PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

Dian Kurnia, Wenarajasa

Abstract


Abstrak: Kurikulum dalam pendidikan Islam adalah pengalaman belajar. Segala kegiatan pembelajaran yang terjadi di lembaga pendidikan adalah bagian dari kurikulumm baik itu kegiatan di luar ataupun di dalam kelas. Sekolah adalah miniatur masyarakat. Bila sekolah baik maka masyarakat juga demikian. Proses perencanaan adalah usaha untuk menyiapkan masa yang akan datang melalui keputusan keputusan yang diambil pada masa kini. Perencanaan dalam pendidikan adalah keputusan yang dibuat tentang tujuan belajar beserta strategi dan metode yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut serta telaah tentang efektivitas dan makna dari metode dan strategi tersebut. Kurikulum mengandung empat komponen inti yaitu: tujuan, isi, metode, dan evaluasi. Perencanaan kurikulum pendidikan Islam harus berasaskan nilai nilai ketuhanan dan berlandaskan pada sumber sumber Islam itu sendiri, karena pendidikan Islami adalah bagian dari misi Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Perencanaan kurikulum yang baik akan menjadikan output pendidikan Islam sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah dicanangkan.

Kata kunciPerencanaan, Kurikulum, Pendidikan Islam


Full Text:

PDF

References


Referensi

Abdul Manab. 2015. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Kalimedia: Yogyakarta.

Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Depok: Rajawali Pers.

Akbar, T.S. (2015). “Manusia Dan Pendidikan Menurut Pemikiran Ibn Khaldun Dan John Dewey.” Jurnal Ilmiah Didaktika 15(2):222–43.

Alfarisi, S. (2020). “Analisis Pengembangan Komponen Kurikulum Pendidikan Islam Di Madrasah Diniyah.” Rayah Al-Islam 4(02):347–67.

Anan Nur 2011. Manajemen Perencanaan Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran.

Ardimoviz. 2017. Manajemen Kurikulum.

Arif, W. (2017). The Profile Of Knowledge, Skill, And Attitude Of Mathematics Teachers In Implementing 2013 Curriculum Based On The Teachers Working Period In Public Junior High Schools In Bulukumba District. Jurnal Daya Matematis, 5(1), 69.

Arifin, H.M. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Arifin, Zainal, 2014 “Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asy Syaibaani, U. (1988). Falsafatu at Tarbiyah al Islamiyah. Ad daar al ‘Arabiyah Lil Kutub.

Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan dan Langkahlangkah Pengembangan Kurikulum PAI). Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Bahri, S. (2019). The Role of Islamic Education in Realizing Social Interaction Based on Multiculturalism Among Students of Different Religions in Elementary Schools. International Journal Islamic Education Reseach Multicultural, 1(1), 16.

Dhikrul Hakim. (2019). Inclusivism and Exclusivism As Well As Their Effect on Islamic Education Based Multicultural. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 1(1), 18–29. https://doi.org/10.47006/ijierm.v1i1.3

Dedi Lazwardi. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 101.

Depdiknas. (2003). Undang Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Fitriani, F. (2019). “Proses Perencanaan Total Quality Management Dalam Pendidikan Islam” Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 171-183.

Firmansyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(2). https://doi.org/10.24114/antro.v5i2.14384

Hafied. 2017. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Rajawali pers.

Hamalik, O. (2010). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hasan Baharun, S. A. (2018). Curriculum Development Through Creative Lesson Plan. Cendikia, 16(1), 41–62.

Hasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah, 1(2), 318–330.

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). “Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34-44.

Kasmawati. (2019). “Implementasi Perencanaan Pendidikan Dalam Lembaga Pendidikan Islam”.

Kisbiyanto, 2015 “Manajemen Kurikulum Manajemen Kurikulum Bidang Teaching and Learning”, Jurnal ThufuLA 3

Lazwardi, D. (2017). “Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125.

M. Arif Khoirudin, 2013 “Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”, Jurnal Manajemen Kurikulum 24 .

Muhaimin, H. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. PT Rajagrafindo, Jakarta.

Muhammad Busro dan Siskandar. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Media Akademi.

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Edutama, 3(2), 31–48.

Oemar Hamalik. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari Rudiyati. (2013). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklisif Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Pendidikan Khusus Melalui Pembelajaran Kolaboratif. UNY JOURNAL, (2), 296– 306.

Saufi, A., & Hambali, H. (2019). “Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29-54

Triwiyanto, Teguh .2015. Pengantar Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Usman, H. (2012). Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. In PT. Remaja Rosdakarya. PT. Remaja Rosdakarya.

Wahyudin, Dinn. 2014. Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v4i2.13546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan