PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi pada siswa kelas V SD Islam Terpadu Madani Kabupaten Aceh Tenggara

Harudin, Mardianto, Edi Saputra

Abstract


Abstract: This study was intended 1) To find out the learning activities of students before applying the
approach to Contextual Teaching and Learning (CTL) on Islamic Education of five graders at Madani
Islamic Integrated Elementary school. 2) To find out the learning activities of students after the application
of the Contextual approach to Teaching and Learning (CTL) on Islamic Education of five graders at
Madani Islamic Integrated Elementary school. 3) To find out if there is an increase in students after learning
activities implemented Contextual Teaching and Learning (CTL) and learning local wisdom on Islamic
Education of five graders at Madani Islamic Integrated Elementary school. The results showed that the
application of CTL approach in local wisdom-based learning can improve student learning activities on
islamic Education subject. Islamic Education Subject learning activities was increased from cycle I then
increased in cycle II.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa sebelum penerapan pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran PAI kelas V di SD Islam Terpadu Madani.
(2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa setelah penerapan pendekatanContextual Teaching and
Learning (CTL) pada mata pelajaran PAI kelas V di SD Islam Terpadu Madani. (3) Untuk mengetahui
apakah terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diterapkanContextual Teaching and Learning
(CTL) dan pembelajaran kearifan lokal pada mata pelajaran PAI kelas V di SD Islam Terpadu Madani.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatanCTL dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal
mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Aktivitas belajar PAI mengalami
peningkatan dari siklus I kemudian meningkat pada siklus II.
Kata Kunci: Pendekatan CTL, Kearifan Lokal dan Aktivitas Belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdi, M.I.Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PAI. Dinamika Ilmu, 2011.

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (Eds).Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen:

revisi taksonomi pendidikan Bloom. (Terjemahan Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka

Pelajar. (Buku asli diterbitkan tahun 2001), 2015.

Depdiknas.Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas, 2002.

Desky, Marthin,et. al.Musyawarah Adat Alas dan Gayo. Ed. 1, Aceh Tenggara: 2003

Gita, I Nyoman.Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika

Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2007.

Johnson, E.B.Contextual Teaching and Learning, Penerjemah Ibnu Setiawan, Bandung: Mizan Learning

Center (MLC), 2002.

Johnson, D.W. & Johnson, R.T. An educational psychology success story: Social interdependence theory

and cooperative learning.Educational Researcher, 38 (5), 365-379, 2009

McCoy, J.D. Monegan, J.B, Bettesworth, L.B. & Tindal, G. Do Scaffolded Supports between Aspects of

Problem Solving Enhance Assessment Usability?.Journal of Education and Practice, 6 (36),

Muhab, S, et. al. Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu: Jaringan Sekolah Islam Terpadu Jakarta: JSIT

Indonesia, 2010.

Noor, A.M. Pedagogical Issues in Integrating Thinking Skills in The Classroom.International Journal for

Education Studies, 2(1), 2009.

Nuh, Muhammad.Pendidikan Sains Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Kurikulum 2013. Disampaikan

pada Seminar Nasional di Universitas Negeri Surabaya, 20 Januari 2015, 2015.

Putri.penerapan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan snowball throwing untuk mengembangkan

karakter komunikatif dan rasa ingin tahu siswa SD. Unnes Physics Education Jurnal, 2014.

Sanjaya,W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan., cet, 8. Jakarta: Kencana,

Smith,Contextual Teaching and Learning Practices in The Family anf Consumer Sciences Curriculum.

Journal of Family and Consumer Sciences Education, 2006.

Surdiman.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. rev.ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2011.

Sumarmi dan Amiruddin.Pengelolaan Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: Aditya Medai

Publishing, 2014.

Trianto.Mendesain Model pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2011.

Wiriaatmadja, Rochiati.Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.