PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI BUDAYA RAMBU SOLO’ UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA SMA NEGERI 6 TANA TORAJA
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Guntara, F., Fatchan, A., & Ruja, I. N. (2016). Kajian sosial-budaya rambu solo’dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal pendidikan: Teori, penelitian, dan pengembangan, 1(2), 154-158.
Insani, L. J., & Basuki, A. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya Sekolah : Studi Literatur. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 899–910. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6401
Ishaac, M. (2020). Pengembangan Model-Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Guepedia.
Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan kerjasama siswa dengan metode Jigsaw. Konselor, 7(1), 26-30.
Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 105–112. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124
Lumbaa, Y., Mukraimin, S. U., Damayanti, N., & Martinihani, M. (2023). Kearifan Budaya Lokal Dalam Ritual Rambu Solo’di Toraja. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 4849-4863.
Lusi, R. A., & Yuwanto, L. (2020). Aspek-Aspek Psikologis pada Prosesi Rambu Solo'(Tinjauan Teori Religiusitas). Insight, 16(2), 336-346.
Morelent, Y., Isnanda, R., Gusnetti, G., & Fauziati, P. (2021). Pembentukan Karakter dan Implementasi Budaya Perempuan Minang melalui Aturan Sumbang Duo Baleh di Sekolah Menengah Sumatera Barat. JSHP : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 6(1), 41–49. https://doi.org/10.32487/jshp.v6i1.1246
Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan kerjasama siswa SMP melalui penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).
Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2020). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim Dalam Implemeentasi Manajemen Mutu Terpadu. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 1-9.
Rismi, R., Yusuf, M., & Firman, F. (2022). Bimbingan kelompok untuk mengembangkan pemahaman nilai budaya siswa. Journal of Counseling, Education and Society, 3(1), 17. https://doi.org/10.29210/08jces149300
Simega, B., & Yanti, E. (2023). INTERPRETASI MAKNA BUDAYA TORAJA PADA AKSESORIS RITUAL RAMBU SOLO’. Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia.
Samsaifil, S. (2020). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Budaya Buton Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa. Gema Pendidikan, 27(2), 15. https://doi.org/10.36709/gapend.v27i2.12939
Wulandari, I., Handoyo, E., Yulianto, A., Sumartiningsih, S., & Fuchs, P. X. (2024). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter Siswa di Era Globalisasi. 7(4), 370–376.
Yurika, R. E., & Nugroho, A. R. B. P. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Kebudayaan Dalam Praktik Bimbingan Dan Konseling Di Indonesia [Implementation of Cultural Values in Guidance and Counseling Practices in Indonesia]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 2(1), 23–40. https://doi.org/10.59027/jcic.v2i1.163
Zebua, E. K., Waruwu, N., & Santosa, M. (2024). Pengaruh Nilai-Nilai Kebudayaan terhadap Pembentukan Kepribadian Manusia: Tinjauan Psikologi Perkembangan. Scientificum Journal, 1(3), 138–149.://scientificum.id/index.php/scientificum/article/view/11%0Ahttps://scientificum.id/index.php/scientificum/article/download/11/14
Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v15i1.24309
Refbacks
- There are currently no refbacks.