran. Bandung: Mizan, 1999.

Hakim, Abdul Hamid. As-Sullam. Jakarta: Sa’adiyyah Putra, 2005.

Hamka, Tafsir Al-azhar. Jakarta: Gema Insani, 2015.

Idris, Sahara. Dasar-Dasar Kependidikan. Padang: Ankasa Raya, 1987.

Jalal, Abdul Fattah. Azas-Azas Pendidikan Islam, terj. Harry Nur Ali. Bandung: CV. Diponegoro, 1988.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan