MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA ARRIDHO TANJUNG MORAWA

Muhammad Yusuf Hasibuan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan kepala madrasah dalam implementasi
kurikulum pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Ridho Tanjung Morawa, untuk mengetahui pengorganisasian
kepala madrasah dalam implementasi kurikulum pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Ridho Tanjung
Morawa, untuk mengetahui pengawasan kepala madrasah dalam implementasi kurikulum pendidikan di
Madrasah Ibtidaiyah Ar-Ridho Tanjung Morawa, untuk mengetahui evaluasi kepala madrasah dalam
implementasi kurikulum pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Ridho Tanjung Morawa. Jenis penelitian
yang digunakan adalah kualitatif. Hasil Penelitian yaitu: 1) Perencanaan kepala madrasah dalam implementasi
kurikulum pendidikan di madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-Ridho Tanjung Morawa dilakukan di awal semester
pada tahun ajaran baru dan semua unsur terlibat dalam perencanaan kurikulum termasuk kepala
sekolah, penanggung jawab kurikulum, wali kelas dan guru-guru bidang studi. Proses penyusunan perencanaan
ini dengan cara kepala madrasah memberikan desain umum sebagai gambaran kurikulum yang iakan
dilaksanakan. Adapun tujuan perencanaan ini adalah sebagai panduan pembelajaran ke depan agar
ketika masuk ke kelas sudah mempunyai konsep dan tinggal mengembangkan sesuai dengan media,
suasana belajar dan lainnya sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan. 2) Pengorganisasian kepala
madrasah dalam implementasi kurikulum pendidikan di madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-Ridho Tanjung
Morawa dengan cara kepala madrasah mengorganisasikan secara langsung dan melibatkan penanggung
jawab bidang kurikulum. Cara pengorganisasian yang dilakukan adalah dengan meminta penilaian akhir
kepada guru-guru sehingga penilaian akhir tersebut bisa dianalisis. 3) Pengawasan kepala madrasah
dalam implementasi kurikulum pendidikan di madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-Ridho Tanjung Morawa
melalui peran kepala madrasah secara langsung mengawasai implementasi kurikulum, selain itu pengawasan
juga dilakukan oleh pengawas dan kemudian khusus untuk tingkat madrasah dibantu oleh penanggung
jawab kurikulum yang sudah dipercaya. Pengawasan kepala sekolah dilakukan dengan dua teknik, yaitu
teknik manual dengan cara kepala madrasah langsung meminta laporan yang diberikan guru-guru, kemudian
teknik yang kedua dengan teknologi berupa grupWhatsApp.4) Evaluasi kepala madrasah dalam implementasi
kurikulum pendidikan di MIS Ar-Ridho Tanjung Morawa dengan bentuk evaluasi yang dilakukan kepala
madrasah melalui penilaian akhir yang dilaporkan guru-guru kepada kepala madrasah kemudian menganalisis
penilaian akhir apakah sudah sesuai atau belum sesuai target kurikulum yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Kata Kunci: Manajemen, Kepala Madrasah dan Implementasi Kurikulum.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arifin, Zainal,Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012)

Benge, Eugene J.Pokok-pokok Manajemen Modern, Terj. Rochmulyati Hamzah, (Jakarta: Pustaka Benama

Pressindo, 1994)

Danim Sudarwan dan Suparno,Manajemen Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan: Visi

dan Strategi Sukses Era Teknologi, Stituasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan (Jakarta:

Rineka Cipta, 2009)

Fattah, Nanang,Landasan Manajemen Pendidikan (Bandung Remaja Rosda Karya, 2004)

Gie, The Liang,Pengertian, Kedudukan dan Perincian Ilmu Administrasi (Yogyakarta: Percetakan Republik

Indonesia, 1963)

Hasibuan, Melayu S.P.Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)

Hidayat, Rakhmat,Pengantar Sosiologi Kurikulum (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)

Halimah, Siti,Telaah Kurikulum (Medan: Perdana Publishing, 2011)

Mulyasa,Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, (Bandung:

PT Remaja Rosdakarya, 2009)

Nata, Abuddin,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2010)

Sagala, Saiful,Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat Startegi Memenangkan Persaingan Mutu,

(Jakarta: Nimas Multima 2005)

Syafaruddin,Manajemen Organisasi Pendidikan Perspektif Sains dan Islam (Medan: Perdana Publisihing,

Sutisna, Oteng,Administrasi Pendidikan (Bandung: Angkasa, 1989)

Sumarno, Sumarno,Implementasi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan

Kinerja Di Smp Muhammadiyah 3 Medan Selayang, Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU

Tahun 2011

Turney, C,The School manager (Australia: Allen and Unwin, 1992)

Usman, Husaini,Manajemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)

Siagian, S.P.Filsafat Administrasi (Jakarta: Gunung Agung, 1997)

Rahman, dkk.Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Sumedang: Alqaprint

Jatinangor, 2006)

Ramayulis,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta : Kalam Mulia, 1994)

Sukmadinata, Nana Syaodih,Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v3i1.4102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan