KONSEP KHURŪJ FĪ SABĪLILLĀH JAMĀ’AH TABLÎGH MESJID HIDAYATUL ISLAMIYAH JALAN GAJAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF ALQURAN

rasyid ari sukma

Abstract


ABSTRAK

 

Jamā’ah Tablîgh adalah merupakan salah satu kelompok keagamaan yang aktif dalam bidang dakwah, yang gencar kepada peningkatan Iman dan Amal Sholeh. Jamā’ah Tablîgh juga merupakan salah satu kelompok keagamaan yang menarik perhatian beberapa kalangan umat muslim sekarang ini. Kelompok ini memiliki keunikan tersendiri dalam mensosialisasikan pemahamannya yang tidak sama dengan kelompok keagamaan lain. Keunikan dalam mensosialisasikan dakwah Jamā’ah Tablîgh adalah terletak pada bentuk pergerakan dakwah mereka yang mengharuskan untuk melakukan Khurūj Fī Sabīlillāh.

Dengan tema: Konsep Khurūj Fī Sabīlillāh Jamā’ah Tablîgh Mesjid Hidayatul Islamiyah Jalan Gajah Ditinjau Dari Perspektif Alquran”, penulis mengumpulkan ayat-ayat berkenaan dengan konsep Khurūj Fī Sabīlillāh Jamā’ah Tablîgh ditinjau dari perpektif Alquran untuk kemudian menganalisisnya. secara umum ada beberapa ayat Alquran yang mengandung perintah untuk melakukan dakwah. Namun, terdapat beberapa ayat yang menjadi landasan utama dan yang dianggap pokok yang menjadi pendorong dan memotivasi Jamā’ah Tablîgh untuk melakukan usaha dakwah dengan metode konsep Khurūj Fī Sabīlillāh. Kemudian menafsirkan ayat-ayat Khurūj Fī Sabīlillāh dengan menggunakan metode maudhi’i/tematik. Dengan menggunakan metode tematik, maka peneliti akan mengumpulkan ayat-ayat yang berkaitan dengan tema, Semua ayat yang berkaitan di himpun kemudian dikaji secara mendalam dari berbagai aspek dengan didukung dengan dalil-dalil yang dapat dipertanggungjawabkan kemudian menafsirkannya secara global dengan kaidah-kaidah tertentu.

Khurūj berasal dari bahasa arab yaitu kharaja yang mempunyai arti keluar. “Keluar” yang di maksud adalah suatu usaha amal untuk keluar berdakwah guna mengajak manusia beribadah kepada Allah dan meninggalkan apa yang di larang-Nya. Di dalam ayat-ayat Alquran mengenai Khurūj Fī Sabīlillāh yang tujuan utamanya adalah dakwah dan perbaikan diri (Islah). Maka di Dalam Alquran beragamnya kata yang semakna dengan makna dakwah dapat dipahami bahwa Alquran memiliki vocabulary yang demikian kaya sehingga penggunaan katanya lebih beragam. Di dalam alqur`an, ditemukan beberapa kata yang memiliki makna hampir sama dengan dakwah, diantaranya adalah: tabligh, nasihat, tarbiyah, tabsyir, dan tanzdir.

 

Kata Kunci : Konsep, Khurūj Fī Sabīlillāh,  Jamā’ah Tablîgh


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/al-i'jaz.v6i1.7444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.