PENDIDIKAN AKIDAH DALAM QS. AL-HASYR AYAT 22-24 MENURUT PERSPEKTIF JAMÂL AL-DÎN AL-QÂSIMÎ

Baluddin Siregar, Achyar Zein, Zulheddi

Abstract


Abstract: This research is to find out how is the interpretation about the education’s of moral value on
Imâm Jamâl al-Dîn al-Qâsimî verse al-Hasyr 22-24, the amount of the education’s of moral value
and the contribution. This research is used qualitative method or the research to library study. The
education’s of moral value on al-Hasyr 22-24 is the education teachesillahiyat, Rubûbiyah, Ulûhiyyah
and Asma’ dan all around including to Tauhid. The amount of the education’s of moral value on
Imâm Jamâlu al-Dîn al-Qósîmi at al-Hasyr 22-24 has forteen around on asmaul husna, those are al-
’Alm, ar-Rahman, al-Malk, al-Qudus, as-Salám, al-Mukmin, al-Muhaimin, al-Aziz, al-Jabar, al-Mutakabbir,
al-Kháliq, al-Musawwir, and al-Hakm. The contribution is showing every where of education, it ’s
obligated teaching the moral value verse.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan akidah dalam tafsir Imâm Jamâl
al-Dîn al-Qâsimî pada surat al-Hasyr 22-24, jumlah kandungan pendidikan akidah dan apa kontribusinya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau penelitian bersifat studi pustaka. Pendidikan akidah
dalam surat al-Hasyr ayat 22-24 adalah pendidikan yang mengajarkan tentangIlahiyat (ketuhanan).
Rubûbiyyah Allah swt.‘Ulûhiyyah Allah (Tauhid Ulûhiyyah) danAsmâ al- Husna dan sifat Allah yang
semuanya masuk dalam kalimat Tauhid. Jumlah kandungan pendidikan akidah dalam tafsir Imâm
Jamâl al-Dîn al-Qâsimî pada surat al-Hasyr 22-24 mengandung empat belas (14)asmâul husna dari
seluruh jumlahasmâul husna yang ada, yakni ,al-’ Âlim, ar-Rahmân, al-Mâlik, al-Quddûs, as-Salâm,
al-Mukmin, al-Muhaimin, al-Azîz, al-Jabbâr, al-Mutakabbir, al-Khâliq, al-Musawwir, dan al-Hakam.
Kontribusi pendidikannya adalah; mengisyaratkan bahwa dalam dunia pendidikan di mana saja, harus
mengajarkan tentang nilai-nilai akidah.
Kata Kunci; Pendidikan, Aqidah dan Pemikiran

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arifin,Hubungan Timbal Balik dengan Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1987)

Ayazi, Sayyid Muhammad Ali,Al-Mufassirun Hayâtuhum wa Minhâjuhum cet.I (Teheran: Muassasah at-

Tiba’ah Wazirah Tsaqafah al-Irsyad Islami, t.t)

Daulay, Haidar Putra,Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Cet.I (Jakarta: Kencana Prenada Media

Group, 2014)

Dâr Ihya’ al-Turâts ‘Arâbiyyah, Kairo tahun 1376H, 10 Volume, ditahqiq oleh Muhammad Fuad ‘Abdul

Baqi dan Muhammad Bahjar al-Bihthâr.

Iyazi, Sayyid Muhammad ‘Ali,Al Mufasirûn Hayâtuhum wa Manhjuhum, Mu assasah al -libâ’ah wa al-

Nasyr wuzârat al Tsaqâfah al-Irsyad al-Islâmi, Teheran, 131

al-Kittani, Abdul Hayyi bin ‘Abd al-Kabir,Fahrâs al-Fahâris wa al-Itsbât, Juz I (t.tp: Dâr al-Garb al-Islâmi,

al-Muhtasib, Abdul Majid,Visi dan Paradigma: Tafsir al-Quran Kontemporer, judul asli “Ittijahaat al-Tafsir

al-Rahim (Surabaya: Pustaka Insan Madani, cet.I, 1997)

Al-Muhtasib, Abdul Majid, Visi dan Paradigma: Tafsir al-Quran Kontemporer, judul asli “Ittijaahaat al-

Tafsir al-Ashri al-Rahim” Cet.I (Surabaya: Pustaka Insan Madani, 1997)

Mahmud, Mani’Abd Halim,Metodologi Tafsir: Kajian Komprehensif Metode Para Ahli Tafsir, Terj. Manhaj

al-Mufassirîn. Faisal Saleh dan Syahdianor, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003)

—————————————————, Metodologi Tafsir: Kajian Komprehensif Metode Para Ahli

Tafsi,Terjemahan Faisal Shaleh dan Syahdianor dari judul asli “Manhaj al-Mufassirin” (Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada,cet.1, 2006)

Marimba, Ahmad D.Pengantar Filsafat Pendidikan Agama Islam (Bandung : PT Ma’rifat1974)

Rasyid, Daud,Islam dalam Berbagai Dimensi (Jakarta: Gema Insani Press, 2000)

Saleh, Ahmad Syukuri,Metodologi Tafsir Al-Qur’an Kontemporer dalam Pandangan Fazlur Rahman

(Jambi; Shulthan Thaha Press, 2007)

Ash-Shiddieqy, Muhammad Hasbi,Tafsir Al-Bayan. Tafsir Penjelas Al- Qur’anul Karim (Semarang;

Pustaka Rizki Putra, 2012)

Slameto,Belajar dan Fakor-faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta; PT Remaja Rosda Karya, 2004)

Shálih, Abdul Qódir,at-Tafsir wa al-Mufassirun fi ‘Ashri al-Hadits cet.I (Beirut: Dár al-Ma’rifah, 2003)

Tohirin, Psikologi Pemhelajaran Pendidikan Agama Islam (Jakarta, Rajawali Pers, 2005)

Taimiyah, Ibnu,Menyingkap Rahasia Sepertiga Al-Qur’an, Terj. Abdullah Karim Kitab Jawabu Ahli Ilmi

wal Iman Fima Akhbara bihi Rasulurrahman Bianna (Qulhuallahu ahad) tadilu tsulitsal quran

(Yogyakarta;Adi Fadli, Pilar Religia,2006)

Uhdiyati, Nur,Pengantar Ilmu Pendidikan Islam (Bandung, Pustaka, Setia, 1997)

Al-Qardhawi, Yusuf,Berinteraksi dengan Al-Qur’an, Terj. Ahmad Tafsir (Jakarta: Gema Insani,1999)

Al-Qâsimî, Imâm Jamâl Al-Dîn,Tafsir al-Qâsimi; Mahâsinu at-Ta’wîl, Jilid II (Beirut; Dâr al-Fikr, 1914)

al-Qósîmi, Imâm Jamâlu al-Dîn,Tafsir Mahasin al-Ta’wil (Beirut; Dár al-Fikr,cet.II, 1978), juz.I.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan