KOMUNIKASI PEMASARAN BENGKEL MANGGALA MOTOR DALAM MENGELOLA PELANGGAN

Muhammad Adhan Purba, Indira Fatra Deni P, Fakhrur Rozi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa strategi komunikasi pemasaran Bengkel Manggala Motor Dalam Mengelola Pelanggan. Untuk menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini maka digunakan teori Marketing Mix   dimana menurut E. Jerome Mc Carthy bahwa terdapat 4 variabel utama dalam strategi marketing yaitu  dengan 4P (Product,Price, Place, and Promotion). Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Pemilik Bengkel, Kepala Mekanik , salah seorang Mekanik, dan 2 orang pelanggan yang dimana nantinya pelanggan yang masih remaja, dan orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan hasil dimana komunikasi pemasaran bengkel manggala motor dalam mengelola pelanggan sudah cukup baik bagaimana dapat dilihat dari empat variable (4P), untuk product/jasa yang diberikan kepada konsumen sudah baik terlihat dari pelayanan mekanik yang jujur,dan ramah. Untuk Price dapat dikategorikan standart dengan bengkel lain, dan tidak terlalu banyak mengambil keuntungan. Untuk Place sendiri berada disekitar perumahan dan banyak dari masyarakat setempat sudah menjadi pelanggan tetap, dan untuk Promotion lebih sering dengan secara lisan dan langsung dari pelanggan yang merekomendasikan ke lingkungannya, meskipun begitu bengkel Manggala ini juga tetap melakukan promosi melalui media sosial.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali Hasan. 2010. Marketing Bank Syariah.Jakarta : Ghalia Indonesia

Ardianto, Elvinaro. 2010.Metodelogi Penelitian untuk PR (Kualitatif dan Kuantitatif). Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Arief.2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing

Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus

Teknologi di Masyarakat (ed.1), Jakarta: Kencana Prenada. Media Group

David. 2004. Manajemen Strategi Konsep.Jakarta : Selemba Empat

Effendi, Onong Uchjana.2007. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya

Fandy Tjiptono. 2008 .Strategi Pemasaran.Yogyakarta : CV. Andi Offset

Karyaningsih, P. D. (2018). Ilmu komunikasi. In Bandung Rosdakarya.

Kennedy, John E dan Soemanagara, Rd.2009.Marketing Communication, Taktik dan Strategi. Jakarta:PT.Buana Ilmu Populer

Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara

Philip Kotler, Gary Armstrong. 1997,.Dasar-dasar Pemasaran,.Jakarta:

Prenhallindo

Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Kualitatif : Intrans Publising.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press

Riadi, M. 2020. Strategi Komunikasi (Pengertian, Teknik, Langkah dan Hambatan). Kajianpustaka.Com.

Ruslan, Rosady. 2008. Managemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali

Saputra, W. 2011. Public Relations 2.0: Teori dan Praktik Public Relation Di Era Cyber. Gramata Publishing.

Semiawan, C. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono, 2010.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Yusuf, A. M. 2014. Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta:

Kencana.

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta: Grasindo

Zaharuddin, Harmaizar. 2006. Menggali Potensi Wirausaha. Bekasi:CV Dian Anugerah Perkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v6i1.12853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan