Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebahagiaan Belajar Mahasiswa di Masa pandemi Covid-19

Ali Daud Hasibuan

Abstract


Abstract: Kebahagiaan mahasiswa dalam belajar perlu diperhatikan untuk mendapatkan ahsil belajar yang memuaskan. Masa pandemi Covid-19 telah merubah banyak aktivitas mahasiswa dan mengakibatkan tidak bahagia dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan belajar mahasiswa di masa covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode jejak pendapat yang dilakukan melalui pembagian angket menggunakan google form. Sehingga mahasiswa bebas menyampaikan pendapat dan pengalamannya. Data yang diperoleh ditabulasi dan dikategorikan, kemudian dianalisis dan disajikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar mahasiswa dilakukan melalui media Whatsapp, e-learning, zoom, dan calss room. Sebagian mahasiswa mendapatkan dampak positif karna dapat menyampaikan pendapat lebih percaya diri secara online dibandingkan di depan kelas. Sebagian lainnya merasa tidak nyaman. Faktor yang membuat mahasiswa bahagia belajar adalah kedekatan dengan keluarga, hemat pengeluaran, dan mendapatkan banyak waktu luang.
Keywords: Kebahagiaan, belajar, pandemi

Full Text:

PDF

References


Oetami, P., & Yuniarti, K. W. (2011). Orientasi Kebahagiaan Siswa SMA, Tinjauan Psikologi Indegeneous pada Siswa Laki-laki dan Perempuan. Humanitas , pp. 8, 106-113. Patnani, M. (2012). Kebahagiaan pada Perempuan. Psikognesis , pp. 1, 56-64. Anggoro, W. J., & Widhiarso, W. (2010, Maret 1). Konstruksi dan Identifikasi Proferti Psikometris Instrumen Pengukuran Kebahagiaan Berbasis Pendekatan Indegenous Pysychology. Jurnal Psikologi , 37, pp. 176-188. Undang Undang Sistem Pendidikan nasional, 20 (Sistem Pendidikan Nasional 2003).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.