MENGEMBANGKAN GAYA BELAJAR VISUAL SISWA KELAS VII MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK LEARNING CELL
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan gaya belajar visual siswa kelas VII melalui layanan bimbingan kelompok dengan model Learning Cell. Model ini dipilih karena mampu mendorong siswa aktif berdiskusi, bertukar peran sebagai tutor dan siswa, serta meningkatkan keterlibatan sosial dan motivasi belajar. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.3 yang mengalami kesulitan mengenali dan memaksimalkan gaya belajar visual. Pelaksanaan bimbingan kelompok dengan model Learning Cell yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada pemahaman dan penerapan gaya belajar visual, dengan kenaikan persentase pre-test dari 54,3% menjadi 82,5% pada hasil post-test, serta peningkatan hasil dari 75% pada siklus I menjadi 80,4% pada siklus II dalam pembelajaran. Temuan ini menunjukkan terjadi peningkatan terhadap pengoptimalan pemahaman gaya belajar siswa melalui bimbingan kelompok model Learning Cell.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Azizah, N. A., & Widyartono, D. (2024). Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik: Temuan dari SISWA Kelas VII. Journal of Language, Literature, and Arts, 4(11), 1117–1123. https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1117-1123
Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168–174.
Budi, S. S., Suhaili, N., & Irdamurni, I. (2021). Konsep Gaya Belajar dan Implementasinya Pada Proses Pembelajaran. Journal of Educational and Learning Studies, 4(2), 232–236. https://doi.org/https://doi.org/10.32698/01992
Ermiyanto, Asroa, I., & Ilyas, A. (2023). Asesmen Diagnostik Gaya Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 4 Padang Panjang. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 166–177. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2845
Hasanah, I., Sa’idah, I., Fakhriyani, D. V., & Aisa, A. (2022). Bimbingan Kelompok: Teori dan Praktik. Duta Media Publishing.
Hasanah, R. Z. (2021). Gaya Belajar: Learning Style. CV. Literasi Nusantara Abadi. https://bintangpusnas.perpusnas.go.id/konten/BK45600/gaya-belajar-learning-style
Kafita, V. K., Sulistyowati, D., & Kumalasari, Endang Ayu Prasetyaningrum, Kurnia Dwi Amaliyah5, F. (2023). Pengaruh Pada Motivasi Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Di Sekolah Dasar, 813–825.
Lubis, H. Z., & Pulungan, P. R. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell Dengan Bantuan Media Video Dalam Pembelajaran Akuntansi. Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(2), 156–167. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i2.2228
Lutfiyani, & Fadlan, A. H. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran The Learning Cell dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Peserta Didik di Mas Nurul Huda Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal El-Rusyd, 7(2), 48–64.
Nuryani, T., & Febriani, E. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe The Learning Cell Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Tanjung Jabung Timur. Naradidik: Journal of Education & Pedagogy, 3(1), 66–75. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/nara.v3i1.182
Pramesthy, A. P. D., Ulfiyani, S., Hidayahwati, R., & Ulumuddin, A. (2024). Gaya Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI-7 di SMA Negeri 14 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 831–839. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.602
Putri, R. A., Magdalena, I., Fauziah, A., Azizah, F. N., & Tangerang, U. M. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157–163.
Seuk, S., Seran, W. A., Manek, S. S., & Asa, I. S. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri Halioan Tahun Ajaran 2023 / 2024. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(4), 64–79. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.62383/katalis.v1i4.870
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supit, D., Melianti, Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual , Auditori , Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003.
Wibowo, T. A. (2023). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Learning Cell Untuk Meningkatkan Pemahaman Terhadap Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Pati. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1307–1315.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v15i1.24208
Refbacks
- There are currently no refbacks.