PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI BUDAYA RAMBU SOLO’ UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA SMA NEGERI 6 TANA TORAJA

Peltyani Ratu Sangga, Abdullah Pandang, Farida Aryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model bimbingan kelompok berbasis nilai budaya Rambu Solo’ guna meningkatkan kerjasama antar siswa di SMA Negeri 6 Tana Toraja. Metode yang digunakan meliputi studi lapangan melalui wawancara dengan guru BK, guru agama, siswa, dan tokoh adat, serta studi literatur untuk mengidentifikasi nilai-nilai budaya yang relevan. Hasil studi menunjukkan rendahnya kerjasama siswa dalam proses pembelajaran, dan perlunya pendekatan berbasis budaya lokal. Nilai-nilai dalam upacara adat Rambu Solo’, seperti siangkaran (kerjasama), dianggap potensial untuk ditanamkan melalui layanan bimbingan kelompok. Modul dikembangkan menggunakan aplikasi Canva dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa serta guru di sekolah. Validitas model diperoleh dari dua ahli, dengan persentase kevalidan masing-masing 75% dan 78,6%, yang menunjukkan bahwa model ini valid. Uji kepraktisan oleh guru BK juga menunjukkan hasil sebesar 79,1%, yang berarti model ini praktis untuk diterapkan. Dengan demikian, model bimbingan kelompok berbasis nilai budaya Rambu Solo’ dinyatakan layak untuk digunakan dalam meningkatkan kerjasama antar siswa di sekolah.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Guntara, F., Fatchan, A., & Ruja, I. N. (2016). Kajian sosial-budaya rambu solo’dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal pendidikan: Teori, penelitian, dan pengembangan, 1(2), 154-158.

Insani, L. J., & Basuki, A. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya Sekolah : Studi Literatur. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 899–910. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6401

Ishaac, M. (2020). Pengembangan Model-Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Guepedia.

Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan kerjasama siswa dengan metode Jigsaw. Konselor, 7(1), 26-30.

Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 105–112. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124

Lumbaa, Y., Mukraimin, S. U., Damayanti, N., & Martinihani, M. (2023). Kearifan Budaya Lokal Dalam Ritual Rambu Solo’di Toraja. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 4849-4863.

Lusi, R. A., & Yuwanto, L. (2020). Aspek-Aspek Psikologis pada Prosesi Rambu Solo'(Tinjauan Teori Religiusitas). Insight, 16(2), 336-346.

Morelent, Y., Isnanda, R., Gusnetti, G., & Fauziati, P. (2021). Pembentukan Karakter dan Implementasi Budaya Perempuan Minang melalui Aturan Sumbang Duo Baleh di Sekolah Menengah Sumatera Barat. JSHP : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 6(1), 41–49. https://doi.org/10.32487/jshp.v6i1.1246

Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan kerjasama siswa SMP melalui penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).

Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2020). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim Dalam Implemeentasi Manajemen Mutu Terpadu. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 1-9.

Rismi, R., Yusuf, M., & Firman, F. (2022). Bimbingan kelompok untuk mengembangkan pemahaman nilai budaya siswa. Journal of Counseling, Education and Society, 3(1), 17. https://doi.org/10.29210/08jces149300

Simega, B., & Yanti, E. (2023). INTERPRETASI MAKNA BUDAYA TORAJA PADA AKSESORIS RITUAL RAMBU SOLO’. Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia.

Samsaifil, S. (2020). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Budaya Buton Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa. Gema Pendidikan, 27(2), 15. https://doi.org/10.36709/gapend.v27i2.12939

Wulandari, I., Handoyo, E., Yulianto, A., Sumartiningsih, S., & Fuchs, P. X. (2024). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter Siswa di Era Globalisasi. 7(4), 370–376.

Yurika, R. E., & Nugroho, A. R. B. P. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Kebudayaan Dalam Praktik Bimbingan Dan Konseling Di Indonesia [Implementation of Cultural Values in Guidance and Counseling Practices in Indonesia]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 2(1), 23–40. https://doi.org/10.59027/jcic.v2i1.163

Zebua, E. K., Waruwu, N., & Santosa, M. (2024). Pengaruh Nilai-Nilai Kebudayaan terhadap Pembentukan Kepribadian Manusia: Tinjauan Psikologi Perkembangan. Scientificum Journal, 1(3), 138–149.://scientificum.id/index.php/scientificum/article/view/11%0Ahttps://scientificum.id/index.php/scientificum/article/download/11/14

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v15i1.24309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.