EFEKTIVITAS MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KOTA BINJAI

Radial, Ali Imran Sinaga, Wahyuddin Nur Nasution

Abstract


Abstrak; Tujuan penelitian ini adalah: a) Untuk Mendeskripsikan keberadaan organisasi MGMP PAI SMK
di Kota Binjai. b) Untuk Mendeskripsikan gambaran profesionalisme guru PAI SMK di Kota Binjai. c)
Untuk Mendeskripsikan usaha-usaha efektifitas MGMP PAI dalam meningkatkan profesionalisme guru
SMK di Kota Binjai. d)Untuk Menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mendukung
dan menghambat MGMP dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI SMK di Kota Binjai dan bagaimana
solusinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif.. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan
bahwa Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK di Kota Binjai,
cukup efektif dalam melakukan peningkatan profesionalisme guru di Kota Binjai. Dengan indikator, MGMP
Pendidikan Agama Islam SMK eksis dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme
guru di Kota Binjai, profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam cukup baik dalam melakukan persiapan
pembelajaran di kelas, memiliki kegiatan-kegiatan efektif seperti pertemuan berkala yang didukung oleh
motivasi guru yang tinggi di dalam melakukan pengembangan diri.
Kata Kunci: Efektifitas, Guru, dan MGMP

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Daradjat, Zakiah,Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta : Bumi Aksara, 2001)

Danim, Sudarwan,Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan,

(Bandung: CV. Pustaka Setia, 2002)

Departemen Pendidikan Nasional, “Revitalisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)”, http:// www.blogger.com

Hall, Richard H.Implementasi Manajemen Stratejik Kebijakan dan Proses, terjemahan Nganam Maksensius,

(Yogyakarta : Amara Books, 2006)

Kurniawan, Agung,Transformasi Pelayanan Publik, (Yogyakarta :Pembaruan, 2005)

Keputusan Menteri Agama RI No. 211 Tahun 2011,Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan

Agama Islam pada Sekolah

Lynton & pareek, “Pelatihan dan Pengembangan Tenaga kerja”, http://www.blogger.com

Martani dan Lubis,Teori Organisasi,(Bandung : Ghalia Indonesia, 1987)

Mahmudi, Manajemen Kinerja Sektor Publik, (Yogyakarta : Akademi Manajemen Perusahaan YKPN,

Mulyasa,Uji Kompetensi dan Penilaian Kerja Guru, ( Bandung ; Rosda, 2013)

Muchtar, Heri Jauhari,Fikih Pendidikan, cet. 1€, ( Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)

Pasolong, Harbani,Teori Administrasi Publik, (Bandung : Alfabeta, 2007)

Pidarta, M.Landasan kependidikan: StimulusIlmu Pendidikan Bercorak Indonesia, cetakan II (Jakarta:Rineke

Cipta, 2007)

Rohmat,Manajemen Pembelajaran. (Sukoharjo : Penerbit Taujih, 2017)

Ramayulis,Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta : Kalam Mulia, 2005)

Suparlan,Guru Sebagai Profesi, (Yokyakarta : Hikayat, 2006)

Shaleh, Abdul Rahman,Pendidikan Agama dan Membangun Watak Bangsa, (Jakarta : Raja Grapindo

Persada, 2006), cet. ke-3.

Supriadi, D.Mengangkat Citra dan Martabat Guru, (Yokyakarta: Adicita Karya Nusa, 1999)

Sugiyono,Statistika Untuk Penelitian, (Jawa Barat : Alfabeta, 2006)

Yasin, Sulkan, dan Sunarto Hapsoyo,Kamus Besar Bahasa Indonesia, Praktis, Populer dan Kosa Kata

Baru, (Surabaya : Mekar, 2008)

Yunita, M. Yeni Maria, “Profesi Guru Antara Pengabdian dan Tuntutan.” Sinar Harapan, Dalam http:/

www.dediknas, go.id. diakses pada 28 Agustus 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.