IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMP WIRASWASTA BATANG KUIS KABUPATEN DELI SERDANG

Fadillah, Mardianto, Wahyuddin Nur Nasution

Abstract


Abstrak: The purpose of this research are “Implementation Management Curriculum in gaining Teaching
Learning Quality in SMP Wiraswasta Batang Kuis Deli Serdang. The aim of this research is to know
about the curriculum management in gaining the teaching learning process through organizing, actuating,
controlling and evaluating curriculum of SMP Wiraswasta Batang Kuis on Ampera Streath Batang Kuis,
Deli Serdang, North Sumatera. This research is qualitative naturalistic style, by collecting and describing
data naturally as it is in the field study. The research had found that curriculum management in gaining
teaching learning process in SMP Wiraswasta Batang Kuis is made well by carrying out planning, organizing,
controlling and evaluating. Through planning, The Principal made the programs. Those are Semester
and Academic Year Programs, Sllylabus, Lesson Plans, Media needed for an Academic Year. While organizing,
the school arranged curriculum which is relevant to the National Institution for Education standard
and link to the local need. These programs were introduced and done by teachers and students well.
Controlling and evaluating was done in order to get the program carried out well.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatan
kualitas atau mutu pembelajaran mulai dari proses perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum,
pelaksanaan kurikulum, pengawasan kurikulum, dan evaluasi kurikulum. Lembaga pendidikan yang diteliti
adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Wiraswasta Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang Provinsi
Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif naturalistik, yakni melakukan
pengambilan data serta dideskrpisikan secara alami sesuai dengan keadaan dan kondisi yang sesungguhnya
dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatan
kualitas pembelajaran di SMP Wiraswasta Batang Kuis sudah berjalan cukup baik yang diawali dengan
proses perencanaan kurikulum dan berlanjut dengan pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan
evaluasi. Melalui perencanaan, kepala SMP Wiraswasta Batang Kuis bersama Tim Pengembangan Kurikulum
menyusun program kurikulum mulai dari program semester, program tahunan, silabus, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, bahan pembelajaran serta media pembelajaran yang dibutuhkan selama satu tahun pelajaran.
Sementara dalam pengorganisasian, pihak sekolah menyusun kurikulum yang relevan dengan tujuan
pendidikan nasional serta disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Program-program tersebut selanjutnya
diperkenalkan dan dilaksanakan oleh para guru dan siswa dengan baik. Agar program-program tersebut
terlaksana dengan baik, maka dilakukan pengawasan dan evaluasi.
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Kualitas Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arifin, Zainal, “Sambutan”, dalam Kunandar,Guru Profesional: Implementasi Kurikulum KTSP dan

Sukses dalam Sertifikasi Guru (Jakarta: Rajawali Pers, 2009)

Fattah, Nanang,Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah (Bandung: Pustaka Bani

Quraisy, 2004)

Fachruddin, Manajemen Pemberdayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia, dalam

Mardianto (Ed),Adminstrasi Pendidikan: Menata Pendidikan untuk Kependidikan Islam

(Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2010)

Hamalik, Oemar,Kurikulum dan Pembelajaram, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

———————,Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009),

cet. III

Lubis, Syaiful Ahyar,Profesi Keguruan, (Medam: Perdana Mulya Sarana, 2010)

Melayu, Hasibuan S.P,Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas (Jakarta: PT Bumi

Aksara, 2005), cet. V

Nurkholis,Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasi (Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana

Indonesia, 2003)

Rusman,Manajemen Kurikulum, (Jakarta: Rajawali Pers, 2009)

Syafaruddin,Managemen organisasi Pendidikan, Persfektif sain dan Islam (Medan: Perdana Publishing,

Sudarsyah, Asep, dan Diding Nurdin,Manajemen Implementasi Kurikulum, dalam Tim Dosen Adminstrasi

Pendidikan UPI,Manajemen Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2009)

Uno, Hamzah B, Profesi Kependidikan: Problema Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia

(Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008), cet. II

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Bandung: Citra Umbara, 2010)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.