LEARNING SYSTEM OF TAH}FI>Z} AL-QUR'A>N AT ISLAMIC BOARDING SCHOOL AL-MAJIDIYAH BAGAN BATU ROKAN HILIR RIAU

Mar'atun Soleha, Hasan Asari, Wahyuddin Nur Nasution

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang sistem pembelajaran tahfiz al-Qur'an di Pondok Pesantren Al-Majidiyah Bagan Batu Rokan Hilir Riau. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber informasi penelitian ini adalah pimpinan pondok pesantren, para ustaz dan ustazah, di antaranya; kepala madrasah Tsanawiyah, kepala bagian tahfiz Alquran, pembimbing tahfiz, dan para santri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Temuan dalam penelitian ini ada empat, yaitu: (1) Sistem pembelajaran tahfiz al-Qur'an pondok pesantren Al-Majidiyah memiliki dua program tahfiz, yaitu tahfiz umum dan program unggulan yaitu tahfiz khusus 30 juz, sistem pembelajaran tahfiz al-Qur'an di pondok pesantren ini terdiri dari beberapa sub sistem diantaranya adanya tujuan, pendidik, peserta didik, metode serta evaluasi yang dilakukan dalam programnya. (2) Metode yang digunakan dalam pelaksanaan tahfiz al-Qur'an di pondok ini terdiri dari bin-nazhar, mujawwadah (musyafahah), muraja’ah dan imtihan. (3) Faktor pendukung sistem pembelajaran tahfiz al-Qur'an pondok pesantren Al-Majidiyah berupa penargetan hafalan kepada santri, lingkungan menghafal, waktu mengahafal serta minat dari dalam diri santri.(4) faktor-faktor penghambat dalam sistem pembelajaran tahfiz al-Qur'an pondok pesantren Al-Majidiyah dapat timbul dari dalam diri maupun luar diri santri itu sendiri. Hambatan yang muncul dari dalam diri santri itu berupa rasa malas, bosan dan kesulitan untuk menghafal al-Qur'an. Sedangkan faktor hambatan yang datangnya dari luar yaitu berupa kurangnya sumber daya manusia yaitu untuk guru pembimbing tahfiz khusus, dan solusi untuk hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan sistem pembelajaran tahfiz al-Qur'an pondok pesantren Al-Majidiyah adalah dengan menerapkan kewajiban mengabdi pada santri yang telah lulus dalam mengikuti program tahfiz khusus, penyeleksian santri tahfiz khusus sesuai minat dan keinginan, serta pemberian motivasi kepada para santri.

Kata kunci, sistem, pembelajaran, tahfiz al-Qur'an, pondok pesantren.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

A. W. Munawir, Kamus Arab Indonesia (Surabaya: Pustaka Progresif, 1997)

Abd. Al-Azhim Az-Zarqani, Manahil ‘Irfan Fii ‘Ulum Al-Qur'a>n (Beirut: Dar al-Kuttab, 1995)

Abd. Halim Soebahar, Modernisasi Pesantren Studi Transformasi Kepemimpinan Kiai dan Sistem Pendidikan Pesantren, (Yogyakarta: Lkis, 2013)

Abdul Choliq, Manajemen Madrasah dan Pembinaan Santri (Semarang: STAINU, 2012)

Ahmad Lutfi, Pembelajaran Al-Qur'a>n dan Hadis (Jakarta: Direktoral Jendral Pendidikan Islam, 2009)

Armai Arief, Pengantar Ilmu Penddidikan Islam (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)

Bachid Madjid, pendiri pondok pesantren Al-Majidiyah Bagan Batu, wawancara di Bagan Batu, tanggal 19 Maret 2019. Beliau juga mengungkapkan bahwa 46 pemenang dalam perlombaan Musa>baqah Tila>wah al-Qur'a>n (MTQ) ke-XV se-Kabupaten Rokan Hilir Riau pada tanggal 31 Agustus 2018 adalah para santri pondok pesantren Al-Majidiyah.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam (Jakarta: Ikhtiar Baru Van Heave, 1994)

Haidar Putra Daulay, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta: Prenada Media Group, 2007)

Hasan Muarif Ambary, Menemukan Peradaban: Jejak Arkeologis dan Historis Islam di Indonesia (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001)

Jalaluddin Rakhmat, Psikologi Komunikasi (Bandung: Remaja Karya, 2005)

Lefudin, Belajar dan Pembelajaran: Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran (Yogyakarta: Deepublish, Cet 2, 2017)

M. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 1993)

M. Bahri Ghazali, Pesantren Berwawasan Lingkungan (Jakarta: Prasasti, 2002)

Mannan Khalil al-Qattan, Mabahits Fil ‘Ulum Al-Qur'a>n (Kairo: Maktabah Wahbah, 1973)

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren (Jakarta: INIS, 1994)

Muhammad Chirzin, Kearifan Al-Qur'a>n: Rahasia Mengapa Al-Qur'a>n Kekal Sepanjang Masa (Kuala Lumpur:Sinergy Media, t.t.)

Muhammad Makmun Rasyid, Kemukjizatan Menghafal Al-Qur'a>n (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2015)

Noer Khosim, Model-Model Pembelajaran (t.t.p.:Suryamedia Publishing 2017)

Nurcholis Madjid, Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan (Jakarta: Paramadina, 1997)

Nurdyansyah dan Eni Fariyanul Fahyuni, Inovasi Model Pembelajaran (Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016)

Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2017)

Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002)

Syaikh Manna Al-Qathtan, Mabahits Fil ‘Ulum Al-Qur'a>n, terj. Aunur Rafiq El-Mazni, Pengantar Studi Ilmu Al-Qur'a>n (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, cet. 12, 2015)

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, cet. 4, 2007)

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal 1 no 20.

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2015)

Zaki Zamani dan Sukron Maksum, Metode Cepat Menghafal Al-Qur'a>n (Yogyakarta: Al-Barokah, 2014)

Wawancara

Ficky Akmalia, Wali Kelas Pembimbing Tah}fi>z},, Pondok Pesantren Al-Majidiyah Bagan Batu Rokan Hilir Riau, wawancara di Bagan Batu, tanggal 06 Mei 2019.

H.M. Reza Zuhri, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Majidiyah Bagan Batu Rokan Hilir, wawancara di Bagan Batu, tanggal 05 Mei 2019.

Isna Arum, Pembimbing Tah}fi>z} Khusus Pondok Pesantren Al-Majidiyah Bagan Batu Rokan Hilir, wawancara di Bagan Batu, tanggal 06 Mei 2019.

Nazah, Pembimbing Tah}fi>z} Khusus Pondok Pesantren Al-Majidiyah Bagan Batu Rokan Hilir, wawancara di Bagan Batu, tanggal 16 Mei 2019.

Observasi di Pondok Pesantren Al-Majidiyah Bagan Batu Rokan Hilir Riau, tanggal 02 Mei 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v3i2.5819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan