IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS NILAI ISLAMI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI MIS IKHLASIYAH TUAMANG MEDAN

Masruroh Lubis, Suyani Suyani, Marlina Azzahra, Aida Zulaika

Abstract


Abstrak: Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter peserta didik agar menjadi pribadi yang beriman, berakhlak mulia, dan berkepribadian luhur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pembelajaran berbasis nilai Islami dalam meningkatkan karakter siswa di MIS Ikhlasiyah Tuamang Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru Pendidikan Agama Islam, kepala madrasah, serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis nilai Islami dilakukan melalui integrasi nilai-nilai keislaman dalam seluruh mata pelajaran, pembiasaan ibadah, keteladanan guru, serta kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Strategi tersebut terbukti efektif dalam menumbuhkan karakter religius, disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian sosial siswa. Implementasi yang konsisten dan dukungan dari seluruh warga sekolah menjadi faktor kunci keberhasilan. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pembelajaran berbasis nilai Islami dalam memperkuat pendidikan karakter di lingkungan madrasah.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Nilai Islami, Pendidikan Karakter, Madrasah Ibtidaiyah, Implementasi Pendidikan.

Full Text:

Untitled

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Abrasyi, M. A. (2019). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications.

Gagne, R. M. dalam Mulyasa, E. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayat, R., & Sari, A. (2022). Strategi Guru PAI dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 143–158.

Lickona, T. (2018). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks: Sage Publications.

Mulyasa, E. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2020). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasir, M. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 33–47.

Rahman, A. (2020). Pendidikan Islam dan Pengembangan Karakter. Jurnal Ilmiah Tarbiyah, 6(1), 25–39.

Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, H. (2020). Implementasi Nilai Islami dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(2), 102–118.

Syafrudin, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Al-Ta’dib, 13(1), 77–92.

Zubaedi. (2021). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v9i2.26626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan