PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DALAM KAJIAN TAFSIR ALQURAN SURAH AL -KAHFI AYAT 60-82

Saufi Azhari, Achyar Zein, Syamsu Nahar

Abstract


The purpose of this study are 1. To analyze character-based educational values in surah al-Kahf Ayat 60-
82, 2. To analyze character-based education methods in surah al-Kahfi Ayat 60-82, 3. To analyze the
relevance of education based the characters in surah al-Kahfi verses 60-82 with education based on the
present character. The type of this research is qualitative research in the form of a library research, which
uses the primary source is the Tafsir Alquran. Among the interpretations used are Mukhtasar Tafsir Ibn
Kathir Volume 4, Tafsir al-Maraghi Volume 15, Tafsir al-Azhar Juzu ’13 & 14, and Tafsir al-Misbah Volume
7. After analyzing using the above tafsir, the conclusions are: 1. Character-based education values contained
in surah al-Kahfi verses 60-82 include values of sincerity, value of honesty, value of accountability,
value of patience, value of self-confidence, value curiosity, discipline, forgiving values, intelligence values,
policy values, religious values, caring values and the value of courage to take risks. 2. The methods of
education used include, exemplary methods, demonstrations, giving punishments, discussions and repetitions.
3. The relevance of this surah with present education is that there are similarities in character that
want to be formed for students as well as the methods used there are similarities, even education now more
new methods are used in the learning process.
Abstrak: tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan berbasis karakter dalam
surah al-Kahfi Ayat 60-82, 2). Untuk menganalisis metode pendidikan berbasis karakter dalam surah al-
Kahfi Ayat 60-82, 3). Untuk menganalisis relevansi pendidikan berbasis karakter dalam surah al-Kahfi
ayat 60-82 dengan pendidikan karakter masa kini. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
berbasislibrary research, yang menggunakan sumber primernya adalah tafsir Alquran. Di antara tafsir
yang digunakan adalah Mukhtasar Tafsir Ibnu Katsir Jilid 4, Tafsir al-Maraghi Jilid 15, Tafsir al-Azhar
Juzu’ 13 & 14, danTafsir al-Misbah Jilid 7. Setelah melakukan analisis dengan menggunakan tafsir di
atas maka kesimpulannya adalah: 1. Nilai-nilai pendidikan berbasis karakter yang terdapat dalam surah
al-Kahfi ayat 60-82 diantaranya nilai kesungguhan, nilai kejujuran, nilai pertanggung jawaban, nilai kesabaran,
nilai percaya diri, nilai keingin tahuan, nilai displin, nilai pemaaf, nilai kecerdasan, nilai kebijakan, nilai
relegius, nilai kepedulian dan nilai keberanian mengambil resiko. 2. Metode pendidikan yang digunakan
diantaranya, metode keteladanan, demonstrasi, pemberian hukuman, diskusi dan pengulangan. 3. Relevansi
surah ini dengan pendidikan masa kini yaitu terdapat kesamaan karakter yang ingin dibentuk kepada
peserta didik begitu juga metode yang digunakan terdapat kesamaan, bahkan pendidikan sekarang lebih
banyak metode yang baru digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter dan Tafsir

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Asari, Hasan,Hadis-Hadis pendidikan (Bandung: Ciptapustaka Media Printis, 2008)

Amir, Mufti,Etika Komunikasi Massa dalam Pandangan Islam, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)

Acetylena, Sita,Pendidikan Karakter Ki Hadjar dewantara (Malang: Madani, 2018)

Departemen Agama RI,Asy-Syifa’ Al-Qur’an Tafsir Perkata Tajwid Kode Angka (Semarang: Raja Publishing

t.t)

Gunawan, Heri,Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi (Bandung:Alfabeta, 2014)

Harahap, Solehudin,Jurnal Urgensi Metode dalam Filsafat Pendidikan (STAI Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian,

t.t)

Haris, Abd,Pengantar Etika Islam (Sidoarjo: Al-Afkar, 2007)

Hamid Hamdani, & Beni Ahmad Saebani,Pendidikan Karakter Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2013)

Hidayatulloh, M.Furqon,Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa (Surakarta:Yuma Pressindo,

Koesoema, Doni,Pendidikan Karakter Cet Ke 4 (PT Grasindo: Jakarta, 2010)

Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter perpektif Islam (Bandung: PT Remaja rosdakarya,

Muslich, Masnur,Pendidikan Karakter:Menjawab Tantangan Krisis Multidimendiontal, (Jakarta: Bumi Aksara,

Manan, Abdul,Pendidikan Nilai: Konsep dan Model (Malang: FIP IKIP, 1995)

Munawwir, Ahmad Warson,Al-Munawwir Kamus Arab Indonesia (Surabaya: Pustaka Progressif, 1997)

Mahjuddin,Akhlak Tasawuf (Jakarta: Kalam Mulia, 2009)

Mahmud, Ali Abdul Halim, Akhlak Mulia,Terj. Abdul Hayyi al-Kattienie dengan judul asli al-Tarbiyah al-

Khuluqiyah (Jakarta: Gema Insani Press. 2004)

Nata, Abuddin,Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)

Ok, Azizah Hanum,Diktat Filsafat Pendidikan Islam (Medan : STAI Al-Hikmah, 2014)

Reale, Giovanni,Storia Della Filosofia Antica, (Millano: Vita e Pensiero, 1987), Vol II

Romadhon, Ahmad Fuadi,Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Alquran Surah Yusuf (Jurnal Edu Relegia,

Program Studi Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sumatera Utara), Vol. 1 No. 3 Juli - September

Al Rasidin,Demokrasi Pendidikan Islam (Bandung: Cipta Pustaka Media printis, 2011)

Rahmaniyah, Istighfarotur,Pendidikan Etika Konsep Jiwa dan Etika Prespektif Ibnu Maskawaih, (Malang:

Aditya Media, 2010)

Rokeach, Milton,The Nature of Human Values (New York: The Free Press, 1973)

Shaver, James P. dan William Strong,Facing Value Decision: Rationale Building For Teacher (New York

and London: Teacher College Columbia University,. (1982)

Saripuddin, Didin,Pendidikan karakter (Bandung: PT Rafika Aditama, 2012)

Suhaedi, Muhammad,Konsep Pendidikan Karakter dalam Perspektif Alquran dalam Surah al-Luqman

(Tesis, Program Magister Pascasarjana, UIN Maulana Mallik Ibrahim Malang , 2016)

Syarif, Ulil Amri, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an (Jakarta: Raja Grafindo Press, 2012Yusuf,

Tayar, dan Syaiful Anwar,Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab (Jakarta: Raja

Grafindo Persada, 1995)

Siregar, Muhammad Nuh,Hadis-Hadis Pendidikan (Bandung: Ciptapustaka Media Perintis, 2015)

Tafsir, Ahmad,Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)

Thoha, Chabib,Kapita Selekta Pendidikan Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996)

Tim Penyusun,Kamus Besar Bahasa Indonesia,Cet. XI, (Jakarta: Balai Pustaka, 1995)

Undng-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2005, Pasa l1 Ayat 1

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1

Ayat 1.

Zakaria, Zainal Arifin,Tafsir Inspirasi (Jakarta: Duta Azhar, 2016 )


Refbacks

  • There are currently no refbacks.