PENGANGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MTs ALWASHLIYAH SEI APUNG

Mawaddah Sinaga, Candra Wijaya, Siti Halimah

Abstract


Abstract: This study aims to determine: (1) Effect of Make A Match learning strategy on the lesson of
Aqidah Akhlak to student learning result of MTs Alwashliyah Sei Apung. (2) The influence of learning
interest in the learning of Aqidah Akhlak on the result of student learning of MTs Alwashliyah Sei Apung.
(3) There is or not a significant interaction between Make A Match learning strategy and interest in learning
towards student learning out comes of MTs Alwashliyah Sei Apung. Result of research indicate that (1)
There is influence of Make A Match learning strategy on Aqidah Akhlak lesson to student learning result of
MTs Alwashliyah Sei Apung. This is evidenced by the acquisition of calculations that conclude that the
price Fcount> Ftable is 0,0257> 0,001 at 5% significance level. (2) There is an influence of learning
interest in the study of Aqidah Akhlak to student learning result of MTs Alwashliyah Sei Apung. This is
evidenced by the acquisition of calculations that conclude that the price Fcount> Ftable is 0,0501> 0,001
at 5% significance level. (3) There is a significant interaction between make learning strategy of Make A
Match and interest in learning to student learning result of MTs Alwashliyah Sei Apung. This is evidenced
by the acquisition of calculations that concluded that the price Fcount> Ftable is 0.5327> 0.001 at 5%
significance level.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi pembelajaranMake A Match pada
pelajaran Aqidah Akhlak terhadap hasil belajar siswa MTs Alwashliyah Sei Apung. (2) Pengaruh
minat belajar pada pelajaran Aqidah Akhlak terhadap hasil belajar siswa MTs Alwashliyah Sei Apung.
(3) Ada atau tidak interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran Make A Match dan minat
belajar terhadap hasil belajar siswa MTs Alwashliyah Sei Apung. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) Ada terdapat pengaruh strategi pembelajaran Make A Match pada pelajaran Aqidah
Akhlak terhadap hasil belajar siswa MTs Alwashliyah Sei Apung. Hal ini dibuktikan dengan perolehan
perhitungan yang menyimpulkan bahwa harga Fhitung> Ftabel yaitu 0,0257 > 0,001 pada taraf signifikansi
5 %. (2) Ada terdapat pengaruh minat belajar pada pelajaran Aqidah Akhlak terhadap hasil belajar
siswa MTs Alwashliyah Sei Apung. Hal ini dibuktikan dengan perolehan perhitungan yang menyimpulkan
bahwa harga Fhitung> Ftabel yaitu 0,0501> 0,001 pada taraf signifikansi 5 %. (3) Terdapat interaksi
yang signifikan antara strategi pembelajaranMake A Match dan minat belajar terhadap hasil belajar
siswa MTs Alwashliyah Sei Apung. Hal ini dibuktikan dengan perolehan perhitungan yang menyimpulkan
bahwa harga Fhitung> Ftabel yaitu 0,5327 > 0,001 pada taraf signifikansi 5 %.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Make A Match, Minat Belajar dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Djamarah, Syaiful Bahri,Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006)

Dianthi, Heni, e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan (Vol: 2

No: 1 Tahun: 2014)

Fathurrohman, Pupuh,Strategi Belajar Mengajar (Bandung: PT Refika Aditama 2007)

Haidir dan Salim,Strategi Pembelajaran (Medan: Perdana Publishing, 2012)

Hamdani,Strategi Belajar Mengajar ( Bandung: CV Pustaka Setia, 2010)

Istarani,58 Model pembelajaran, (Medan: Mediapersada, 2012)

Iqbal, Abu Muhammad,Pemikiran Pendidikan Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015)

Lubis, Syaiful Akhyar,Profesi Keguruan (Medan: Perdana Mulya Sarana, 2010)

Nisa, Aflakhun, Jurnal Penelitian, Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di

MTS Ma’arif NU 2 Cilongok Kabupaten Banyumas, Program Studi Pendidikan Agama Islam,

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Purwakerto.

Purwanto,Evaluasi Hasil Belajar ( Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2011)

Sanjaya, Wina,Strategi Pembelajaran ( Jakarta: Kencana Prendamedia Group, 2006)

Sardiman,Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawali Pers 1996)

Suwito,Sejarah Sosial Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2005)

Slameto,Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta,1991)

Sardiman, A.M,Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: CV Rajawali, 1988)

Suryabrata, Sumadi,Psikologi Pendidikan (Jakarta: CVRajawali , 1989)

Sumanto, Wasty,Psikologi Pendidikan (Jakarta: Bina Aksara, 1984)

Suharianto, Jurnal penelitian Tindakan Kelas Agama IslamPenerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif

Tipe Make a Match untuk Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kompetensi

Dasar Menyebutkan Nama-Nama Hari Akhir pada Siswa Kelas VI SDN 105386 Tanjung

Siporkis Kecamatan Galang T.A.2014/2015, Deli Serdang Sumatera Utara.

Suparta, Dewe Gede, Jurnal penelitianPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match

Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Ips, Program Studi Pendidikan Dasar, Program

Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa,Kamus Besar Bahasa Indonesia

(Jakarta: Balai Pustaka, 1990)

Wijipurnomo, Anang Megocahyo,Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dan Motivasi Belajar

terhadap Hasil Pelatihan Fasilitator PNPM Mandiri Perdesaan di Provinsi Jawa Timur”, 2004.

Yula, Desy Noor Argawati,Jurnal Pendidikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A

Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan

Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sanden,Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Sekolah

Dasar Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas

Negeri Yogyakarta Juli 2016.

Zainuddin, M, dkk, Pendidikan Islam (Malang: UIN Malang Press,2009)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.