PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEISLAMAN SISWA MIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEDAN
Abstract
Abstrak: Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media digital interaktif dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan literasi keislaman siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Pendidikan Agama Islam Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan guru PAI, dan dokumentasi proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital interaktif seperti video animasi Islami, aplikasi kuis interaktif, dan platform pembelajaran daring mampu meningkatkan pemahaman konsep-konsep dasar keislaman siswa, memperkuat motivasi belajar, serta menumbuhkan minat terhadap materi PAI. Selain itu, media digital interaktif juga membantu guru dalam menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, komunikatif, dan kontekstual. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan sarana prasarana dan kemampuan guru dalam mengoperasikan teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media digital interaktif dapat menjadi alternatif strategis dalam inovasi pembelajaran PAI di era digital untuk memperkuat literasi keislaman generasi muda.
Full Text:
UntitledReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abuddin Nata. (2018). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Anshori, F. (2021). “Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Tarbiyah dan Teknologi Pendidikan Islam, 9(2), 155–169.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. California: Sage Publications.
Daradjat, Z. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Fauzan, M. (2020). “Literasi Keagamaan di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(2), 120–135.
Hamalik, O. (2020). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hidayat, A. (2020). “Tantangan Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar pada Era Digital.” Jurnal Tarbiyah dan Pendidikan Islam, 8(1), 45–60.
Kolb, D. (dalam Sanjaya, W. 2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Beverly Hills: Sage Publications.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. California: Sage Publications.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. California: Sage.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mujib, A. (2021). “Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Studi Islam, 14(3), 210–225.
Munir. (2017). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Prensky, M. (2011). Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning. California: Corwin Press.
Rahman, S. (2021). “Media Digital dan Literasi Islam Siswa Madrasah.” Jurnal Literasi Pendidikan Islam, 6(2), 145–160.
Sanjaya, W. (2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective. Boston: Pearson.
Sudjana, N. (2019). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartono, R. (2022). “Desain Pembelajaran Islami Berbasis Teknologi.” Jurnal Pendidikan Islam Modern, 11(1), 33–47.
Sukmadinata, N. S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Zakiah Daradjat. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Zamroni, A. (2017). “Membangun Literasi Keagamaan dalam Pendidikan Dasar.” Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 87–98.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v9i2.26625
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan



