PENERAPAN STRATEGI BELAJAR ACTION LEARNING DAN STRATEGI BELAJAR MIND MAP DALAM EKTRAKURIKULER PELAJARAN AGAMA DI SD NEGERI 064979 SETIA BUDI MEDAN

Teguh Putra, Mardianto, Burhanuddin Harahap

Abstract


Abstract: This research had a main goal to find out the implementation of learning strategy of action
learning and mind map by the Islamic teachers on extracurricular practice at subject matter of berwudhu
and pray of sunnah qabliyah toward the students at SD of State of 064979 Setia Budi Medan, the plan of
learning strategy, the action, the obstacles and support and the last is the evaluation. This research used
qualitative method. This research was done at SD of State of 064979 Setia Budi Medan. Data collection
technique of this research used interview, documentation and observation. Analysis data used analysis of
non-statistic. This research found that the implementation of strategy is to increase base competency of
students to improve of think storage competency, to make easier for the students to make concept map. the
plan is preparation strategy phase of group and the action is motivation phase, resistance phase, attention
phase, processing and feed back phase. The support is the easier for the students to realize and understand
the subject matter, students’ creativities, and to improve of life skill. and the obstacles was of less of intensive
care toward learning process and the less of time more in learning practice. and the evaluation was
based on summative test and formative test.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaranactive/action learning dan
mind map oleh guru-guru pendidikan agama Islam terhadap praktikum ekstrakurikuler pada materi praktik
berwudhu dan shalat sunnah qabliyah kepada peserta didik di SD Negeri 064979 Setia Budi Medan,
perencanaan strategi pembelajaran, pelaksanaanya, faktor penghambat dan pendukung serta evaluasi
akhirnya. Penelitian yang digunakan dengan metode kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan
strateginya untuk meningkatkan kompetensi dasar (kognisi) siswa, meningkatkan kompetensi, daya pikir,
memudahkan bagi siswa dalam membuat peta-peta konsep. Perencanaannya adalah tahap persiapan,
tahap kelompok dan tahap pelaksanaan. Pelaksanaannya adalah fase motivasi, fase resitensi, fase menaruh
perhatian, fase pengolahan, fase umpan balik. Faktor pendukungnya adalah adanya kemudahan bagi
siswa dalam menikmati dan memahimanya pelajaran, adanya kreativitas siswa, adanya peningkatanlife
skill (keterampilan hidup). Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya pengawasan intensif
terhadap proses belajar-mengajar dan kurangnya waktu tambahan dalam praktik/kegiatan belajar-mengajar.
Sementara evaluasi akhirnya adalah berdasarkan tes sumatif dan formatif.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Agung, Iskandar,Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran bagi Guru:Pedoman dan Acuan Guru dalam

Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran pada Peserta didik. Cet.I (Jakarta: Bestari Buana

Murni, 2010)

al-Abrasyi, Muhammad ‘Atiyah,al-Tarbiyah al-Islâmiyyah wa falasifatuha, (Mesir, ‘Isa al-Babi al-Halabi,

Burzan, Tony,Buku Pintar Mind Map. Terj.Susi Purwoko (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2010)

Dimyati, Mujiono,Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)

Daulay, Haidar Putra,Pendidikan Islam Cet.1, (Jakarta: Kencana, 2004)

al-ddin , Ali bin Hisamu, ( Mufti India),Kanzul al-Amal, juz 11.

Mardianto, Psikologi Pendidikan. Cet 2, (Medan: Perdana Publishing, 2012)

Muhaimin,Nuansa Baru Pendidikan Islam:Benang Kusut Pendidikan. Cet.I (Jakarta: PT Raj Grafindo

Persada Press, 2005)

Muhamin, Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Cet.I (Jakarta: Rajawali Press,

Siddik, Dja’far,Pendidikan Muhammadiyah, Perspektif ilmu Pendidikan Cet.II, (Bandung: Citapustaka

media, 2007)

Sulaiman, Fathiyah Hasan,Mazâhib fi at-tarbiyah: Bahs fi al-Mazâhib at-Tarbawi ‘inda al-Ghazali, (Mesir:

Dâr al-Hana li at-Tiba’ah wa an-Nasr, 2001)

Saleh, Abdul Rahman,Pendidikan Formal Penyelenggaraan Madrasah, Cet.IV, (Jakarta: Dharma Bakti,

Suryosubroto,Proses Belajar-Mengajar di Sekolah (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997)

Trianto,Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Cet 6, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group,

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, h. 86.

Windura, Sutanto,Mind Map; Langkah Demi Langkah (Jakarta; PT Gramedia, 2009)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.