KORELASI ANTARA PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs SWASTA SIDIKALANG

Khairul Syahri, Saiful Akhyar Lubis, Candra Wijaya

Abstract


antara pendidikan agama dalam keluarga dengan motivasi belajar pendidikan agama islam, (2)
korelasi yang positif dan signifikan antara interaksi soisal siswa dengan motivasi belajar pendidikan
agama islam, (3) korelasi yang positif dan signifikan antara pendidikan agama dalam keluarga
dan interaksi sosial siswa secara bersama-sama dengan motivasi belajar pendidikan agama
islam. Jenis penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian adalah MTs Swasta Sidikalang. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi MTs Swasta Sidikalang berjumlah 194 siswa, dan sampel
penelitian ini sebanyak 122 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket secara
tertutup dengan skala Likert. Teknik analisis data meliputi: (1) Uji validitas dan reliabilitas. (2)
Uji normalitas, linieritas, homogenitas dan indefenden. (3) Analisis statistik. Hasil penelitian ini
adalah tingkat kecenderungan Pendidikan Agama dalam keluarga termasuk dalam kategori sedang,
yakni sebanyak 70 responden (57,38%). Tingkat kecenderungan Interaksi sosial siswa termasuk
dalam kategori sedang, yakni sebanyak 67 responden (54,92%), sedangkan tingkat kecenderungan
Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam termasuk dalam kategori sedang, yakni sebanyak 73
responden (59,84%). Dari penghitungan regresi ganda antara variabel terdapat korelasi yang
positif dan berarti antara Pendidikan Agama dalam Keluarga dan Interaksi sosial siswa secara
bersama-sama dengan Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dapat diterima dan teruji kebenarannya.
Pendidikan Agama dalam keluarga dan Interaksi sosial siswa secara bersama-sama memberikan
sumbangan sebesar 18,3% terhadap Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa.
Kata Kunci: Pendidikan Agama, Keluarga, Interaksi Sosial, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdulsyani, Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007)

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

Chaplin, James P. Kamus Lengkap Psikologi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2009)

Daradjat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)

Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama (Jakarta: Bulan Bintang, 1970)

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)

Echols, John M. dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka

utama, 2000), cet XXIV

Gunarsa, Ny.Y. Singgih D. dan Singgih D. Gunarsa, Psikologi Untuk Keluarga (Jakarta: BPK

Gunung Mulia, 2005)

Hajar, Ibnu, Dasar-dasar Metode Penelitian Kuantitatif (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996)

Hamalik, Oemar, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar , (Bandung: Tarsito, 2006)

Junaedi, Mahfud, Kiai Bisri Musthafa Pendidikan Keluarga Berbasis Pesantren, (Semarang:

Walisongo Press, 2009)

Lobud, Sjakir, Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Agama di Madrasah Ibtidaiyah (Suatu Kajian

Teoritis-Empiris). Jurnal Hunafa. Vol. 4, No. 4. 2007

Napitupulu, Dedi Sahputra, Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kisah Nabi Adam AS, Jurnal Tadris, Vol.

XII, No. 2, Tahun 2017

Nasution, S. Didaktik Asas-asas mengajar , (Jakarta: Bumi aksara, 2002)

Qurthubi, Tafsir Al Qurthubi/Syaikh Imam Al: penerjemah, Akhmad Khatib, (Jakarta: Pustaka Azzam,

Rohani, Ahmad, dan Abu Ahmadi,Pengelolaan Pengajaran, cet 1 (Jakarta: Rineka Cipta, 1991)

Santrock, Jhon W,Remaja, Jilid 2, Edisi Kesebelas. (Jakarta: Erlangga, 2003)

Santrock., Jhon W,Adolescence Perkembangan Remaja.(Jakarta: Erlangga, 2003)

Semiawan, Cony R. et,al,Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah, (Jakarta: Gramedia,

Slameto,Proses Belajar Mengajar Dalam system Kredit Semester (SKS), (Jakarta: Bumi Aksara, 1991).

Cet 1

Soetomo, Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar, cet 1 (Surabaya: Usaha Nasional, 1993)

Suciani, Dara Bila, Yuli Asmi Rozali, “Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada

Mahasiswa Universitas Esa Unggul,” dalam Jurnal Psikologi, Vol.12, No. 2

Supriyatno, Moh. Padil, Triyo,Sosiologi Pendidikan, (Malang : UIN Maliki Press, 2010)

Suryosubroto, Suryani,Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004)

Tafsir, Ahmad,Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.