IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM MEWUJUDKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI DI SMA AN-NIZAM MEDAN

Attarikhul Kabir

Abstract


Abstrak: The problems that emerged in this study is the lack of teachers mastering competencies such as
pedagogic competence. The purpose of this study to determine the implementation of pedagogic competence
in realizing learning strategies and some basic competencies that must be controlled by an educator.
This research method using qualitative research and approach used descriptive method, that is describe
and analyze the implementation of teacher supervise in improving pedagogic competence in realizing
strategy of learning teacher of PAI. The approach used in qualitative research. Where the data collected is
poured in the form of a description.
Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah kurangnya guru menguasai kompetensikompetensi
diantaranya kompetensi pedagogik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan
kompetensi pedagogik dalam mewujudkan strategi pembelajaran dan beberapa kompetensi dasar
yang harus dikuasi oleh seorang pendidik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
dan pendekatan yang digunakan metode deskriktif, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan
supervise pengajar dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dalam mewujudkan strategi pembelajaran
guru PAI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian kualitatif. Di mana data-data yang dikumpulkan
dituangkan dalam bentuk uraian.
Kata Kunci: Kopetensi Pedagogik, Strategi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru Dan Anak Didik Dalam Intraksi Edukatif: Suatu pendekatan Teoritis

Psikologis, cet. 2 (Jakarta: Reneka Cipta, 2005), h. 36.

Undang-undang Republik Indonesia, No 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bab XI,

Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pasal 39, ayat 2.

Undang-undang Republik Indonesia, No 14 Tahun 2005 Guru dan Dosen. Bab IV, pasal 10 ayat 1

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No. 74, Tahun 2005, bab II, Pasal III, ayat 4.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No 74 Tahun 2008, Tentang Guru. Bab II, Pasal 3, ayat 4.

ATTARIKHUL KABIR: IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM MEWUJUDKAN STRATEGI PEMBELAJARAN

Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Cet. Ke 5 Bandung: Remaja Rosdakarja, 2011.

Halimah Siti, Strategi Pembelajaran: Pola dan Strategi Pengembangan dalam KTSP Bandung: Citapustaka

Media Perintis, 2008.

Danim Sudarwan, profesionalisme dan Etika Profesi Guru Bandung: Alfabeta, 2010.

Fathurrohman Pupuh, Guru Profesional Bandung: Rafika Aditama, 2012.

Yahya Murip, Profesi Tenaga Kependidikan Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Sitorus Marganti, Metodologi Penelitian Pendidikan Islam (Medan: IAIN Press, 2011.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Azwar Saifuddin, Metode Penelitian IKAPI: Putaka Pelajar Offset, 1998

Tohiri, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling Pendekatan Praktis

untuk Peneliti Pemula da Dilengkapi dengan Contoh Transkip Hasil Wawancara Serta Model

Penyajian Data Jakarta: Rajawali Pers, Ed. 1, Cet. 3, 2013.

Emzir, Metode Penelitian IKAPI: Pustaka Pelajar Offset, 1998.

Arikunto, Metode Penelitian: Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Sugiyono,Metode Penelitian Administrasi Bandung: Alfabeta, 2007.

Afrizal, Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam

Berbagai Disiplin Ilmu Jakarta: Rajawali Pers, Ed. 1, Cet. 2, 2015.

Nazir Moh, Metode Penelitian Perpustakaan Nasional: KDT, Cet. 3, 1993.

Matthew B Miles dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode

Baru Jakarta: UI-Press, 1992.

Engkoswara dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

O.,Hamalik,. Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan