KOMUNIKASI PEMASARAN BENGKEL MANGGALA MOTOR DALAM MENGELOLA PELANGGAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa strategi komunikasi pemasaran Bengkel Manggala Motor Dalam Mengelola Pelanggan. Untuk menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini maka digunakan teori Marketing Mix dimana menurut E. Jerome Mc Carthy bahwa terdapat 4 variabel utama dalam strategi marketing yaitu dengan 4P (Product,Price, Place, and Promotion). Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Pemilik Bengkel, Kepala Mekanik , salah seorang Mekanik, dan 2 orang pelanggan yang dimana nantinya pelanggan yang masih remaja, dan orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan hasil dimana komunikasi pemasaran bengkel manggala motor dalam mengelola pelanggan sudah cukup baik bagaimana dapat dilihat dari empat variable (4P), untuk product/jasa yang diberikan kepada konsumen sudah baik terlihat dari pelayanan mekanik yang jujur,dan ramah. Untuk Price dapat dikategorikan standart dengan bengkel lain, dan tidak terlalu banyak mengambil keuntungan. Untuk Place sendiri berada disekitar perumahan dan banyak dari masyarakat setempat sudah menjadi pelanggan tetap, dan untuk Promotion lebih sering dengan secara lisan dan langsung dari pelanggan yang merekomendasikan ke lingkungannya, meskipun begitu bengkel Manggala ini juga tetap melakukan promosi melalui media sosial.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ali Hasan. 2010. Marketing Bank Syariah.Jakarta : Ghalia Indonesia
Ardianto, Elvinaro. 2010.Metodelogi Penelitian untuk PR (Kualitatif dan Kuantitatif). Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Arief.2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing
Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus
Teknologi di Masyarakat (ed.1), Jakarta: Kencana Prenada. Media Group
David. 2004. Manajemen Strategi Konsep.Jakarta : Selemba Empat
Effendi, Onong Uchjana.2007. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya
Fandy Tjiptono. 2008 .Strategi Pemasaran.Yogyakarta : CV. Andi Offset
Karyaningsih, P. D. (2018). Ilmu komunikasi. In Bandung Rosdakarya.
Kennedy, John E dan Soemanagara, Rd.2009.Marketing Communication, Taktik dan Strategi. Jakarta:PT.Buana Ilmu Populer
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu
Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara
Philip Kotler, Gary Armstrong. 1997,.Dasar-dasar Pemasaran,.Jakarta:
Prenhallindo
Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Kualitatif : Intrans Publising.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press
Riadi, M. 2020. Strategi Komunikasi (Pengertian, Teknik, Langkah dan Hambatan). Kajianpustaka.Com.
Ruslan, Rosady. 2008. Managemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali
Saputra, W. 2011. Public Relations 2.0: Teori dan Praktik Public Relation Di Era Cyber. Gramata Publishing.
Semiawan, C. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono, 2010.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Yusuf, A. M. 2014. Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta:
Kencana.
Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta: Grasindo
Zaharuddin, Harmaizar. 2006. Menggali Potensi Wirausaha. Bekasi:CV Dian Anugerah Perkasa
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v6i1.12853
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan