IMPLEMENTASI NILAI DAN PENGAMALAN AGAMA ISLAM ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH MEDAN AREA

Julinah Erawati Siregar, Ali Imran Sinaga, Neliwati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mendeskripsikan cara penerimaan anak asuh
dipanti asuhan Al-Jam’iyatul Washliyah Medan Area, 2) pelaksanaan pembinaan nilai dan pengamalan
agama Islam terhadap anak asuh di Panti Asuhan Al-Jam’iatul ashliyah Medan Area, 3) Implementasi
nilai dan pengamalan agama Islam anak di Panti Asuhan Al-Jam’iyatul Washliyah Medan Area,
4) hambatan yang dihadapi dalam implementasi nilai dan pengamalan agama Islam kepada
anak di Panti Asuhan Medan Area dan 5) upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan
implementasi nilai dan pengamalan agama Islam kepada anak di Panti Asuhan Al-Jam’iyatul
Washliyah Medan Area. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif
fenomenologi yaitu mengungkap permasalahan-permasalahan yang terjadi sehingga menemukan
dan memahami apa yang tersembunyi dibalik permasalahan yang terjadi. Pelaksanaan penelitian
kualitatif fenomenologi ini bertujuan untuk memahami dan memaknai berbagai masalah yang
ada. Setelah data dianalisa, maka ditemukan bahwa: (1) Penerimaan anak asuh di Panti Asuhan
Al-Jam’iyatul Washliyah Medan Area yaitu dengan tahapan penerimaan. Adapun tahapan program
pembinaan yaitu tahapan permohonan, tahap penyeleksian penerimaan, tahap pengasuhan
di panti, tahap pembinaan, dan tahap pengembalian, (2) Upaya-upaya pembinaan nilai dan
pengamalan agama anak Panti Asuhan Al-Jam’iyatul Washliyah Medan Area yaitu menanamkan
nilai-nilai keimanan dalam diri siswa, membimbing siswa agar dapat melaksanakan pengamalan
agama, dan mengawasi pelaksanaan pengamalan agama anak terutama ketika berada di lingkungan
panti asuhan, (3) Implementasi nilai dan pengamalan agama anak dibuktikan dengan anak
memiliki pemahaman dan kesadaran dalam memperbaiki sikap dan tingkah laku dalam kehidupan
sehari-hari dan anak memiliki kesadaran dalam mengamalkan ibadah agama dalam kehidupannya
sehari-hari, (4) Hambatan masih kurangnya kesadaran dalam diri siswa, kurangnya kerjasama
anak dengan pengasuh dalam upaya meningkatkan pengamalan nilai dan ajaran ibadah agama
anak dalam kehidupannya sehari-hari, (5) Upaya mengatasi hambatan yaitu menumbuhkan
kesadaran dalam diri anak tentang pentingnya dan manfaat pengamalan agama. Pengurus lebih
meningkatkan perhatian dan pengawasan kepada anak ketika berada dalam lingkungan pergaulan
yang bisa mempengaruhi kehidupan anak.
Kata Kunci: Pengamalan Agama Islam, Anak Asuh, Al-Jam’iyatul Washliyah

Full Text:

PDF

References


Amsyari, Fuad,Islam Kaffah Tantangan Sosial dan Aplikasinya di Indonesia (Jakarta: Gema Insan Press,

Budiyati, Fery Yudi, Widiyanto, M Winny Isnaini,Anak-anak dalam Pengasuhan Alternatif (Surabaya: Forpama,

Dinas Sosial Profinsi Jawa Timur, dan Unicef, 2013)

Darajat, Zakiyah,Dasar-Dasar Agama Islam, cet. ke-4 (Jakarta: Bulan Bintang, 2004)

Data Statistik Kantor Tata Usaha Panti Asuhan Al Jam’iyatul Washliyah Medan Tahun 2019.

Depsos RI.,Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penyantunan dan Pengetasan Anak Terlantar Melalui Panti Asuhan

Anak (Jakarta: Binkesos, 2008)

Djamil, M. Nasir,Anak Bukan Untuk Dihukum (Jakarta: Sinar Grafika, 2013)

Djazuli, A.Kaidah-kaidah Fikih: Kaidah-kaidah Hukum Islam dalam Menyelesaikan Masalah-masalah yang

Praktis (Jakarta: Kencana, 2006)

Ehuzaimah, dkk.,Problematika Hukum Islam Kotemporer Pertama (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2012)

Hasbullah,Praktik Pengasuhan Anak di Panti Sosial Anak, Kajian pada Beberapa Panti Sosial Asuhan Anak

di Kalimantan Selatan (Jakarta: Perpustakaan Nasional, 2007)

Isbandi, Adi,Pemiikiran-Pemikiran Dalam Pembangunan Kesejahteraaan Sosial, (Jakarta: LFEUI, 2012)

Ismail, SM.,Paradigma Pendidikan Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008)

Muhaimin, dkk.,Dimensi-dimensi Studi Islam (Surabaya: Karya Abditama, 2005)

Muhammad, Bahruddin, Hak Waris Anak di Luar Perkawinan (Studi Putusan MK Nomor 46/PUU-VII/

Mujib, Abdul,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006)

Mulyana, Rohmad,Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, cet. ke-3 (Bandung: Alfabeta, 2006)

Sholeh, Asrorun Niam,Detik-Detik Perlindungan Anak (Jakarta: Pena Nusantara, 2013)

Social Work Journal,Pelayanan Sosial di Bidang Pendidikan pada Faith Based Organization, Vol 5, No 1,

Soehartono,Panti Asuhan dalam Era Reformasi (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006)

Solehuddin, “Pelaksanaan Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Anak yang Bekerja di Bidang Konstruksi

(Studi di Proyek Pembangunan CV. Karya Sejati Kabupaten Sampang),” dalam JurnalUniversitas

Brawijaya, Malang, 2013.

Suryana Toto, dkk.,Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi (Bandung: Tiga Mutiara, 2006)

Ulfah, Marya,Pandangan Hukum Islam Terhadap Sanksi Hukum Atas Kejahatan Eksploitasi Seksual (Surabaya:

IAIN Sunan Ampel, 2006)

Undang-Undang Republik Indonesia No 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Pasal 1 ayat (10)

Waluyo, Bambang,VIKTIMOLOGI (Perlindungan Korban dan Saksi) (Jakarta: Sinar Grafika, 2011)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v3i1.4876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan