PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TANJUNG PURA

Fatimah Ahmad, Syamsu Nahar, Edi Saputra

Abstract


Islam Multikultural di SMK Negeri 1 Tanjung Pura yang mengandung nilai-nilai multikultural,
mengetahui metode yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai multikultural dan dampak
penanaman nilai multikultural terhadap siswa SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber informasi penelitian ini adalah Guru
Pendidikan Agama Islam dan Kristen, Kepala Sekolah, Serta Peserta didik. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan menggunakan Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data.
Temuan dalam penelitian ini adalah menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural yang terdapat
dalam Pendidikan Agama Islam meliputi nilai toleransi, nilai persamaan, nilai persatuan, nilai
kekarabatan, dan nilai keadilan. Penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMK Negeri 1 Tanjung Pura menggunakan dua metode yaitu metode keteladanan
dan pembiasaan. dampak penanaman nilai-nilai multikultural pada peserta didik yaitu tumbuhnya
sikap saling toleran, menghormati, menerima pendapat orang lain, saling kerjasama, tidak bermusuhan
dan tidak adanya konflik karena perbedaan budaya, suku, bahasa, adat istiadat dan agama.
sekolah salah satunya juga di tentukan oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat. Pendidikan
agama merupakan sendi pokok pengetahuan dalam membentuk kepribadian seseorang. Salah
satu faktor kegagalan pendidikan agama adalah kurangnya penanaman nilai multikultural dalam
pembelajarannya sehingga upaya penanaman nilai multikultural dalam pembelajaran agama
sangat penting di terapkan khususnya di sekolah-sekolah umum. SMK Negeri 1 Tanjung Pura
merupakan sekolah yang di dalamnya memiliki aneka keragaman yaitu keragaman agama dan
asal daerah. Selain itu juga sekolah ini letaknya strategis. Namun kenyataan selama ini belum
pernah ada konflik atau permasalahan yang terjadi mengatasnamakan perbedaan. Dalam lingkungan
sekolah maupun luar sekolah mereka mampu hidup berdampingan, rukun dan damai.
Kata Kunci: Nilai, Multikultural, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ali, Nizar, Antologi Pendidikan Islam , (Yogyakarta: Idea Press, 2010)

Hornby, AS, et.al., Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English, Seventh Edition ,

(London: Oxford University Press, 2005)

M. Agus, Nuryatno,Mazhab Pendidikan Kritis Menyingkap Relasi Pengetahuan, Politik, dan Kekuasaan,

(Jogjakarta: Resist Book, 2008)

Ma’arif, Syamsul, Revialisasi Pendidikan Islam , (Yogyakarta: Graha ilmu, 2007)

Nahlawi, Abdurrahman An, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, (Ushulut

Tarbiyah Islamiyah Wa Asailibiha Fii Baiti Wal Madrasati Wal Mujtama), Terjemahan

Oleh Shihabuddin, Cet. 2, (Jakarta: Gema Insani Pers, 1996)

Naim, Ngainun, dan Achmad Sauqi, Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi, (Jogjakarta:

Ar-Ruzz Media, 2010)

Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam Dengan Pendidikan Multidisipliner, (Jakarta: RajaGrafindo

Persada, 2009)

Observasi Peneliti Melihat di Mading dan di Ruangan Kelas di SMK Negeri 1 Tanjung Pura,

Tepatnya pada tanggal 12/04/2019

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2012)

Siradj, Said Aqil, Islam Kebangsaan: Fiqih Demokratik Kaum Santri, (Jakarta: Pustaka Ciganjur,

Thoha, M. Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001)

Tilar, HAR. Kekuasan dan Pendidikan Indonesia, (Magelang: Tera, 2003)

Zaikiyudin, Baidawy, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural , (Jakarta: Gelora Aksara

Pratama, 2005)

Hasil Wawancara dengan Guru Pendidikan PAI SMK Negeri 1 Tanjung Pura Oleh Wiwin Herfiana,

S.Pd, Pukul 08:00 s/d 08:20 Tepatnya pada tanggal 11/04/2019 di Ruangan Guru.

Hasil Wawancara dengan Guru Pendidikan PAK SMK Negeri 1 Tanjung Pura Oleh Tetty Simajuntak,

S.Pd, Pukul 08:30 s/d 09:00 Tepatnya pada tanggal 11/04/2019 di Ruangan Guru.

Hasil Wawancara dengan Kepala Sekolah Pukul 11:00 s/d 12:10 Tepatnya pada tanggal 12/04/

di Ruangan Kepala Sekolah




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v3i2.5472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan