EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI SMP AR-RAHMAN PERCUT

Farina Amalia, Syaukani, Salminawati

Abstract


between the classes using the Problem Based Instruction learning model with the class that does not use
the learning model Problem Based Instruction (2) Knowing the effectiveness of the use of Problem Based
Instruction learning model in the experimental class. The results showed that (1) there are differences in
learning outcomes in students taught by using Problem Based Instruction (PBI) learning model in the
lesson of Junior High School students of Ar Rahman Percut. This is evidenced by the acquisition of
calculations which concluded that the value of sig. 0.000 <0,05, then H0 is rejected and Ha accepted. (2)
The results of questionnaire analysis of the effectiveness of the use of learning model Problem Based
Instruction students in the experimental class is also in the good category that is equal to 88.1. (3) there is
a significant increase in learning motivation by applying the Problem Based Instruction (PBI) model in the
experimental class this is evidenced by the average of student learning outcomes in the experimental class
after being given treatment is increased to 87.32 while for the control class is only about 75.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar antara kelas
yang menggunakan model pembelajaranProblem Based Instruction dengan kelas yang tidak menggunakan
model pembelajaranProblem Based Instruction (2) Mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran
Problem Based Instruction di kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan
hasil belajar pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaranProblem Based Instruction
(PBI) pada pelajaran SKI siswa SMP Ar-Rahman Percut. Hal ini dibuktikan dengan perolehan
perhitungan yang menyimpulkan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2)
Hasil analisis angket keefektifan penggunaan model pembelajaranProblem Based Instruction siswa
dikelas eksperimen juga berada pada kategori baik yaitu sebesar 88,1.(3) ada peningkatan motivasi
belajar yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaranProblem Based Instruction(PBI) di
kelas eksperimen hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen setelah
diberikan perlakuan adalah naik menjadi 87,32 sedangkan untuk kelas kontrol hanya sekitar 75.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ali, Muhammad,Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Cet. Ke-13, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

(2007)

Alipandie, Imansyah,Didaktik Metodik Pendidikan Umum, (Surabaya: Usaha Nasional. 1984)

Arifin, Zaenal,Evaluasi Intruksional Prinsip teknik Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991)

Beard, M & Hartly.J,Teaching and Learning in Higher Education(London:Hrper &Row Pulisher,CetII,

Daradjat, Zakiyyah, dkk,,Metodologi Pengajaran Agama Islam,(Jakarta: PT. Bumi Aksara 200)

Darwis, Djamaluddin, “Strategi Belajar Mengajar”, dalam Ismail (eds),zPBM-PAI diSekolah,Eksistensi

dan Proses Belajar MengajarPendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1998)

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Zain, Aswan,Strategi Belajar Mengajar,( Cet. Ke-2, Jakarta: PT. Rineka

Cipta.2002)

Darsono, Max., dkk,Belajar dan Pembelajaran, (Semarang: CV. IKIP Semarang Press.2000)

Elyanto,Teori Sikius Peradaban,(Surabaya :LPAM,2004)

Ghofar, Irfan Abdul, dan Jamil, Muhammad,Reformulasi Rancangan Pembelajaran pendidikan Agama

Islam; Pedoman Dosen, Guru dan Mahasiswa, (Jakarta: Nurinsani2003)

Hamalik, Oemar, 2001,Kurikulum dan Pembelajaran,(Jakarta: Bumi Aksara.)

Hasbullah,SejarahPendidikanislam DI Indonesia Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan perkembangan,

(jakarta:PT.Raja Grafindo,2001)

Ibrahim & Nur,Pengajaran berdasarkan Masalah, (Surabaya :UNESA, 2004)

Kartini, Kartono,Bimbingan belajar di SMA dan PerguruanTinggi.( Jakarta: Rajawali Pers.1985)

Muhammad, Lalu,Proses Belajar Mengajar Pola CBSA, Surakarta: Usaha Nasional. 1993)

Max Darsono, dkk,Belajar dan Pembelajaran, (Semarang: CV. IKIP Semarang Press.., 2000)

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, (Bandung:

PT Remaja Rosdakarya, Cet.Ke-2.)

Naim, Ngaimun, dan Fathoni, Ahmad,Materi Penyusunan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama

Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.2007)

Nana,Sudjana, Cara belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, (Cet. Ke-2, Bandung: CV.

Sinar Baru.1989)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesi Nomor 68 Tahun 2013 tentang

Kerangka Dasar an Struktur kurikulum menengah pertam/Madrasah Tsanawiyah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 Tentang

Kerangka Dasar dan struktur kurikulum sekolah menengah pertama/Madarasah Tsanawiyah.

Rusy’an, A. Thabrani, at al,, Pendekatan Dalam Proses BelajarMengajar, Bandung: Remaja Rosda

Karya. 1989)

Sudjana, Nana,Cara belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Cet. Ke-2, (Bandung: CV.

Sinar Baru. 1989)

Sardiman, AM.,Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar,( Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.2001)

Sudjana , Nana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, (Cet. V. Bandung: Sinar

Baru Algesindo. 2005)

SWinke, W.Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar,. (Jakarta: PT. Gramedia.1983)

Slameto,Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, (Cet. Ke-2, Jakarta: Rineka Cipta, 1989)

Trianto.Mendesain Model Pembelajaran Inovatf Progresif, (jakarta:Kencana,2016)

Trianto.Mendesain Model Pembelajaran Inovatf Progresif, (jakarta:Kencana,2016)

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa,Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta Pustaka 2003)

Uno, Hamzah B,Teori Motivasi dan Pengukurannya, (Jakarta: Bumi Aksara. 2007)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.