MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SD SWASTA SHAFIYYATUL AMALIYYAH

Doni Irwansyah Harahap, Amiruddin Siahaan, Candra Wijaya

Abstract


Abstrak berbagai aspek untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sebuah lembaga pendidikan salah
satunya adalah manajerial kepala sekolah dalam mengelola setiap komponen sekolah. Di sisi lain sarana
prasarana yang ada di lembaga pendidikan menjadi pendukung dan penunjang dalam pembelajaran
untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu perlu pengelolaan yang baik oleh kepala sekolah
sebagai top leader dan manajer untuk mengelola sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas
pendidikan terutama dalam aspek sikap peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana manajerial kepala sekolah yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian
dan pengawasan kepala sekolah terhadap sarana prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan
terutama dalam membentuk dan memperbaiki sikap siswa di SD Swasta Shafiyyatul Amaliyyah. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan(field Research) dan termasuk kepada
jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah dan
informan penelitiannya adalah para wakil kepala sekolah, guru-guru, perwakilan orang tua peserta didik
dan tokoh masyarakat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan partisipatif, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian
ini bahwa manajerial kepala sekolah di SD Shafiyyatul Amaliyyah pada proses perencanaan sarana
prasarana dimulai dari perencanaan kebutuhan dan perencanaan pengelolaannya yang bertujuan menjadi
pendukung pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan dalam membentuk dan mengembangkan
karakter dan sikap siswa. Pengorganisasian sarana prasarana kepala sekolah membuat struktur organisasi
yang jelas, pembagian tugas yang jelas dengan adanyajob description untuk setiap SDM dan tenaga
kependidikan, fungsi dan wewenang serta tanggung jawab yang diberikan yaitu melalui surat keputusan.
Pengkoordinasian sarana prasarana kepala sekolah melakukan koordinasi dengan wakil-wakilnya, koordinator,
guru BK, guru piket, wali kelas, guru ekstrakurikuler dan bagian maintenance. Pengawasan kepala sekolah
melakukan supervisi kepada guru, siswa dan prasarana baik melalui pemantauan secara langsung, kunjungan
wajib dan terjadwal, menerima laporan-laporan dan berbagai pemantauan dengan bantuan kamera
pengawas untuk melihat sejauh mana pengaruh sarana dan prasarana serta program yang dijalankan
dapat membentuk dan memperbaiki sikap siswa.
Kata Kunci: Manajerial, Sarana Prasarana, dan Sikap.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arcaro, Jerome S. Quality in Education: An Implementation Handbook, terj. Yosal Iriantara,

Pendidikan Berbasis Mutu:Prinsip-prinsip perumusan dan tata langkah Penerapan.

Yogyakarta:Pustaka Pelajar. 2006.

Elrais. Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012.

Hidayah, Nurul. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Jakarta: Ar-Ruzz Media. 2016

Karwati, Euis dan Priansa, Donni Juni. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah, Membangun

Sekolah Bermutu. Bandung : Alfabeta. 2013.

Moleong,. Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2017.

Muhaimin, dkk. Manajemen Pendidikan: Aplilkasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan

Sekolah Madrasah. Jakarta: Kencana. 2010.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2009.

Mulyasana, Dedi. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja

Rosda Karya. 2016.

Suhardiman, Budi. Studi Pengembangan Kepala Sekolah: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rineka

Cipta. 2012.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengendalian Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah: Konsep,

Prinsip dan Instrumen. Bandung: Refika Aditama. 2006.

Tim Penyusun. Kamus Pusat Bahasa. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Usman, Husaini. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 4 . Jakarta: PT. Bumi

Aksara. 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v3i2.4973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan