MODERNISASI SISTEM PEMBELAJARAN FIKIH DAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH ALIYAH ULUMUL QUR’AN KOTA LANGSA

Rabiatul Adawiyah

Abstract


Abstrak: This study aims to determine the modernization of learning systems that have been done by
teachers Fiqh and indonesian language in Madrasah Aliyah Ulumul Quran Langsa, To know the steps in
modernization of learning system of Fiqh and indonesian language in Madrasah Aliyah Ulumul Quran
Langsa, To know the constraints faced and the solution in the modernization of the system of learning Fiqh
and indonesian language in Madrasah Aliyah Ulumul Quran Langsa. The method of research is qualitative
descriptive, which became the instrument is a tool the researchers themselves, the data obtained from two
sources, namely primary data sources and secondary data sources. With the technique of collecting data
through observation, interviews and documentation, as for the data analysis techniques performed data
reduction (data collection), data presentation, and conclusion. Technique authenticity of data is done with
credibility, transferability, dependability and confirmability.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui modernisasi sistem pembelajaran yang telah dilakukan oleh
guru Fikih dan Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Ulumul Quran Kota Langsa, untuk mengetahui
langkah-langkah dalam modernisasi sistem pembelajaran Fikih dan Bahasa Indonesia di Madrasah
Aliyah Ulumul Quran Kota Langsa, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan solusinya dalam
modernisasi sistem pembelajaran Fikih dan Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Ulumul Quran Kota
Langsa. Adapun metode penelitian adalah kualitatif deskriptif, yang menjadi instrumen adalah peneliti
sendiri, data yang diperoleh dari dua sumber yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.
Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun teknik
analisis data dilakukan secara reduksi data (pengumpulan data), penyajian data, dan kesimpulan.
Teknik keabsahan data dilakukan dengan kepercayaan (crebility); dapat ditransfer (transferability);
dapat dipegang kebenarannya (dependability); dapat dikonfirmasikan (confirmability).
Kata Kunci: Modernisasi, Sistem, dan Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Jurjani, Abu Hasan, al-Ta’rifat. Musthafa Al-Baab al-Halaabi: Mesir, 1938.

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad, Al-Musthashfa min ilm al Ushul. Syirkah

al-Tiba’ah al-Fanniyah al-Mutahidah: Mesir, 1971.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Jakarta:

Logos, 1999

Daulay, Haidar Putra .Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia cet ke-4.

Jakarta: Kencana Prenamedia Group, 2014.

Djazuli, Ilmu Fiqh: Penggalian, Perkembangan, dan Penerapan Hukum Islam. Jakarta: Kencana,

Gazalba, Sidi. Modernisasi dalam Persoalan: Bagaimana Sikap Islam. Jakarta: PT. Bulan Bintang.

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara,

Hamalik, Omar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Hafsah, Pembelajaran Fikih. Bandung: Citapustaka Media, 2013

Ihsan, A. Bakir. “Modernisme, “ dalam Nina M Armando (et al), Ensiklopedi Islam. Jakarta:

Ichtiar Baru Van Hoeve, 2005

Imam Jalaluddin as-Suyuti, Shahih Muslim. tt: Dar al-Fikr, tt

Khon, Abdul Majid. Hadis Tarbawi: Hadis-Hadis Pendidikan. Jakarta: Kencana,2012.

RABIATUL ADAWIYAH: MODERNISASI SISTEM PEMBELAJARAN FIKIH DAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH

Lubis, Saiful Akhyar. Profesi Keguruan. Bandung: Citapustaka Media Perintis,2010.

Madjid, Nurcholis .Islam Kemoderenan dan Keindonesiaan, Cet. Kedua.Bandung: Mizan, 1998

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman, Qualitative Data Analysis,Penerjemah: Tjetjep

Rohendi Rohidi, Analisis Data Kualitati f: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru

cet ke-1. Jakarta: UI-Press, 1992.

Nata, Abudin. Tafsir ayat-ayat Pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada, 2002.

Nasution, Harun. Pembaruan dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan,Jakarta: Bulan Bintang,

Sanjaya, Wina. Kurikulum Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan (KTSP) cet ke: 3. Jakarta: Kencana, 2010.

____________ Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana,

____________ Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2011.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sardiman,. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011.

Shihab, Quraish. Tafsir al-Mishbah. Jakarta: Lentera Hati, 2003

Syifurrahman dan Tri Ujiati, Manjemen dalam Pembelajaran, cet ke-1. Jakarta: PT. Indeks,

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v1i1.847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan